Algoritma Google Kembali Berubah! Zombie Update?

Ahyari.Net – Seperti diketahui, Google secara teratur selalu memperbaharui sistem algoritma pencarian mereka. Google selalu berusaha untuk meningkatkan fungsi mesin pencarinya agar pengalaman yang diperoleh si pengguna menjadi lebih baik. Sejak pertengahan 2015 kemarin, Google telah memperbaharui algoritmanya. Yup, Panda 4.2 sudah berjalan sejak Juli 2015 lalu dan konon sudah mulai efektif di semua negara sejak Agustus 2015.

Selama tiga minggu terakhir ini, para webmaster dan penggiat SEO sudah merasakan beberapa sinyal yang mengarah kepada berubahnya algoritma Google. Istilah “berubah” sebenarnya tidak tepat, lebih tepatnya pembaharuan (update). Jika yang kemarin terasa “ganas”, sekarang mungkin lebih ganas lagi đŸ˜†

Algoritma Google Zombie Update

Belum ada kepastian, yang diperbaharui algoritma Panda atau revisi algoritma Penguin? Jika sering ke forum SEO luar negeri, mungkin Anda akan banyak melihat para master SEO tersebut berspekulasi.

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan Penguin, tujuan utama dari pembaruan (update) tentu masih berkutat diseputar masalah “black hat”. Si Penguin ini berusaha “mengucilkan” situs yang telah “berusaha keras” dalam meraih posisi terbaik di SERP; tentu dengan cara-cara yang “tidak wajar”. Untuk diketahui, Penguin ini bertitik fokus pada link yang tidak wajar. Jadi, agar tidak tertangkap algoritma Penguin ini, HINDARI menyebar link secara massal dengan software atau beli jasa backlink. Memang masih banyak faktor lain, hanya saja si Penguin ini lebih sensitif terhadap pertumbuhan link yang tidak wajar.

Berbeda dengan algoritma Panda yang merupakan filter pencarian yang dirancang untuk mengindentifikasi dan menurunkan (hingga meng-deindex) website atau blog berkonten “sampah” (kata Google: konten yang tidak memberi manfaat, konten yang hanya berisi artikel copy-paste/scrapped content).

Jika ditarik garis besar, Algoritma Penguin adalah bagaimana suatu web/blog mengikuti aturan (terutama masalah backlink). Sedangkan Algoritma Panda adalah tentang isi atau konten yang tidak berkualitas.

Apa sih Tandanya kalau Google sedang Mengupdate Algoritmanya?

Saya mengamati setidaknya pada tanggal 14 dan 15 Oktober 2015 beberapa tools online menunjukan lonjakan traffic organik, sedang yang lainnya malah drop (menurun). Jika ada perbedaan sangat jauh antara naik dan turun, biasanya terkait dengan Panda. Hanya saja, jika hanya terjadi di 2 hari tersebut, saya belum berani mengambil kesimpulan :mrgreen:

Kemudian, memasuki tanggal 20 dan 21 Oktober 2015, beberapa pakar SEO dunia “mulai ribut”. Kali ini banyak yang melaporkan penurun peringkat di halaman pencari Google. Beberapa berpendapat bahwa ini bukan hasil “rollout” Panda yang baru jalan, melainkan efek dari pembaruan yang sedikit berbeda; Zombie Update! (nama ini diberi karena dekat dengan halloween). Jadi, jika beberapa kata kunci Anda drop/turun, bisa jadi ini dari efek Zombie update tersebut.

Zombie update ini memang hanya sekedar teori. Namun, seringkali teori ini benar sebelum ada pengumuman resmi dari Google.

Berbagai variasi terlihat di SERPS.com yang menunjukan lonjakan pada 19 – 21 Oktober 2015. Lain lagi dengan RankRanger dan Advanced Web Ranking yang menunjukkan peningkatan pada 20 Oktober 2015. Aktivitas sama juga ditampilkan oleh Algoroo pada 21 Oktober 2015. Lonjakan ini pada dasarnya menunjukkan ke arah pergantian peringkat kata kunci yang sangat besar. Tentu saja data-data dari tools yang disebutkan sebelumnya belum tentu benar karena banyaknya variabel yang harus diperhatikan.

Google Belum Ada Komentar tentang Zombie Update

Melihat dua kejadian di atas (14-15 dan 19-21 Oktober), forum WebmasterWorld menjadi ramai dengan komentar yang membahas hal senada. Orang-orang yang bergerak di jasa SEO biasanya menginginkan penjelasan agar dapur mereka tetap ngebul. Entah kalau jasa SEO di Indonesia, merasakan dampaknya atau tidak mengingat update algoritma ini biasanya “menghantam” web berbahasa Inggris dulu (region internasional; google.com). Sayangnya, Google belum bersedia menjelaskan tentang masalah ini.

Ada yang sempat menanyakan melalui twitter Gary Illyes (Analis Webmaster Google Trend). Saat ditanya, Gary menjawab “Penguin is not ready for prime time“. Ketika ditanya tentang Panda Update, Gary kembali merespon dengan “Sorry, we don’t confirm update to our core ranking algorithms. We make hundreds of change to it, this could have been one.”

Jadi, sementara hampir tidak ada informasi yang diungkapkan oleh Gary. Yang pasti, Gary mengatakan mereka membuat ratusan perubahan, mungkin saja salah satu perubahan tersebut yang membuat efek terhadap web/blog yang ada. Jika ini benar-benar terjadi, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk pemilik situs yang terpengaruh “update” agar mulai menelusuri dan menyisir web-nya untuk mencari faktor-faktor apa saja yang mungkin menjadi halangan dalam menaikkan peringkat. Dan selalu pastikan bahwa teknik SEO yang digunakan bukan SEO yang Black Hat.

Jika Google saja mengupdate algoritmanya secara berkala, masa kita tidak memerika web/blog kita secara berkala juga?

Biasanya Google tetap akan berbicara juga pada akhirnya. Namun, kenyataannya masih tetap bahwa beberapa orang terpengaruh terhadap -dugaan- pembaruan ini.

Seperti inilah dunia SEO. Tetap proaktif. Uji backlink kita secara berkala. Perbaiki konten kita. Rombak meta data kita. Dan tetap berada di jalur yang sesuai kaidah Google Webmaster. Dengan begini, algoritma yang berubah tidak akan berdampak pada kita.

Anda merasakan imbas “Zombie Update” kali ini? Taktik apa yang Anda terapkan untuk memastikan bahwa dampak update yang negatif bisa dihindari?

5 komentar pada “Algoritma Google Kembali Berubah! Zombie Update?


Post Comment

CommentLuv badge