Google Panda Mulai Diterapkan Global?

Yup! Sejak hari ini, 12 April 2011, Algoritma Google Panda Mulai Diterapkan Global; di SEMUA website/situs/blog berbahasa Inggris. Semenjak kemunculannya lebih dari 1 bulan lalu, Google hanya menerapkan algoritma “uji coba” di Amerika. Karena mendapat respon positif dari para pengguna search engine, akhirnya Google “memperlebar jangkauan” ke seluruh dunia untuk website yang berbahasa Inggris.

Dalam update yang saya terima via email sore tadi, tepat pukul 03:58 PM WIB, Google menyebut algoritma baru ini sebagai High-quality Sites Algorithm.

Apa Berbeda dengan Google Panda?

Menurut pendapat saya, High-quality Sites Algorithm sama saja dengan Google Panda. Hanya saja, cakupannya yang sudah global, tidak di Amerika lagi.

Sekali lagi, pengguna Blog Auto Generated Content dengan bahasa Inggris, jika tidak memodifikasi halaman pencarian, siap-siap saja terkena deIndex. Blog dengan kualitas rendah (copy-paste, loading beraaaat, keyword stuffing, spamming), meski bukan AGC, bisa saja terkena dampaknya seperti penurunan posisi di mesin pencari (SERP).

Namun, sepertinya pengguna blog AGC berbahasa Indonesia dan bahasa lain yang bukan Inggris, masih bisa “bernafas lega”. Pasalnya belum ada ketetapan kapan web/blog dalam bahasa lain akan menggunakan algoritma ini.

Oh iya, jika Anda ingin melihat pendapat saya tentang “apa sih Google Panda?“, silakan ke Google Panda: Algoritma Google 2011 πŸ˜‰

Nah, Google memiliki fitur Personal Blocklist bukan? Awalnya saya berfikir bahwa fitur ini hanya efektif untuk masing-masing user, dan tidak akan berdampak secara umum; yang saya baca-baca di forum juga begitu. Misalnya Newport Beach Houses. Saya mencari kata Newport Beach Houses, lantas saya menemukan hasil yang tidak relevan, kemudian saya mengklik “block this site“, umumnya, yang akan hilang hanya dari komputer atau laptop saya. Tapi update Google kali ini berujar bahwa mereka telah menambahkan fitur untuk menganalisa fitur Personal Blocklist ke algoritma Google yang baru. Intinya, semakin banyak user yang mengklik block this site, semakin besar pula kemungkinan SERP menurun atau hilang sama sekali.

Banyaknya pendapat positif tentang gebrakan Google dalam memperbaiki hasil pencariannya (tentunya dari user yang sering mencari; kalau pengguna AGC tentu bukan pendapat positif :mrgreen: ), mau tidak mau kita sebagai blogger matre yang mencari rezeki melalui search engine (dengan izin Allah tentunya πŸ™‚ ) harus mengikuti aturan Google (silakan download Ebook Panduan SEO 2011). Bagaimana dengan Anda?

Eits, saya permisi dulu.. Mau memodifikasi Blog AGC dulu, sebelum terlambat! =))

32 komentar pada “Google Panda Mulai Diterapkan Global?

  1. wah, google mulai bertindak tegas nih, ada gunanya banget sih bagi user, krn sering hasil SERP dipenuhi sama situs2 yang sebenernya gak nyambung dan gak ngasi info yang dibutuhkan

  2. tmn saya blognya jg kena deindeks mas..
    tomipurba.net sendiri jg mengalami penurunan indeks meski tidak signifikant.. mgkn deindeks yg url dari STT πŸ˜€

  3. RCTi Live Streaming · Edit

    makasih infonya mas… saya kurang terlalu paham masalah algoritma panda…
    jalani apa adanya lah… hihihihi

  4. Bagus. Sering kali.
    Web tidak berguna di Indonesia yang..
    ketik kata apa selalu saja kata tersebut muncul di web itu..

    terutama keyword yang tidak perlu.

    Begitu..

    Semoga saja bahasa Indonesia segera..

  5. tentang personal blocklist atau apa itu tadi mas, apa nanti tidak disalah gunakan. misalnya saya ga suka ma situs saingan saya dan mengklik itu lalu menyuruh teman atau oarnga ikutan… gimana? hilanglah nanti satu situs dri pencarian yang sama dengan situsku

  6. @Deny Doa dan Usaha yang maksimal πŸ™‚
    @Adin bener banget.. tapi masih khusus blog berbahasa Inggris
    @Harga jual belum untuk bahasa yang lain. Masih khusus web/blog berbahasa inggris πŸ˜‰
    @Tomi teman Anda? Tidak usah jauh-jauh, saya juga terkena deindex :mrgreen:
    @MasCipul bener sob.. kalau ngeblognya "lurus-lurus" aja, Insya Allah ga terkena dampak Google Panda ini πŸ˜‰
    @Luckman semoga saja. Sepertinya sering nih terjebak web AGC πŸ˜•
    @Selfish Sepertinya hal ini sudah diantisipasi google. Mungkin saja google melihat dari IP address dan menginvestigasi langsung. Jadi, saat tombol personal block ditekan, google tidak serta-merta menghapus indeks blog yang bersangkutan. CMIIW πŸ˜‰

    1. Menurut berita Google memang begitu. Tapi, fitur tersebut hanya sebagai "feedback". Nantinya, pihak google sendiri yang merazia web yang dilaporkan. Sepertinya, semakin banyak yang melapor semakin mungkin web tersebut mendapat "perhatian" lebih cepat oleh google.

      Jadi tidak langsung di banned. Kali aja ada yang "iri" dengan blog tersebut lantas menekan personal blocklist πŸ˜‰ CMIIW

  7. Misi OM,, numpang singgah

    Ane palah baru tau tentang google panda ( maklum Ane nubitol bgt )

    Ane ikutan nyimak aja yacchh

  8. Wah… ketika denger kabar nie.. agak ngeri-ngeri gimana gitu… tapi sebelumnya saya sangat berterima kasih sekali kepada mas Ahyari…

    saya jadi tau walau masih terasa ngeri.. yang penting niat dan usaha kita kan baek ya.. semoga Allah melindungi… πŸ˜€
    Amin….

    Ok gitu aja dech ucapan terima kasihnya… tapi bener, ane agak merinding dengernya.. her…

    Mas ni pengakuan ku.. site ini Keren hxxp://www.abiez.com …. πŸ˜€

  9. mas maaf ya.. tadi sy belum sempat baca Leave a Reply… saya terlanjur memasukkan link…

    sangking senengnya dengan info yang di berikan, dan juga agak sedikit merinding, saya terburu menyampaikan pesan…

    permintaan tulus dari saya ya mas…

  10. Wah oke juga nich aturan google yang mulai tegas. aku juga setuju kalau blogger yang nyepam di singkirkan dari index google.hehe, maklum karena aku blogger newbie yang sering tertipu dengan tingkah generate conten.

Comments are closed.