Integrasi bbPress dengan WordPress

Pengintegrasian bbPress dengan WordPress sebaiknya menggunakan WordPress dengan versi terbaru atau versi di atas 2.5.x. Jika WordPress Anda masih versi di bawah 2.5, sebaiknya Anda meng-upgradenya terlebih dahulu (agar proses mudah dan aman dalam proses update, gunakan saja plugin WordPress Automatic Upgrade yang bisa Anda download di SiNi.

Hal-hal lain yang tidak kalah penting adalah:

Database

Tujuan pengintegrasian ini agar Anda tetap bisa berbagi data pemakai (User Data) dengan data WordPress Anda yang terdahulu. Caranya? Anda hanya perlu mengedit database pada bb-config.php sesuai dengan database WordPress terdahulu pada saat proses installasi bbPress atau pada saat bbPress sudah terinstal (Masuk ke Settings di dalam bbPress admin area).

Cookies

Pengintegrasian Cookies mengijinkan para pemakai (user) untuk log in ke dalam WordPress blog maupun bbPress forum atau bahkan log in untuk kedua-duanya langsung. Fitur dan fungsi ini dapat terlaksana jika WordPress dan bbPress berada dalam satu domain yang sama atau setidaknya berada dalam sub-domains namun tetap dengan domain yang sama. Contohnya Blog WordPress Saya beralamat di http://www.ahyari.net sedangkan bbPress yang Saya integrasikan berada pada http://www.ahyari.net/forum.

Silakan lihat “WordPress Integration” dari bagian “Settings” pada bbPress admin area untuk pengaturan lebih lanjut.

Registration

Ketika user mendaftarkan diri pada bbPress forum Anda, Blog WordPress kita tidak akan “memahami” tentang itu (begitu juga sebaliknya). User tetap teregistrasi, namun Blog WordPress kita tidak mengetahui aturan (user role http://codex.wordpress.org/Roles_and_Capabilities) untuk “peran” (Subcriber, Distributor, Author, Editor) yang digunakan untuk user baru tersebut.

Contohnya, jika Si A mendaftar pada Forum bbPress dengan nama ABC, kebetulan Forum bbPress tersebut terintegrasi dengan Blog WordPress, maka Si A dengan username ABC akan memiliki akses untuk log in di Forum atau di Blog. Jika diforum “peran” si ABC adalah “member” , di Blog akan menjadi apa? Bukankah “member” tidak ada dalam aturan WordPress? Yang ada hanya Subcriber, Distributor, Author, Editor dan Administrator.

Nah, oleh sebab itu di dalam “WordPress Integration” bagian “Settings” pada bbPress admin area, Anda akan menemukan “User Role Map” di mana Anda dapat menetapkan “peran” yang akan diberlakukan bagi para user yang mendaftarkan pada forum Anda dan blog wordpress Anda secara terpisah.

Jika Anda tidak mengatur User Role Map tersebut, di khawatirkan nanti ada ketidaksingkronan antara Forum dengan Blog dalam hal “peran” atau “jabatan”.

Functions (optional)

Sebenarnya saat proses integrasi bbPress dengan WordPress ada fitur “deep integration”. Caranya Saya tidak begitu mengerti untuk menjelaskan meskipun dalam prakteknya bisa 😛 susah ya ternyata menulis apa yang kita lakukan. Ada yang ingin membantu?

deep integration” ini akan membuat proses loading dan kerja server menjadi lebih berat. Dan jika gagal, WordPress Anda bisa kehilangan data.

Tuh kan serem, Saya aja nyobanya via localhost untuk yang “deep integration” ini 🙂

Oh iya, sebelum melakukan proses integrasi, ada baiknya (harus) Anda mem-backup data-data Anda terlebih dahulu.

Oke deh.. Met berhancurhancur-ria 😛

2 komentar pada “Integrasi bbPress dengan WordPress

Comments are closed.