Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Google Panda: Algoritma Google 2011

Google Panda: Algoritma Google 2011. Lama sebenarnya saya ingin membahas tentang algoritma Google terbaru di tahun 2011; yang katanya sangat “membenci” website atau blog yang memiliki format Auto Generated Content (AGC) [pihak Google menyebutnya dengan istilah “Content Farms” (beternak konten)]. Content Farms tidak hanya format AGC, namun User Generated Content (UGC). Binggung tentang AGC dan UGC? Perhatikan contoh berikut:

  1. Ini contoh blog AGC MILIK SAYA = MSV Advertising (biar nanti tidak menjelek-jelekan milik orang, lebih baik punya sendiri kan? :mrgreen: ). Coba lihat halaman Newport Beach Houses | MSV Advertising (perhatikan isi dari link tersebut. Hanya berupa hasil pencarian dan iklan kan? Jika diklik, malah akan semakin masuk ke dalam (ini yang dinamakan konten tak berujung yang katanya bikin sebel) MAAF. Contoh web yang ini sudah saya kembalikan ke “normal” alias BUKAN AGC lagi. Jika ingin melihat contoh AGC, coba search di Google kata kunci umum lihat URL seperti domain.com/search/kata+kunci+yang+dicari atau domain.com/topik/kata_kunci_yang_dicari atau domain.com/info/kata-kunci-yang-dicari dll
  2. Ini contoh blog UGC MILIK SAYA = Komunitas Farmasi Indonesia (yang mana kontennya di isi oleh user/member yang terdaftar). Facebook dan Twitter sebenarnya juga dapat dikategorikan UGC, termasuk Youtube.

Udah melihat bedanya? Dengan diterapkannya Google Panda: Algoritama Google 2011, beberapa web besar terkena dampaknya. Sebut saja ezinearticles.com, suite101.com, ehow.com, faqs.org dll. Web besar saja “dibabat” Google (meski tidak semua konten yang dibabat, hanya beberapa keyword tertentu (mudah-mudahan Newport Beach Houses tidak terpantau Google 😀 ), namun menurunkan peringkat dan performa web tersebut di SERP. Lebih jauh, silakan baca di Google Farmer Update: Quest for Quality).

Meski algoritma ini hanya diterapkan/dicoba di Amerika (US), Google berujar akan menerapkannya nanti dibelahan bumi manapun, termasuk Google Indonesia (google.co.id). Jadi, web/blog yang masih berformat AGC (terutama dengan konten yang tidak berujung), harus segera menerapkan langkah-langkah strategis guna mengantisipasi.

Website Mesin Pencari MP3 (www.lagu.info) milik saya sudah “berhasil” dibanned google dari hasil pencarian. Untungnya, saya hanya menggunakan sub direktori (www.lagu.info/mp3; sekarang sudah saya hapus direktori ini), jadi hanya subdirektori tersebut yang hilang dari SERP.

Loh? Katanya hanya di Amerika, koq Saya di Indonesia bisa kena? Bisa lah sob.. Soalnya, mesin pencari MP3 saya itu bertarget amerika dan memiliki konten berbahasa Inggris; meski saya sendiri di Indonesia 😉

Setelah berburu “apa itu Google Panda?“, baik di forum dan website/blog luar negeri, saya mengambil kesimpulan bahwa:

Google Panda Menyukai website atau Blog yang:

  1. memiliki konten orisinal dan unik (bukan copy-paste).
  2. tidak berat dibuka (LOLA; Loading Lama).
  3. memiliki link external yang relevan dan wajar.
  4. tidak 100% pengunjungnya datang dari Search Engine (silakan pasang Google Analytics untuk melihat statistik blog Anda dengan akurat)

Dari ke empat poin di atas, tetap saja masih menimbulkan 1 pertanyaan besar di kalangan webmaster. Mengapa ehow.com dan suite101.com terkena dampaknya (SERP menurun drastis). Apa bedanya dengan Youtube? Mungkinkah Google pilih kasih? Mungkin akibat Algoritma Google Panda ini pula website Newport Beach Houses milik saya berhasil naik dengan drastis ke halaman 3 😳

Sebenarnya masih banyak yang harus dibahas ditulis tentang Google Panda ini, tapi otak kiri dan otak kanan sedang tidak singkron 😆 Padahal, banyak banget ide yang loncat-loncat, tapi binggung mau menulisnya.

