Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Mudahnya Daftar WordPress

Nge-blog? Nggak ah.. susah sih..

Eits! Jangan memvonis jika belum pernah mencoba 😀

Yang terlihat sulit tidak selalu dan belum tentu sulit. Jika Anda mencoba 😉 Untuk membuat blog di wordpress.com tidaklah terlalu sulit bahkan prosesnya pun cepat. Saya jamin. Setelah membaca ini, Anda dapat membuat blog dalam waktu 5 menit! Bahkan kurang (tergantung koneksi juga, kalau Saya yang menggunakan Toshiba DynaBook Satellite 4260 ini mungkin lebih lama.. hehe. Laptop jadul sich 😛 ).

Syarat yang Anda perlukan hanya sebuah alamat email Anda sendiri. Mengapa? Karena password Anda nanti akan dikirim ke email Anda serta informasi penting terkait blog yang Anda buat.

Saya katakan sekali lagi, proses membuat blog itu relatif cepat, yang membuat lama biasanya adalah memikirkan nama blog, username dan tema/topic yang nanti Anda inginkan. So, dikira2 dulu deh nama blognya apa, membahas tentang apa dsb. Sejenis kerangka karangan lah 🙂

Berikut langkah membuat blog melalui WordPress.com:

1. Masuk ke http://www.wordpress.com/signup

2. isi kolom yang tersedia dengan:

Username: Masukkan username/nama pengguna, sedikitnya 4 karakter. Bisa berupa huruf ataupun angka

Password: Masukkan password/kata kuncinya, bisa huruf besar atau kecil, angka dan simbol seperti !ӣ$%^&(. Apabila password yang dimasukkan terlalu mudah ditebak maka biasanya akan disuruh mengulang kembali. Jadi usahakan passwordnya good atau strong di indikator password.

Confirm: Masukkan kembali password tadi

Email Address: Masukkan alamat email Anda. Jangan sampai salah memasukkan alamat email, karena email tersebut dipergunakan untuk menerima informasi penting mengenai blog yang Anda buat.

Legal flotsam: Mengenai perjanjian pembuatan blog. Silahkan dicentang “I have read and agree to the fascinating terms of service.”

Centang bagian Gimme a blog! (Like username.wordpress.com). Tapi biasanya sudah tercentang

Klik “Next”

Apabila gagal karena ada kesalahan silahkan perbaiki kembali

3. Jika benar, Anda akan dibawa ke halaman selanjutnya:

Blog Domain : Isi dengan nama blog yang diinginkan misalnya: blogpada.wordpress.com. Nama blog sedikitnya 4 karakter. Bisa berupa huruf ataupun angka. Hati2 karena nama blog tidak bisa diubah. Apabila nama blog sudah dipergunakan orang lain maka Anda akan disuruh mengulang kembali.

Blog Title : Judul blog. Bisa diisi apa saja. Nantinya bisa diubah-ubah dalam settingan blog.

Language : Pilih bahasa yang akan dipergunakan. Bisa bahasa Indonesia, Inggris atau lainnya.

Privacy: Mengenai apakah blog Anda ingin masuk mesin pencari sepeti Google atau tidak. Centang untuk menampilkan blog Anda di mesin pencari. Biasanya blog baru akan tampil di Google dalam beberapa minggu setelah dibuat.

Klik “Sign Up”, apabila berhasil kemudian akan ada halaman “Your Account Is Now Active“

Apabila gagal karena ada kesalahan silahkan perbaiki kembali, biasanya kesalahan karena nama blog sudah dipergunakan orang lain.

4. Selesai. Blog Anda sudah jadi.

Silahkan mengecek email Anda untuk mengetahui informasi penting mengenai blog Anda. Bisa juga langsung membuka blog dengan http://nama-blog-anda.wordpress.com.

Untuk masuk ke pengaturan blog dapat melalui http://nama-blog-anda.wordpress.com/login.php

Untuk selanjutnya, silakan kenali bagian-bagian wordpress Anda. Ada baiknya Anda membaca 1st step in wordpress

*Artikel terinspirasi dari darmawanku.wordpress.com