Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Google Panda Mulai Diterapkan Global?

Yup! Sejak hari ini, 12 April 2011, Algoritma Google Panda Mulai Diterapkan Global; di SEMUA website/situs/blog berbahasa Inggris. Semenjak kemunculannya lebih dari 1 bulan lalu, Google hanya menerapkan algoritma “uji coba” di Amerika. Karena mendapat respon positif dari para pengguna search engine, akhirnya Google “memperlebar jangkauan” ke seluruh dunia untuk website yang berbahasa Inggris.

Dalam update yang saya terima via email sore tadi, tepat pukul 03:58 PM WIB, Google menyebut algoritma baru ini sebagai High-quality Sites Algorithm.

Apa Berbeda dengan Google Panda?

Menurut pendapat saya, High-quality Sites Algorithm sama saja dengan Google Panda. Hanya saja, cakupannya yang sudah global, tidak di Amerika lagi.

Sekali lagi, pengguna Blog Auto Generated Content dengan bahasa Inggris, jika tidak memodifikasi halaman pencarian, siap-siap saja terkena deIndex. Blog dengan kualitas rendah (copy-paste, loading beraaaat, keyword stuffing, spamming), meski bukan AGC, bisa saja terkena dampaknya seperti penurunan posisi di mesin pencari (SERP).

Namun, sepertinya pengguna blog AGC berbahasa Indonesia dan bahasa lain yang bukan Inggris, masih bisa “bernafas lega”. Pasalnya belum ada ketetapan kapan web/blog dalam bahasa lain akan menggunakan algoritma ini.

Oh iya, jika Anda ingin melihat pendapat saya tentang “apa sih Google Panda?“, silakan ke Google Panda: Algoritma Google 2011 😉

Nah, Google memiliki fitur Personal Blocklist bukan? Awalnya saya berfikir bahwa fitur ini hanya efektif untuk masing-masing user, dan tidak akan berdampak secara umum; yang saya baca-baca di forum juga begitu. Misalnya Newport Beach Houses. Saya mencari kata Newport Beach Houses, lantas saya menemukan hasil yang tidak relevan, kemudian saya mengklik “block this site“, umumnya, yang akan hilang hanya dari komputer atau laptop saya. Tapi update Google kali ini berujar bahwa mereka telah menambahkan fitur untuk menganalisa fitur Personal Blocklist ke algoritma Google yang baru. Intinya, semakin banyak user yang mengklik block this site, semakin besar pula kemungkinan SERP menurun atau hilang sama sekali.

Banyaknya pendapat positif tentang gebrakan Google dalam memperbaiki hasil pencariannya (tentunya dari user yang sering mencari; kalau pengguna AGC tentu bukan pendapat positif :mrgreen: ), mau tidak mau kita sebagai blogger matre yang mencari rezeki melalui search engine (dengan izin Allah tentunya 🙂 ) harus mengikuti aturan Google (silakan download Ebook Panduan SEO 2011). Bagaimana dengan Anda?

Eits, saya permisi dulu.. Mau memodifikasi Blog AGC dulu, sebelum terlambat! =))