Ok. Sekian dulu. Jika Anda memiliki pendapat tentang Algoritma Google 2011 ini, jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar 🙂

58 Comments
  1. Cara Menggunakan Siw says

    saya jadi paham apa itu Auto Generated Content (AGC)

    itu main feed yah? (nyolong feed blog lain)

  2. Anak Shaleh says

    Kalau gitu idenya meski direkam dulu biar gak hilang, sekalian diiket biar gak loncat2.

  3. Jimmy Ahyari says

    @CaraMenggunakanSiwak BUKAN sob. AGC milik saya itu menggunakan API dari Search Engine BING. BUKAN Mencuri dari Feed. Kalau penggunaan API disebut mencuri, berarti BING, Yahoo!, Google juga mencuri konten dong? Hanya saja, hasil pencariannya saya arahkan lagi ke hasil pencarian berikutnya (tak berujung; buat uji coba saja, lagian targetnya bukan web berbahasa Indonesia karena saya ga pengen "mengacaukan" hasil pencarian di Indonesia 😉 ).

    @AnakShaleh iya sob 🙂

  4. Ahyari Network says

    Sorry brother.. just test a comment with captcha installed 😆

    1. Jimmy Ahyari says

      yeah.. no problem dude :mrgreen:

  5. pamuji99 says

    baru tahu apa itu AGC,tapi belum faham seratus persen…than share artikelnya sangat bagus…

  6. Guusn says

    mas apa mungkin alogaritma perhitungan google tentang penentuan anka pagerank juga otomatis berubah ?

  7. Richard Rondonuwu says

    oh, jadi istilah dari situs2 / blog2 yang bikin saya selalu memaki saat membukanya adalah Auto Generated Content yah… hmmm.., jujur sebel banget kalo buka situs beginian (maaf yah bro kalo anda juga punya…:) bikin down saat mau nyari sebuah artikel yang bener dengan salah satu keyword tapi malah kebuka yang begituan… iih…. hahaha

    1. Jimmy Ahyari says

      Caranya biar ga ketemu AGC, lihat di URL hasil pencarian sob. Klo misalnya domain.com/search/artikel-yang-anda-maksud/ ini 90% kemungkinan AGC. Ada juga yang merubah search menjadi info, topik dll.

      Ga pa2 koq sob klo sebel. Punya ane itu targetnya Amerika. Insya Allah ga bakal mengganggu pencarian di Indonesia. (kecuali sobat mencari di article bahasa inggris di google.com :mrgreen: )

    2. Richard Rondonuwu says

      kalo gak salah yang pake' contoh ; tyrips.com/bispak+bokep+body+bohay/ juga termasuk AGC kan bro?? CMIIAW
      wah, artikel saya mencari sumber dengan keyword bahasa inggris bro T.T

      1. Jimmy Ahyari says

        Yup.. Benar sekali. Paling "standar" adalah jika anda ketemu URL yang ada tanda "+" nya. Yang agak "pro", sudah susah dibedakan karena "mirip" sekali dengan URL "asli".

        Jangan khawatir sob. Blog AGC milik saya itu masih level "kampung". Ga bakal mengacaukan koq :mrgreen:

  8. disuka says

    google semakin macem2 aja dah…

  9. Sragen Asri says

    Setelah Kopi sekarang panda dan kemudian google block wkwkwk ancur dach AGC

  10. Behel Murah says

    iya.. makin pusing aja ama om google

  11. Pakar Terapi Musik says

    Mbah google semakin inofativ memang!!!
    kapan Indonesia punya yang kayak gitu…

  12. kanker payudara says

    wah mengenaskan kalao UGC dibabat. jadi apa web-web forum seperi adsense-id, kaskus, dsb. mereka kan juga UGC. kalao soal yutube jelas gak mungkin di kick dari search engine google. lawong yutube kan sudah jadi anaknya google, heheee

  13. Jimmy Ahyari says

    @disuka benar sob. Sepintas merugikan (buat para webmaster), namun tujuannya baik; agar pencarian menjadi lebih baik 😉

    @Sragen hahahaha.. Inilah serunya Google. Lagian, kita juga tergantung Google, mau tidak mau harus ikut menyesuaikan "permainan" mereka 😀

    @Behel sama sob 😳

    @PakarTerapi tunggu saja sob. Ga bakal lama lagi, semua geo domain google pasti akan mengaplikasikan Google Panda ini.

