5 Langkah Mudah Membuat MicroBlog

Ahyari.Net – Twitter pada dasarnya dapat disebut MicroBlog karena hanya menampilkan pesan atau tulisan berupa post atau update singkat dari si pengguna. Arti sebenarnya dari microblog adalah platform berbagi konten yang memungkinkan pengguna untuk menulis dan mempublikasikan tulisan pendek atau media lainnya, seperti foto atau video, yang dapat dilihat oleh orang lain.

Microblog sering disebut sebagai layanan blog yang lebih sederhana dan mudah digunakan. Pengguna dapat mengikuti orang lain dan melihat posting mereka di halaman beranda, seperti di layanan media sosial lainnya. Beberapa contoh layanan microblog populer adalah Twitter, Mastodon, dan Plurk.

Tahukan Anda bahwa blog di WordPress.com juga bisa dibuat menjadi layaknya sebuah MicroBlog?

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan, dari menginstall script dari status.net sampai menggunakan subdomain gratis dari shoutem.com.

Akan tetapi, 5 Langkah Mudah Membuat MicroBlog yang ada di sini adalah salah satu cara TERMUDAH dan GRATIS πŸ˜‰ . Berikut 5 langkah yang harus Anda kerjakan:

  1. Bagi yang belum memiliki akun di WordPress.com, silakan daftar terlebih dahulu. (bagi yang sudah memiliki akun/blog di wordpress.com, langkah no.1 ini bisa dilewati πŸ˜‰ )
  2. Setelah Anda mendaftar, pilih sebuah nama subdomain unik yang nanti akan menjadi MicroBlog milik Anda. Contohnya sawityowit.wordpress.com atau namaanda.wordpress.com dll bebas apa saja yang anda mau
  3. Kita ambil contoh sawityowit.wordpress.com. Jika subdomain β€œsawityowit” berhasil Anda miliki, langkah selanjutnya adalah login dengan username dan password pada langkah no.1. Setelah berhasil login, klik menu “Appearance” yang berada di sidebar sebelah kiri. Jika langkah Anda benar, Anda akan melihat jajaran beraneka rupa theme.
  4. Ketikan kata “P2” atau “Prologue” di kolom search pada halaman Appearance / themes atau cari P2 themes. Setelah ketemu, silakan klik “Activate”
  5. Silakan klik β€œView Site” and tadaaaaa! Blog WordPress.com Anda bergaya microblog. Tidak hanya itu, jika Anda sudah login, Anda juga bisa menuliskan langsung sebuah post (layaknya status update di facebook atau twitter) melalui halaman depan (home) wordpress.com Anda.

Nah, bagaimana? Mudahkan? πŸ˜‰ Jika ingin melihat previewnya, silakan ke blog ini (ini blogΒ  pertama saya belajar di WordPress.com)

Mengapa Nge-blog dengan Microblog?

Ngeblog dengan microblog dapat menjadi asyik karena:

  1. Memungkinkan Anda untuk berbagi ide dan pikiran secara singkat dan efisien. Anda dapat menyampaikan pesan Anda dengan cepat dan mudah tanpa harus membuat posting yang panjang.
  2. Memberikan Anda kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang lain secara langsung. Anda dapat berinteraksi dengan orang lain melalui komentar dan mendapatkan umpan balik atau masukan dari mereka.
  3. Menyediakan platform yang mudah digunakan untuk mempublikasikan konten multimedia. Anda dapat membagikan foto atau video dengan mudah di microblog.

Jadi seperti memiliki twitter sendiri namun berbentuk blog πŸ˜€

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

  1. keren sob, info yang menarik nih…
    sangat berguna bagi kita2 pengguna blogspot yg ngga taw apa2 soal WP,hihiihi πŸ˜€
    .-= Panca´s last blog ..Sarah Aprilia Guru Les Privat Seksi =-.

    hihi.. iya.. makasih sesepuh SEO udah mau berkunjung ke blog dummy Saya πŸ™‚

  2. Wah, manteb udah q liat … Mirip kayak twiter gitu, padahal make yg gratisan he he

    hehe.. yang gratisan tidak selalu buruk. Blog sampeyan aja di kontes SEO apapun selalu ada. Memang sudah pro.. berbeda dengan Saya yang newbie πŸ˜€

  3. tutorialnya simpel dan mudah dicerna
    terima kasih atas pencerahannya mas
    salam hangat
    .-= nayantaka´s last blog ..Penyebab Adsense di banned | Autocontent | Autoblog =-.

Beri Tanggaaapan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. Silahkan hubungi kami!

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Kontes SEO Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Ahyari.Net - Bagi Anda yang memiliki blog dan website serta hobi menulis, kini ada kesempatan untuk menunjukkan kemampuan Anda dalam dunia SEO dan penulisan artikel melalui lomba SEO Blog Kontes VIO Optical Clinic. Lomba ini berlangsung selama 3 bulan,...

Google PaLM vs OpenAI ChatGPT?

Ahyari.Net - Beberapa waktu ini, timeline dipenuhi dengan kekaguman rekan-rekan akan kemampuan ChatGPT dari OpenAI. Tidak dipungkiri, ChatGPT adalah suatu fenomena. Saya bahkan pernah mencoba untuk meminta saran kode php untuk filter fungsi tertentu di wordpress; hasilnya? Berhasil. Luar...

“klik di sini” adalah Contoh Teks Tautan Buruk, kata Google

Ahyari.Net - Ada yang menarik dari siaran "SEO Office Hours" kemarin di Youtube Google Search Central. Videonya bisa anda lihat di postingan ini. Yang menarik adalah, pada menit 20an, Lizzi Sassman dari Google mengatakan penggunaan teks tautan atau anchor...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!