Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Tolak Gambar Nabi di Facebook!

Astagfirullah.. Ada apa lagi dengan manusia di bumi ini? Apa tidak cukup “teguran” datang bertubi-tubi? Bencana di mana-mana..

Loh? Ada apa ini? Begini, beberapa hari yang lalu terdengar kabar kontes menggambar kartun atau karikatur Nabi Muhammad SAW yang disebarkan melalui situs jejaring sosial, Facebook. Entah apa tujuannya. Yang pasti mendapatkan kecaman dari warga muslim di dunia; tidak terkecuali di Indonesia.

Melalui grup yang mereka beri nama Everybody Draw Mohammed Day!, mereka menggundang dan mengajak para pengguna facebook untuk mengikuti kontes mereka atau hanya sekedar mendukung “aksi” mereka. NAUDZUBILLAH MINDZALIK.

Penolakan terjadi dimana-mana. Di Pakistan, Dewan Telekomunikasi Pakistan memerintahkan penyedia layanan jasa internet untuk memblokir langsung situs Facebook hingga 31 Mei 2010 dan terus memantau aksi tidak senonoh ini. Di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, diinformasikan telah menghubungi pihak facebook. Kelompok yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) juga menentang keras kontes tersebut.

“Menyeru penduduk dunia untuk tidak melakukan pelecehan terhadap agama apapun dengan mengatasnamakan kebebasan” (KAMMI, detikinet)

Tidak ketinggalan, aksi pembelaan pun bermunculan dari masyarakat pengguna Facebook dengan membentuk Grup TOLAK “Event Internasional Menggambar Karikatur Nabi Muhammad SAW” dan TOLAK LOMBA FACEBOOK KARIKATUR “NABI MUHAMMAD S.A.W”.

Sebenarnya, Facebook juga mengantisipasi hal-hal seperti ini. Hanya saja, diperlukan “sebuah tindakan” dari kita; penguna Facebook. Apa yang bisa kita lakukan untuk menolak Gambar Nabi di Facebook? Silakan ikuti langkah sederhana berikut untuk Melaporkan Grup atau Halaman; dalam hal ini Grup dan Halaman Kontes Karikatur Nabi.

1. Login ke akun Facebook Anda

2. Klik link berikut: Draw Mohammed Day atau ketikkan kata Draw Mohammed Day pada kolom pencarian facebook

3. Buka semua halaman aneh yang muncul setelah mengklik link di no.2

4. Setelah halaman “menyesatkan” itu terbuka, silakan klik Report Page

5. Setelah terbuka, pilih opsi Racist/Hate Speech

Tolak Gambar Nabi diFacebook6. Sudah? Kemudian klik Submit.

7. Done!

Mari kawan-kawan, kita sebarkan cara penolakan ini; untuk melaporkan halaman tidak senonoh tersebut. Mudah-mudahan, dengan semakin banyaknya orang yang melaporkan (via report page), pihak Facebook akan menutup halaman tersebut. Mudah-mudahan langkah yang kita ambil mendapat ridho dari Allah SWT. Amin..

*cara di atas juga bisa digunakan untuk grup atau halaman bahkan profile yang tidak senonoh lainnya (porno, berkata kasar, sara dan semua hal yang bertentangan dengan norma)

UPDATE…….

Hari ini (21 Mei 2010), Halaman UTAMA Draw Mohammed Day telah ditutup oleh pihak Facebook. Meski begitu, para pembuat tidak menyerah. Mereka mulai membuat halaman-halaman baru. Nah, jika Anda bertemu dengan halaman atau grup facebook yang bertentangan, silakan gunakan kembali cara di atas.

Sebagai informasi, saat ini grup maupun halaman “aneh” tersebut kebanyakkan menggunakan nama:

Everyone Draw Mohammed Day, Everyone Draw Mohammed Day (Resurrected), Everybody against “Everybody against (Everybody Draw Mohammed Day)”, For Everybody Draw Mohammed Day and Free Speech, Everybody who are against those who are against the “Draw Mohammed Day”, “Everyone Draw Mohammed” day (May 20), Like this if you think Everyday should be Draw Mohammed Day!!, Everyday is draw Mohammed Day! etc.

Jadi, jika Anda bertemu dengan halaman yang bermakna melecehkan; seperti beberapa kalimat di atas, segera lakukan Report Page seperti cara di atas.