    @kankerpayudara sepertinya maksud google tidak begitu. Yang penting contentnya orisinal. Kalau ezine, meski berformat UGC, meski user yang mengisi, tapi kebanyakan user yang mengisi dengan konten kopas. Akhirnya kena deh. Selama forum-forum isinya unique, kayaknya ga bakal kena.

    Lagian, menurut penilaian ane, jumlah pengunjung forum rata-rata memiliki loyalitas tinggi. Meski kaskus di banned atau SERP turun, tetap saja membernya datang (direct traffic) karena mereka udah kenal. Beda dengan blog (apalagi milik saya) yang 70% dari Search Engine seperti Google. Kalau kena Banned, dapat dipastikan pengunjung akan berkurang 70% =))

    @ALL IMHO CMIIW. Hanya opini newbie 😉

  14. yogi says

    semoga aja para master bisa nemuin cara ngibulin si google panda nih.
    hahaha

  15. tomi says

    hehe.. pantesan banyak blog yg deindeks / dihajar ma om google

  16. Jimmy Ahyari says

    @Yogi Semoga saja 😀 Tapi dilema sih sebenarnya. Kasihan juga dengan orang awam yang benar2 ingin mencari informasi, malah seperti "dipermainkan". Iya ga sob? Tapi ane sebagai blogger, juga turut senang kalau ada tips trik menangkal google panda =))

    @Tomi iya benar sekali. Tidak terhitung lagi. Mungkin di Indonesia yang paling banyak kena 😀

  17. irsyad araz says

    apa ada cra biar aGC dan UGC gak di banned ????

  18. Business Passion Upd says

    hadir kang!!!
    beberapa blog saya juga kena imbas dari Google Panda ini…
    deiindexed daahh…hiks…
    🙁

  19. aqila says

    Thanks Gan, Jadi Tambah Ilmu tentang si panda ini..

  20. penerjemah ijazah says

    inro yang sangat menarik bro… sekalian numpang nanya ya,,,,

    kalo di sebuah site diamsukin tag google analityc biki namabah PR ga si?

    contoh di web saya bro <a>jasa penerjemah dan di mari bro <a>penerjemah ijazah usianya udah cukup lama sekitar satu tahun kurang tapi PR nya masih n/a knp ya?

  21. Teras Info says

    Wah…mantabs deh infonya….
    saya mulai ngerti sekarang, walaupun masih bingung… 😛

    HArus lebih hati-hati nih…

  22. nantaPD says

    Ya AGC kini memenuhi semua halaman Google, terutama saat komentar saya ini saya tulis bahkan bisa meraup 60-70 % hasil pencarian…. hebat. Dan ini menjengkelkan karena menggusur situs asli……. Ini terutama untuk keyword blog saya……

  23. Jimmy Ahyari says

    @Irsyad Cara agar AGC dan UGC ga dibanned? Kalau menurut saya, di halaman pencarian gunakan link dofollow. JANGAN gunakan teknik "tak berujung" itu. Kemudian, di halaman pencarian, juga disertakan artikel relevan (related post) dengan deskripsi minimal 150 kata. Tapi, ini hanya saran ane yang newbie. Yang memiliki keputusan tetap Google. Apalagi jika ada yang melaporkan 😉

    @Business sabar kang.. kalau kata kawan-kawan ane, deindex satu, muncul 1000 😀

    @Aqila sama-sama sob 😉

    @Penerjemah Google PR didapat dari akumulasi rata-rata PR seluruh halaman sobat. PR-nyapun diperoleh dari jumlah backlink yang relevan. Tapi, bagaimana proses dan prosedurnya, hanya Google yang tahu. Yang pasti, PR tidak ditentukan dari Google Analytic.

    @Teras yup.. harus lebih hati-hati 😀

    @NantaPD Untuk itu, si pemilik situs asli WAJIB mengerti dasar SEO biar tidak kalah <—ane sih bisa ngomong aja, prakteknya susah 😆

  24. heri-jogja says

    makasih infonya bro, tolong blog saya dilihat dan dikasih masukan untuk perbaikan ya, sorry masih newbie nich , makasih

    www. roemahku.com dan cars.roemahku.com

  25. bali web design says

    dmana bisa dpt AGC ato UGC itu mas??

  26. NINONURMADI DOT COM says

    punya saya juga kenaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    ah!!!!!!!!!!!!!

