Apa itu WordAds? Bagaimana Cara Daftar WordAds?

Ahyari.Net – Semenjak diperkenalkan pertama kali pada 29 November 2011, saya sudah sangat sering membaca cerita IMers yang sukses dengan WordAds. Sukses dalam artian bisa meraup ribuan dolar dalam 1 bulan. ???? WordAds sendiri konon asal-muasal didirikan oleh pihak Automattic didasari pada banyaknya permintaan blogger pengguna WordPress.com (WP.com) agar mereka (para blogger) diizinkan untuk mendapatkan dolar melalui blognya. Seperti kita ketahui bersama, dalam aturan WP.com, blog yang ada dijaringan mereka TIDAK DIIZINKAN untuk memasang iklan dalam bentuk APAPUN. Jika melanggar, sanksi penghapusan blog pun tidak bisa terhindarkan (suspend). Akhirnya, lunak juga hati para petinggi WP.com. Bersama Federated Media, WordAds akhirnya bisa berjalan di WordPress.com.

High Quality Ads Exclusively for WordPress

Semenjak itu, blog yang memiliki traffic “gila” bisa mengajukan “undangan” / invitation agar bisa mendapatkan akses dan bisa menampilkan WordAds di blog mereka. Sayangnya, HANYA blog yang ada di WP.com saja yang bisa mendaftar. Jadi meski pageviews Anda jutaan perbulan (atau perhari?), jika menggunakan WordPress self hosted (install script dari WordPress.org), Anda tidak akan bisa bergabung dengan WordAds. Ah, cocok sekali seperti slogan mereka “High quality ads exclusively for WordPress” 😳

Memperkenalkan WordAds 2.0!

Empat tahun setelah diumumkan ke publik, tepat pada tanggal 2 November 2015 yang lalu, melalui official blog mereka, muncul rilis yang cukup membawa angin segar bagi para blogger pemburu dolar. :mrgreen: Tulisan berjudul Introducing WordAds 2.0 telah membuka cakrawala baru untuk memonetasi blog bermesin WordPress (Self Hosted) di luar WP.com.

Ada banyak perubahan pada sistem 2.0 terbaru ini. Mulai dari bentuk front end hingga realtime bidding bagi Advertiser. Bagi saya, yang paling menarik adalah paragraph:

Existing WordAds users aren’t the only ones to benefit from the changes in WordAds 2.0. For new users, we have done away with the separate application process. Any family friendly WordPress.com blog with minimal page views will be considered for immediate admission to WordAds.

Yang jika diartikan secara bebas adalah “keuntungan di versi baru ini tidak hanya dirasakan oleh pengguna sebelumnya, tetapi juga para pengguna baru. Kami sudah membuat serangkaian proses terpisah untuk pengajuan/pendaftaran. Siapa saja yang familiar dengan blog WP.com dengan minimal PageViews akan dipertimbangkan untuk bisa bergabung bersama WordAds”.

See? Dari situ bisa kita lihat “siapa saja yang familiar dengan WP.com” dan “minimal PageViews” akan “dipertimbangkan” untuk bergabung.

Cara Mendaftar WordAds

Panduan WordAds
Bagi pemiliki blog di WP.com dengan jumlah visitor “melimpah” bisa melihat ke dashboard-nya untuk menu pendaftaran WordAds. Saya tidak bisa memberikan gambaran lebih rinci tentang WP.com karena tidak memiliki blog bertraffic “wah” di sana.

Bagi blogger yang menggunakan Self Hosted WordPress (WP.org), ikuti langkah berikut ini untuk mendaftar:

  1. Langkah pertama dan yang paling penting adalah blog WordPress yang Anda install sendiri sudah terintegrasi dengan Plugin Jetpack. Agar installasi sukses, Anda harus memiliki akun di WP.com. Buat saja, gratis koq. πŸ˜‰ Jika binggung, bisa baca panduan Jetpack di sini.
  2. Setelah terhubung, buka https://wordads.co/signup/
    Daftar WordAds Indonesia
  3. Jika langkah integrasi Jetpack benar, blog yang terintegrasi akan muncul di bawah tulisan Your publicly visible blog(s). Anda bisa mencentang semua-nya atau salah satu atau salah duanya saja. Saran saya, ajukan blog yang memiliki PageViews 5000/hari dan traffic yang cenderung stabil atau cenderung meningkat.
  4. Isi Country dengan Indonesia.
  5. Isi alamat PayPal (WAJIB punya PayPal karena pembayarannya melalui PayPal).
  6. Beri tanda centang ? pada I have read and agree to the WordAds Terms of Service.
  7. Klik Submit.

