Amazon: Research Kata Kunci

Masih ingat dengan tulisan saya sebelumnya tentang Berkenalan dengan Affiliasi Amazon? Sesuai janji saya -tentang tulisan ber-“seri” tentang Amazon-, kali ini saya akan mengulas cara mencari kata kunci (Keyword Researching). Mengapa Saya memilih topik ini? Tidak lain dan tidak bukan karena banyaknya kawan-kawan yang bertanya baik via facebook, ym atau twitter tentang bagaimana mencari produk yang “pas” di Amazon.

[freemember]

Sebelumnya, saya ingin klarifikasi terlebih dahulu kalau tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi (yang tentu saja pemula dalam dunia Amazon). Sehingga, teknik (kalau boleh dibilang teknik) yang akan saya sampaikan sangat sederhana.

Jika ada kebetulan ada salah satu dari Anda yang Amazoner sejati, tolong jangan ditertawakan *kalau bisa sih, kasih masukan, biar kita-kita juga belajar dari anda-anda yang sukses “bermain” Amazon πŸ™‚

Cara Research Kata Kunci untuk Blog khusus Amazon:

A. via Google Insights.

Google Insights
Google Insights

Top Rising SearchesKeterangan Gambar:

  1. Web Search. Karena kita akan mencari data dalam bentuk teks, bukan gambar atau video.
  2. Canada. Kebetulan contoh ini menggunakan Canada, mengingat Canada merupakan negara yang tingkat pembelian melalui online-nya cukup tinggi. Namun, jika ingin agak umum, targetkan saja ke United States (Amerika)
  3. Last 90 Days. Ini saya pilih karena asumsi blog khusus Amazon yang nanti akan dibuat adalah blog baru yang notabene isinya masih kosong. Sehingga, jika diset “90 hari yang lalu”, harapannya adalah konten blog nanti terlihat secara natural mengikuti perkembangan kata kunci yang dicari. (ini bebas anda kreasikan. Bisa pilih 30 hari sebelumnya atau 7 hari sebelumnya). Kalau anda mengincar “trend”, pilih 7 hari sebelumnya. Kalau saya bukan mengincar trend, melainkan konten yang “stabil” πŸ˜€ *halah, padahal ga ngerti juga 😳
  4. All Categories. Ini agar pencarian lebih luas. Koq luas sih? Bukankah reasearch kata kunci harus “sempit”? Nanti di No.5 kita sempitkan πŸ˜‰
  5. BlackBerry. Ini contoh saja. Saya ingin mengetahui seberapa besar minat orang Canada terhadap BlackBerry (yang juga bermarkas di Canada). Anda bebas memasukan kata kunci.
  6. Di no.6 pada gambar, akhirnya kita bisa lihat, ternyata kategori yang paling populer untuk kata kunci BlackBerry adalah kategori Telecommunications.
  7. Top Searches. Merupakan kata kunci yang SELALU dicari orang Canada (dalam hal ini yang berhubungan dengan BlackBerry)
  8. Rising Searches. Merupakan kata kunci yang PALING dicari SELAMA 90 hari terakhir.
  9. Persentase. Volume pencarian terhadap Rising Searches. Semakin tinggi persentase, maka semakin banyak dicari.

B. via Amazon Search.

Amazon search Results10. Results. Karena kita tadi meneliti di Google Insights, dan secara kebetulan kata kunci BlackBerry memiliki prosepek yang bagus, sehingga, saat di situs Amazon pun, kita harus melihat seberapa banyak produk yang dijual dengan kata kunci BlackBerry.

