Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Top 100 Indonesian Blogs

Top 100 Indonesian Blogs merupakan sebuah direktori blog yang mengurutkan/memberi peringkat kepada berbagai blog anggota mereka berdasarkan PageRank, Alexa, Feedburners, Yahoo! Backlinks, Retweet, del.icio.us dan Post Rank. Pertama kali ngeblog dengan microblog, Saya pengen sekali ikut IndonesiaMatters. Bukan ingin terkenal (ya iyalah, mau terkenal apanya, blogger pemula koq =)) ), hanya ingin melihat peringkat blog Saya waktu itu. Alhasil, jangankan masuk 100 besar, diterima pun tidak dalam direktori 100 blog top di Indonesia. Tapi itu cerita dulu (sekitar bulan Maret 2008).

Sudah banyak buku yang Saya baca, maklum, kuliah di Farmasi rata-rata bukunya bisa dijadikan bantal 😀 , Saya pun semakin mengerti arti “PANTANG MENYERAH“. Di mulai dari kepindahan domain dan terus menerus di update isi dan tulisan; hingga akhirnya Saya beranikan diri kembali untuk mendaftar di Top 100 Indonesian Blogs beberapa hari yang lalu.

Satu hari menunggu.. Dua hari menunggu.. Tiga hari menunggu.. hingga pada suatu ketika tone email BlackBerry berbunyi.. Tidak dikenal.. hm.. dari siapa ya? eh? Patung? Siapa itu? Lebih terkejut lagi, signatur yang digunakan; IndonesiaMatters.. Saya perhatikan betul tiap huruf yang ada di dalam email tersebut hingga Saya membaca:

Dear Jimmy Ahyari, Thanks for submitting your blog to the IndonesiaMatters Top 100. Don’t forget to check back at http://blogs.indonesiamatters.com/blogging/add-7/ to see if your blog was approved.

What? To see IF your blog was approved? Berarti masih ada kemungkinan blog Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari ini ditolak? Glek.. (perhatian, ini bunyi menelan ludah 😀 )

Alhamdulillah, ternyata blog Saya diterima. Berikut screen shot nya:

My blog has been approved
My blog has been approved

Hal ini benar-benar membuat Saya riang gembira 🙂 Lumayan menghibur.. Karena paginya Saya ujian Farmakoterapi Terapan, dan Saya pikir, hasilnya tidak terlalu bagus 🙁 Habisnya soalnya tidak pernah Saya baca =)) Coba kalau soalnya menyusun tag html agar se-SEO mungkin, kemungkinan besar nilai Saya pasti A 😀

Belum berhenti bersyukur karena diterimanya blog ini, Saya kembali menghaturkan syukur kepada Allah SWT karena .. Coba tebak, karena apa? Karena peringkat blog ini langsung masuk ke TOP 100. Coba lihat di screen shot, No.94. Tentu saja ini menambah deret kebahagian hari ini. Belum lagi posisi Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace berada di posisi 6. Eh, yang disundul malah no.11 (halaman 2). Kenapa ya? Ada apa dengan Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace milik BLoG kiTa?

Kembali ke TOP 100. Alhasil, akhirnya Saya bisa memasang widget dari Indonesia Matters m/

Anda juga tertarik bergabung di TOP 100 Indonesian Blogs? Silakan daftar di sini. Sebelum Anda mendaftar, ada baiknya Anda membaca ketentuan mereka.

Secara umum mereka tidak menerima blog yang berkriteria “Matre”. Berikut Saya copy-paste-kan guidelines mereka:

Tidak semua blog diterima karna ada ratusan ribu blog di Indonesia and di sini nggak muat, sini untuk yang terpopuler and terbaik.
Pada umumnya blog yang kayak gini tidak bisa di sini:
* topiknya: blogging tips/templates, lirik lagu, downloads, mlm, beasiswa, lowongan kerja, seo
* aggregators
* bukan karya sendiri, copy-paste
* jualan, terlalu commercial
* belum jalan setidaknya 6 bulan
* Top Seratus sites atau blog yg ada banyak sekali icon/widget
* postingan bayaran yg tdk ada hubungan dengan topik blog
* jarang ada komentar
* teks putih atas background hitam
* jumlah links sangat sedikit

Nah, jika Anda yakin bahwa blog Anda tidak seperti ciri-ciri di atas, silakan submit. Mungkin Anda berfikir, susah betul, mengapa harus mendaftar di situ? Awalnya Saya juga berfikir begitu, namun Saya tertantang dan tertarik dengan proses penilaiannya. Sekedar informasi, Bapak Blogger Indonesia; Enda Nasution, Ndoro Kakung dan Raditya Dika juga ada di IndonesiaMatters.com 🙂

Tidak ada ruginya. Bagi Saya peringkat bukan masalah utama. Bagi Saya, berbagi lebih penting dari sekedar popularitas. Mengapa? Karena hanya ilmu yang tidak pernah habis untuk dibagikan 🙂 Di samping itu, dengan ikut direktori ini, kita juga semakin memerkaya keanekaragaman blog Indonesia. Berbeda, namun tetap satu 😉

Salam Sukses untuk Anda selalu…