  27. homedesignpics.com says

    Waduh punya q juga kena mas bro, turun drastis indexnya.
    Ditunggu artikel selanjutnya tentang google panda.

  28. joeneth says

    infonya bagus banget Gan…google kok macam2 aj, habis Google Panda apa lagi ya Gan, mungkin habis ini ada Google Kucing, Google Monyettt n masih banyak binatang lainnya Gan hua…huaa,,,….tetap semangat. thank's

  29. pastenan says

    betul gan beberapa artikel kontes seo sempat naik saat dioptimasiseadanyanamun saat dioptimasi kencang ealah kenan tendang meluncur kebawah
    nasib

  30. Business and Brandin says

    oia, berhubungan dengan PR nih…
    mungkin gak sih Inner PR tuh lebih tinggi dari PR blog itu?
    thanks lho mas..

    1. Business and Brandin says

      setelah saya googling, ternyata gak mungkn yah Inner PR lebih besar dr PR si domain itu sendiri..
      thanks..

      1. Jimmy Ahyari says

        Benar sob.. tapi kemarin saya ada juga ketemu yang PR homepage 0, tapi halaman didalamnya punya PR1.. entahlah.. binggung juga..

  31. Caxtonband says

    auto generate content itu seperti autoblog gitu kan??kalo di WP pake plugin WP ROBOT

    mang bahaya banget dan menyebalkan pula…

  32. BLOG SENSE ONLINE says

    Wah, baru tau nih yang namanya AGC kang! untung blog saya bukan AGC.hehehe

  33. SANG PECINTA BLOGGER says

    terus terang konten AGC emang ngrepotin kang dan saya sendiri dulu waktu belum buat blog saya sering jadi korban konten AGC yang gak ada ujungnya! mending buat blog normal2 aja.hehe

  34. Gogol says

    sebenarnya ane udah beberapa kali ngeliat postingan2 blog tentang topik ini. trus kenapa disebutnya "Panda" ya mas?

  35. Ade Supriyatna says

    Meskipun blog saya termasuk yang kena dampak Google Panda ini dengan hasil SERP yang menurun saaaangat jauh sekali, tapi saya tetap berusaha berpikir positif. Karena menurut saya, apapun aturan yang diterapkan Google (termasuk Google Panda), tujuannya adalah menuju kepada perubahan2 positif yang mendorong para onliners dan pemilik blog/website untuk menjadi lebih kreatif dan tidak sembarangan main copy pasti hasil karya orang lain tanpa permisi.

  36. nisnis internet says

    trims gan informasinya, ane punya beberapa website yang contentnya samakayaknya perlu diperbaikin nie gan

  37. rifky says

    berarti website saya kena google panda……ampe jaoooo urutannya

  38. Antoni wijaya says

    berdampak sedikit dengan blog gw..

  39. imanarsyad says

    makasih ya mas atas infonya hehe

  40. pulau tidung says

    waduhhh bearti jangan asal copy paste aja ya heeee… intung saya ga pernah copy paste kalo saya kopi paste nanti kena google panda uhhh atut
    thaxs gan atas infonya

  41. maulana yasir says

    terimaksih atas infonya bermanfaat kesekali untuk saya

  42. tina says

    harus hati-hati agar ga kena google panda,, thx info nya ya

  43. joko says

    infonya kren gan

  44. mazNoer says

    wah,,, kudu ngati2 nhe…makasih gan, bsa tambah informasi bagi newbie di dunia internet seperti saya… hehehe

  45. opiektidung says

    waduh,,,,kuduh sangat paham benerni! makasi info nya gan

  46. irawan says

    waduh..padahal lagi pengen buat website agc mp3 nih.
    btw,thema lagu.info dari adsense.id ya mas?saya pengen beli.tp pas dicoba demonya ga memuaskan.ga bisa di download juga.. 🙁

  47. trevel pulau tidung says

    iya bagai mana?

  48. pulau tidung says

    kurang di mengerti

  49. Jembersantri says

    waduh.. google panda skrg kayaknya lagi update lagi ya mas.?? ditunggu ulasan tentang alogaritma google yang baru 2014 ya.. salam kenal
    Yuk, lihat tulisan Jembersantri di Game Onet PC Terbaru 2014My Profile

  50. HD SUPER Upload says

    makasih gan. ulasannya tentang google panda ini, bisa menambah wawasn ilmu saya nich…

Comments are closed.