Begitulah cara saya meneliti kata kunci πŸ˜‰

Yang harus Anda RENUNGKAN saat memilih atau menentukan kata kunci adalah:

  1. Seberapa besar persentase atau volume pencarian di Google Insights? Saya pribadi lebih suka persentase antara 250%-1000%. Lebih dari itu, harus kerja ekstra keras dalam mengoptimasi karena “terkadang” tingkat persaingan SERP juga semakin tinggi.
  2. Seberapa banyak produk yang dijual di Amazon berdasarkan kata kunci yang Anda tetapkan di Google Insights? Meski di Google Insights kata kunci produk Anda bagus, namun saat mencari di Amazon, ternyata barang yang dijual sedikit, ini akan membuat Anda sulit. Bukankah tujuan Anda menggunakan autoblog khusus Amazon adalah konten yang selalu terisi serta penjualan yang ada di kontennya? Kalau produk sedikit, konten pun akan sedikit, kemungkinan besar tingkat konversi penjualan pun semakin kecil.
  3. Seberapa besar pangsa pasar di masa depan? Ini mengharuskan Anda menjadi seorang peramal. Dalam contoh, saya memilih BlackBerry karena “tampaknya” Blackberry TETAP akan terus mengeluarkan produknya, sehingga jumlah item di Amazon pun akan bertambah dan konten autoblog kita pun akan semakin banyak.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa pengaruh konten banyak dengan penjualan? Kalau saya bilang, bisa berpengaruh, tapi bisa juga tidak. Lantas? ga masalah kan kalau konten sedikit? Tidak masalah sebenarnya. Hanya saja, saya merasa “sayang”. Perhatikan kalkulasi sederhana saya:

Dalam kata kunci BlackBerry, terdapat pencarian sebanyak 110.414 produk di Amazon. Ini berarti, jika satu hari blog otomatis Anda mempublish 2 artikel (yang didalamnya ada link affiliasi anda), dalam setahun sudah ada 700 artikel. Kita berandai-andai, sesial-sialnya, 1 artikel dikunjungi oleh 2 orang perhari dan Anda punya 700 artikel, secara otomatis pengunjung Anda adalah 1400 orang per hari!. Itu kalau 2 orang saja. Jadi,autoblog Anda jangan hanya diisi amazon. Mubazir sob! Pasang saja program periklanan lain, sepertiΒ  infolinks atau Google Adsense. Lantas, dari 1400 orang tersebut, sedikitnya mengklik iklan Anda 10 orang/hari (pengalaman saya, bahkan lebih!). Anggap saja pendapatan perclick dari 10 orang tersebut adalah $1. Dalam 1 bulan, Anda sudah dapat $30 (ingat! ini angka minimal).

Bagaimana kalau Anda ternyata jago SEO, jago link building, jago link wheel dan jago-jago lainnya? Niat Anda yang awalnya hanya membangun blog Amazon, malah membangun sebuah blog powerful! Jangan lupa bagi rezeki ke ane ya gan? =))

Nah, kira-kira seperti itulah gambaran mencari kata kunci versi newbie seperti saya πŸ™‚ Sudah dapat gambaran kan? Betapa pentingnya riset kata kunci sebelum Anda terjun ke dunia bisnis online. Masih banyak lagi fungsi riset kata kunci, termasuk menganalisa web/blog kompetitor :mrgreen:

Namun, bagaimanapun, rezeki tetap Allah SWT yang mengatur. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha maksimal + doa + berserah diri. Tulisan ini pun tidak menjamin Anda akan sukses jika mencobanya. Mencoba saja belum tentu sukses, bagaimana dengan yang tidak mencoba? Maka dari itu, cobalah! Tidak ada ruginya. Pengalaman yang Anda dapat tidak bisa dibeli dengan dollar πŸ™‚

Ok. Segitu dulu. Insyallah tulisan mendatang seputar setting Wp-Robot+WordPress (untuk bermain autoblognya). Silakan dipraktekan dulu πŸ˜‰ **kalau ada gambar yang tidak jelas, diklik saja untuk memperbesar**

Mohon maaf. Untuk tulisan seri Amazon, agak lama keluarnya, karena saya bukan seorang penulis yang baik. Jadi sulit merangkai kata per kata πŸ˜€

Salam sukses untuk Anda dan Keluarga πŸ™‚

Contact

Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia

Hubungi Kami

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.