Home ยป Bisnis Online ยป Affiliasi ยป Apakah Affiliate Amazon Masih Gurih?

Apakah Affiliate Amazon Masih Gurih?

Ahyari.Net – Halo, lama tidak bersua. Beberapa karena kesibukan membangun situs berita teknologi, beberapa blog adsense dan beberapa pernak-pernik gemerlap dunia online. “Loh? Katanya jika terjun di dunia online monetizing kudu fokus?” Hm.. Saya fokus koq; Fokus nyari duit diinternet dengan media blog.. Hehehe..

Tidak banyak memang jika dibandingkan dengan para suhu-suhu tersembunyi di luaran sana. Mengingat baru 3 blog yang saya bangun, tentu hasilnya belum/kurang maksimal.

Meski tidak bisa disebut split test, setidaknya dari 3 blog ini saya sudah punya semacam “roadmap” untuk membangun blog affiliate amazon (yang belum familiar dengan amazon bisa membaca penjelasan apa itu affiliate amazon). Jika satu atau ketiganya “menghasilkan”, kita tinggal membuat duplikasinya dengan harapan hasil earning yang diperoleh juga bisa berkali-lipat. Aamiin..

Nah, setelah post di atas saya publish, ternyata lumayan banyak yang bertanya melalui fasilitas pesan di Facebook; Mulai dari apakah ini manual atau AGC (Auto Generated Content) sampai ke tipe domain yang digunakan (aged, Domain Authority, Page Authority) dsb.

Beberapa sudah saya jawab langsung dengan membalas message. Ternyata, keriting juga jari jika harus membalas satu-satu. Terlebih koneksi yang kurang mendukung. Maklum, saya tinggal di pedalaman. Hehehe..

Maka dari itu, muncullah ide untuk menuliskannya di sini; di blog butut ini.

Apakah Amazon masih bisa profit di 2016?

Jawabannya: TERGANTUNG. Tergantung usaha dan doa serta tingkat atau kadar rezeki masing-masing. Akan tetapi, jika melihat perkembangan bulan ke bulan, saya pikir masih cukup lah buat beli susu anak. Hihihi..

Sebenarnya bukan bisa profit atau tidak, tapi metode seperti apa yang saat ini bisa menghasilkan? Untuk itu, akan saya buka di sini rahasia besar bermain amazon (duh, kayak judul ebook-ebook para mastah saja). Becanda, gan. Bukan rahasia besar ini mah, lha wong pendapatan saya masih kalah banyak dengan mastah-mastah di luar sana. Tapi semoga tulisan ini bisa membantu newbie-newbie seperti saya agar bisa merasakan dikirimi surat cinta oleh amazon ๐Ÿ˜€

Bagaimana Metode yang digunakan dalam Affiliate Amazon?

Secara garis besar sama saja dengan yang sering Anda baca di blog-blog bisnis online. Anda juga bisa meniru cara gratis membuat blog amazon. Namun, kali ini akan saya berikan sedikit langkah-langkah teknis yang berbeda dengan tulisan sebelumnya. Langkah berikut untuk jenis AutoBlog (bukan AGC, bukan Manual). Berikut langkah-langkah yang saya lakukan dalam membuat blog untuk monetasi melalui program associates Amazon (affiliate).
[freemember]

  1. Cari domain aged (berumur) minimal 5 tahun. Domain Authority (DA) minimal 20. Page Authority (PA) minimal 20 juga.
  2. Saya lebih menyukai niche yang tidak terlalu spesifik. Jadi nama domain mengikuti niche ini nanti. Niche/topik yang terlalu spesifik itu seperti: Macbook Pro MD101 (merujuk kepada laptop apple dengan kode seri MD101). Ini sangat saya hindari. Nanti alasannya di bawah. Saya lebih suka yang lebih wide, seperti: Produk Apple (sehingga nanti isi blog tidak hanya macbook saja, melainkan ada ipad, iphone, ipod, imac dll).
  3. Blog yang dibangun bermesin WordPress.
  4. Plugin yang digunakan untuk menggrab dan memposting target produk menggunakan Amazon Automatic Plugin. Plugin ini ada banyak sebenarnya, sisanya bisa dilihat di daftar plugin wordpress untuk affiliate amazon.
  5. Theme menggunakan yang sederhana dan responsive serta SEO Friendly.
  6. Setelah blog jadi, buatlah halaman privacy, contact, about, disclaimer dan lain-lain yang dirasa perlu. Cantumkan keterangan bahwa blog kita itu akan mendapatkan insentif jika ada yang membeli melalui link amazon yang ada.
  7. Selanjutnya, di bulan pertama saya tidak memposting produk “jualan”. Saya biasanya membeli konten/artikel setidaknya 500 atau 1000 kata untuk 30 hari ke depan. Jadi beli artikel 30 buah untuk diposting 1 artikel per hari selama 1 bulan. Artikel harus sesuai dengan niche yang kita pilih di nomor 2.
  8. Menginjak bulan kedua, baru kita jalankan plugin pada nomor 4 di atas. Masukkan keyword yang ingin digrab. Sebisa mungkin cari keyword yang produknya banyak agar blog kita nanti juga “kaya” akan produk. Inilah alasan mengapa saya menghindari niche yang terlalu spesifik karena yang terlalu spesifik produknya juga makin sedikit. Bisa baca-baca tulisan lama tentang riset dasar kata kunci Amazon. Ingat, ini baru riset dasar. Keyword Research ini sangat kompleks. Anda bisa mengembangkan sendiri dengan ilmu-ilmu yang bertebaran di internet. Prinsipnya, jual produk yang banyak dicari dengan persaingan seminimal mungkin.
  9. Setelah nomor 8, selesai. Silakan tinggal tidur. Hahaha..
  10. Apakah perlu backlink dari luar? Saya sangat jarang mencari backlink untuk autoblog seperti ini. Sangat rawan. Tapi, itu hak anda jika ingin berburu backlink.

Silakan dicermati, sob. Udah ngantuk. Jam 3 dini hari ini nulisnya. Semoga bermanfaat ๐Ÿ˜‰

Oh iya, berikut saya lampirkan laporan bulan februari hingga awal maret 2016 untuk produk yang “laku” dengan cara di atas pada 3 blog. Tidak bermaksud pamer apalagi riya. Hanya menyampaikan bahwa “peluang itu masih ada”.

Earning Amazon | Klik untuk Membuka atau Menutup
Whoops! Anda Telat! ;p

Boleh dishare/bagikan jika bermanfaat. Mana tahu ada rekan-rekan Anda yang terbantu ๐Ÿ˜‰ Mohon maaf jika ada salah-salah ketik. Link di atas ada referral saya. Mungkin nanti akan kita bahas juga produk baru amazon yaitu Amazon CPM Ads ๐Ÿ˜‰