Selesai. Nanti Anda akan mendapat email konfirmasi seperti:

Email Konfirmasi WordAds

Saya mendaftar kemarin sore (Kamis, 24 Desember 2015). Dan hari ini (Jumat, 25 Desember 2015) pukul 8:48 pagi, saya mendapat balasan berupa:

Email Pemberitahuan DIterima WordAds

Dari 7 blog yang saya ajukan, Alhamdulillah diterima salah satunya. Blog yang diterima ini memiliki PageViews 40ribu-50ribu/hari πŸ˜€

Cara Menampilkan Iklan WordAds

Saya mengikuti link yang ada pada email dan mengarah ke domain/wp-admin/options-general.php?page=wordads namun muncul peringatan “You do not have sufficient permissions to access this page“. EH?

Saya coba cari, rata-rata perintahnya masuk ke Setting > WordAds. Menu ini TIDAK ada di WordPress Self Hosted! Setidaknya di WordPress milik saya. Kemungkinan besar menu tersebut ada di WordPress.com.

Oke, saya meluncur ke WordPress.com dan menemukan menu berikut:

Pengaturan AdControl WordAds

Namun, itu hanya menu setting untuk pembayaran dan laporan earning saja. Di mana kah letak fungsi untuk mengatur iklan? Hm…

Oalah! Ternyata WordPress self hosted harus menginstall plugin khusus bernama AdControl. Bisa klik link atau cari melalui Dashboard WordPress Anda di menu Plugins > Add New kemudian ketikan AdControl. Setelah muncul, kemudian install dan aktifkan.

Setelah Aktif, Anda bisa meluncur ke Setting > AdControl

Setting WordAds

Settingnya “standar”, hanya memunculkan iklan di akhir tulisan dan di header. Sependek pemahaman saya, belum menemukan cara agar iklan bisa muncul di tempat lain; di tengah artikel misalnya.

Untuk memunculkan iklan di sidebar, Anda harus masuk ke Appearance > Widgets dan drag-drop widget AdControl seperti gambar di bawah ini:

Memunculkan WordAds di Sidebar

Pertanyaan yang Sering Muncul tentang WordAds

Iklan tidak Muncul?

Pastikan theme yang digunakan kompatibel dengan WordAds. Bisa lihat-lihat di https://theme.wordpress.com/themes/features/wordads/. Di luar itu? Memang ada yang bisa, tapi tentu kita harus mencobanya. Kalau di versi resmi, sudah disortir mana yang bisa πŸ˜‰

Selain theme, bisa juga karena masih dalam tahap index. Karena baru diterima, kemungkinan masih dalam proses crawling.

Cara Memfilter Iklan?

Anda sudah melihat menu setting di atas bukan? Tidak ada menu seperti milik Google Adsense untuk memblock iklan yang tidak kita inginkan. Lantas, bagaimana cara memblokirnya? Jadi, jika kebetulan Anda melihat iklan berbau s3ks, 0bat-0batan atau keker4san, sebaiknya capture atau ambil screenshot dari iklan tersebut lalu copy link iklan tersebut (JANGAN DIKLIK) baru kemudian hasil capture dan link iklan “aneh” tersebut dikirimkan melalui halaman Contact WordAds di https://wordads.co/contact/

Earning NOL?

Jika kita baru saja terdaftar, tentu saja earning/pendapatannya akan terlihat nol di dashboard. Earning akan terlihat jika sudah 1 bulan penuh menjalankan WordAds. Earning bisa dilihat di tab Earning pada menu Ad Control di dashboard global WordPress.com (di sebelah setting payment pada gambar di atas).

