Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia

Siapa yang tidak mengenal kain Batik? Mungkin lebih tepat jika saya menyebutnya kain bermotif batik. Saya sendiri, sebagai blogger memang telah mengenal batik sejak zaman saya bisa membaca (SD gan, 1994). Namun, baru memilikinya saat saya menempuh pendidikan profesi Apoteker di Jogja tahun 2010 lalu. Wow! Betul. Karena saya orang Banjar (Kalimantan Selatan), Batik dulunya sangat jarang dijumpai. Yang sering dipakai masyarakat di daerah saya adalah kain yang bernama Sasirangan.

Belakangan -beberapa tahun yang lalu-, beberapa instansi pemerintah atau swasta mulai mengeneralisasikan pemakaian batik ini. Misalnya, di tempat istri saya bekerja, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM), pada hari Selasa dan Kamis WAJIB mengenakan Batik atau Sasirangan. Di kantor saya juga begitu; Meski bukan murni instansi pemerintah seperi istri saya, namun, PT. Indofarma Global Medika sebagai perusahaan “Plat Merah” alias perusahaan BUMN; juga mewajibkan bahwa hari selasa harus menggunakan seragam batik (kebetulan perusahaan menyediakan).

Dari perlakuan batik di atas, terlintas sebuah ide untuk para narablog atau blogger di Indonesia. Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia. Mengapa tidak membuat gaya berbeda? Misalnya, jika ada perhelatan kopdar antar blogger, dress code-nya adalah harus menggunakan batik atau kain adat daerah setempat (jika acaranya lokal). Selain unik, hal ini juga akan menumbuh-kembangkan dan secara tidak langsung juga ikut menghargai warisan budaya nenek moyang Indonesia.

Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia vs 40 Algoritma Google

Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia
Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia

Baidewei, tulisan tentang Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia ini bukan hanya memiliki misi agar setiap blogger bisa turut serta melestarikan dan menunjukkan kepada dunia tentang kain batik, tetapi juga untuk mengukur dan melihat-lihat perubahan 40 Algoritma yang diumumkan pihak Google minggu lalu. Eh? Koq ga nyambung ya antara Blogger cinta batik Indonesia, dengan algoritma Google :mrgreen:

Jadi ceritanya, beberapa minggu yang lalu, ada seseorang yang menggundang saya ke grup yang bernama Diskusi Blogger Pemula. Setelah saya lihat-lihat, memang bagus isi atau pertanyaan-pertanyaan yang diajukan anggotanya. Nah, di suatu post, terdapat judul “Latihan S E O”. Kata kunci yang disasar adalah Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia.

Maka dari itu, muncullah tulisan ini. Hanya ingin melihat sejauh mana pengaruh algoritma yang baru terhadap tulisan yang baru terbit di blog butut ini. Yah, hitung-hitung juga menambah tulisan. Seingat saya, sudah lebih dari 1 minggu tidak mengupdate blog butut ini dikarenakan perjalanan dinas ke Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Akhir kata, saya harus menyiapkan secangkir kopi panas dulu untuk menemani saya dalam “pengamatan” pergerakan di SERP Google dengan kata kunci Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia 😀