5 Langkah Mudah Membuat MicroBlog

Ahyari.Net – Twitter pada dasarnya dapat disebut MicroBlog karena hanya menampilkan pesan atau tulisan berupa post atau update singkat dari si pengguna. Arti sebenarnya dari microblog adalah platform berbagi konten yang memungkinkan pengguna untuk menulis dan mempublikasikan tulisan pendek atau media lainnya, seperti foto atau video, yang dapat dilihat oleh orang lain.

Microblog sering disebut sebagai layanan blog yang lebih sederhana dan mudah digunakan. Pengguna dapat mengikuti orang lain dan melihat posting mereka di halaman beranda, seperti di layanan media sosial lainnya. Beberapa contoh layanan microblog populer adalah Twitter, Mastodon, dan Plurk.

Tahukan Anda bahwa blog di WordPress.com juga bisa dibuat menjadi layaknya sebuah MicroBlog?

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan, dari menginstall script dari status.net sampai menggunakan subdomain gratis dari shoutem.com.

Akan tetapi, 5 Langkah Mudah Membuat MicroBlog yang ada di sini adalah salah satu cara TERMUDAH dan GRATIS πŸ˜‰ . Berikut 5 langkah yang harus Anda kerjakan:

  1. Bagi yang belum memiliki akun di WordPress.com, silakan daftar terlebih dahulu. (bagi yang sudah memiliki akun/blog di wordpress.com, langkah no.1 ini bisa dilewati πŸ˜‰ )
  2. Setelah Anda mendaftar, pilih sebuah nama subdomain unik yang nanti akan menjadi MicroBlog milik Anda. Contohnya sawityowit.wordpress.com atau namaanda.wordpress.com dll bebas apa saja yang anda mau
  3. Kita ambil contoh sawityowit.wordpress.com. Jika subdomain β€œsawityowit” berhasil Anda miliki, langkah selanjutnya adalah login dengan username dan password pada langkah no.1. Setelah berhasil login, klik menu “Appearance” yang berada di sidebar sebelah kiri. Jika langkah Anda benar, Anda akan melihat jajaran beraneka rupa theme.
  4. Ketikan kata “P2” atau “Prologue” di kolom search pada halaman Appearance / themes atau cari P2 themes. Setelah ketemu, silakan klik “Activate”
  5. Silakan klik β€œView Site” and tadaaaaa! Blog WordPress.com Anda bergaya microblog. Tidak hanya itu, jika Anda sudah login, Anda juga bisa menuliskan langsung sebuah post (layaknya status update di facebook atau twitter) melalui halaman depan (home) wordpress.com Anda.

Nah, bagaimana? Mudahkan? πŸ˜‰ Jika ingin melihat previewnya, silakan ke blog ini (ini blogΒ  pertama saya belajar di WordPress.com)

Mengapa Nge-blog dengan Microblog?

Ngeblog dengan microblog dapat menjadi asyik karena:

  1. Memungkinkan Anda untuk berbagi ide dan pikiran secara singkat dan efisien. Anda dapat menyampaikan pesan Anda dengan cepat dan mudah tanpa harus membuat posting yang panjang.
  2. Memberikan Anda kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang lain secara langsung. Anda dapat berinteraksi dengan orang lain melalui komentar dan mendapatkan umpan balik atau masukan dari mereka.
  3. Menyediakan platform yang mudah digunakan untuk mempublikasikan konten multimedia. Anda dapat membagikan foto atau video dengan mudah di microblog.

Jadi seperti memiliki twitter sendiri namun berbentuk blog πŸ˜€

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Rekomendasi PC Desktop Terbaik untuk Ngeblog

Ahyari.Net - Tidak terasa sudah menuju bulan Oktober. Banyak orang yang mungkin merasa kaget bahwa waktu berlalu begitu cepat, bahkan hampir tahun baru lagi. Apakah targetmu sudah tercapai tahun ini? Beberapa mungkin sudah memenuhi targetnya, sementara yang lain masih...

Google Hadirkan Fitur Pencarian Pembelajaran Generatif dengan Bantuan AI

Ahyari.Net - Google meluncurkan pengalaman Pencarian berbasis kecerdasan buatan generatif (Search Generative Experience a.k.a SGE) kurang dari tiga bulan yang lalu, dan Google senang mendapatkan umpan balik positif dari awal peluncuran. Sejak awal peluncuran, Google terus melakukan perbaikan untuk...

Cara Membuat Konten Berkualitas Tinggi yang Disukai Google

Ahyari.Net - Dalam upaya terus meningkatkan pengalaman pencarian penggunanya, Google telah merancang sistem peringkat otomatis yang memiliki fokus utama pada menyajikan informasi yang bermanfaat dan dapat dipercaya. Tujuan utamanya adalah memberikan manfaat kepada pengguna, dan bukan semata-mata untuk memanipulasi...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!