Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

5 Langkah Mudah Membuat MicroBlog

Twitter pada dasarnya dapat disebut MicroBlog karena hanya menampilkan pesan atau tulisan berupa post atau update singkat dari si pengguna. Tahukan Anda bahwa blog di WordPress.com juga bisa dibuat menjadi “MicroBlog” layaknya twitter?

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan, dari menginstall script dari status.net sampai menggunakan subdomain gratis dari shoutem.com.

Akan tetapi, 5 Langkah Mudah Membuat MicroBlog yang ada di sini adalah salah satu cara TERMUDAH dan GRATIS 😉 . Berikut 5 langkah yang harus Anda kerjakan:

1. Bagi yang belum memiliki akun di WordPress.com, silakan daftar terlebih dahulu. (bagi yang sudah memiliki akun/blog di wordpress.com, langkah no.1 ini bisa dilewati 😉 )

2. Setelah Anda mendaftar, pilih sebuah nama subdomain unik yang nanti akan menjadi MicroBlog milik Anda. Contohnya sawityowit.wordpress.com atau namaanda.wordpress.com dll.

3. Kita ambil contoh sawityowit.wordpress.com. Jika subdomain “sawityowit” berhasil Anda miliki, langkah selanjutnya adalah login dengan username dan password pada langkah no.1. Setelah berhasil login, klik menu “Appearance” yang berada di sidebar sebelah kiri. Jika langkah Anda benar, Anda akan melihat jajaran beraneka rupa theme.

4. Ketikan kata “P2” atau “Prologue” di kolom search pada halaman Appearance / themes atau cari  P2 themes. Setelah ketemu, silakan klik “Activate”

5. Silakan klik “View Site” and tadaaaaa! Blog WordPress.com Anda bergaya microblog. Tidak hanya itu, jika Anda sudah login, Anda juga bisa menuliskan langsung sebuah post (layaknya status update di facebook atau twitter) melalui halaman depan (home) wordpress.com Anda.

Nah, bagaimana? Mudahkan? 😉 Jika ingin melihat previewnya, silakan ke 71mm0’s Day ini (blog dulu milik Saya sebelum pindah ke Ahyari Network 🙂 )