Apa ini PPC (Paid per Click) atau CPC (Cost per Click)?

Secara umum, WordAds ini berdasarkan Impresi (PPI = Paid per Impression), bukan berdasarkan klik. Artinya, semakin banyak yang berkunjung, semakin besar kemungkinan pendapatan yang diraih. Hal ini juga jadi “aman” dari bom klik πŸ˜†

Jadi, selain jumlah traffic, asal negara pengunjung juga mempengaruhi pendapatan yang didapat. Pengunjung yang menggunakan AdBlock juga salah satu faktor yang turut diperhitungkan serta jumlah aktual iklan yang benar-benar muncul di blog kita.

Apakah Iklan muncul di email atau smartphone?

WordAds tidak muncul di email (jika Anda memiliki layanan feedburner untuk mengirim tulisan terbaru ke subscriber). Namun, WordAds muncul di perangkat smartphone (mobile).

Kapan kita dibayar?

WordAds membayar setiap bulan melalui PayPal (umumnya setiap akhir bulan) dengan minimum yang harus dicapai adalah $100. Jika dalam bulan berjalan tidak terpenuhi $100, maka akan diakumulasi ke bulan berikutnya.

Mengapa Saya DITOLAK WordAds?

WordAds memiliki aturan untuk menerima blog dengan berdasarkan jumlah traffic tertentu. Berapa jumlah pastinya, angka ini tidak disebutkan secara umum. Yang pasti, harus diatas ribuan pageviews. Inipun masih mengambang. Apakah 1000 boleh? 5000? 10000? 100000? Bisa jadi traffic 5000 pageviews lebih baik dari 10000 pageviews karena yang 5000 semua trafficnya berasal dari US dan Europe (konon yang tertinggi saat ini adalah jika pengunjung banyak dari bagian Amerika Utara).

Saya beruntung karena setiap bikin blog baru selalu menginstall Jetpack. Kalau Anda baru saja ingin menginstall Jetpack setelah membaca artikel ini, ada baiknya dibiarkan 1 bulan dulu agar histori stats Jetpack bisa terlihat πŸ˜‰

Kesimpulan WordAds

Untuk kesimpulan saya hold dulu karena belum muncul earningnya hingga 1 bulan ke depan. Nanti saya update lagi bagaimana performanya di blog Indonesia -yang notabene pengunjungnya dominan dari Indonesia-

–Update 23 Januari 2015–
Kesimpulan bisa dibaca di Review WordAds Indonesia
Thanks

Namun, tidak dipungkiri bahwa WordAds adalah salah satu alternatif selain Adsense yang cukup populer. Setidaknya bentuk iklannya lebih elegan karena tidak berupa pop up atau bentuk yang annoying lainnya πŸ˜†

Jadi, akhir kata, saya sangat senang blog berbahasa Indonesia sudah bisa diterima di WordAds 😎

Anda punya pengalaman tentang WordAds? Boleh dong berbagi di kolom komentar biar kami-kami yang newbie ini bisa belajar lagi dan lagi πŸ˜‰

11 komentar pada “Apa itu WordAds? Bagaimana Cara Daftar WordAds?


  1. Reviewnya bagus, sbg pengguna wordpress, beberapa hari yg lalu saya coba2 daftar. Ternyata diapprove. Tapi anehnya iklan tdk muncul di blog saya. Apa mungkin krna sya menggunakan free plan yang cuma $18 itu? Soalnya di blog saya masih tdk bisa gunakan plugin.
    Mohon komentarnya kalo bisa, Mas. Makasih

    Reply
    1. Terimakasih ibu. Apa ibu menggunakan adblocker pada browser? Jika iya, bisa dimatikan untuk url blog Anda. Tapi jika tidak, coba tunggu 2×24 jam. Kemungkinan besar blog Anda sedang di index sistem wordads. Good luck πŸ˜‰

      Reply

Post Comment

CommentLuv badge