Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Langkah Awal di WordPress

www.ahyari.net – Pada postingan sebelumnya dijelaskan apa itu blog, nge-blog dengan wordpress dan hal relevan lain. Anda sudah membuat blog for the 1st time dengan WordPress.com? Apa yang paling jelas terlihat setelah Anda membuat?

Tadaaa! Tentu saja Anda sudah memiliki blog di wordpress.com dengan alamat http://blogpada.wordpress.com (contoh saja) 🙂

Terus, langkah apa yang semestinya dan seharusnya Anda lakukan untuk memulai nge-blog dengan wordpress.com? Menjadikan pajangan?

Langah Pertama Ngeblog dengan WordPress

Berikut langkah-langkah dalam “mengenali” blog Anda: (PERHATIAN: Langkah yang ada di bawah ini akan berbeda, tergantung si blogger 😉 )

Look at Your WP-Password. Password yang diberikan oleh wordpress sangat susah di ingat? Seperti @3%^&1nK’ ? Untuk itu, hal pertama sebelum Anda mulai nge-blog dengan wordpress, rubah terlebih dahulu Password “asli” dari wordpress.

Caranya? Setelah Anda login untuk yang pertama kali, klik Username Anda pada bagian kanan atas (Howdy, Ahyari l Log Out). Setelah itu, masukkan password Anda yang baru pada kolom yang tersedia. Masukkan sekali lagi pada kolom “Confirm”. Selesai? Klik “Update”.

Know Your WP-Layout. Buat dan kreasikan blog Anda agar tampil sesuai dengan tema/topik yang Anda ambil secara umum. Hal ini penting, mengingat tampilan akan menguatkan “roh” dari tulisan Anda. Whehehe.. nyambung nggak ya? 😛

Untuk melakukan itu, buat dan tampilkan (publish) 2-4 buah tulisan (posting-an). Isi tulisan terserah Anda, toh ini hanya sebagai peran pembantu dalam Anda mengkreasikan blog Anda 😉 yang terpenting dari kegiatan ini, Anda belajar bagaimana mengisi blog anda dengan tulisan (mem-posting).

Untuk memulai menulis (post), klik ”Add New” pada Panel Admin wordpress di bawah Tab “Post” (sidebar Sebelah kiri Dashboard), masukkan judul tulisan dan mulailah menulis, kemudian letakkan dalam suatu kategori (jika kategori belum ada, tambahkan saja sesuka Anda dengan mengklik “Add Category” pada sidebar sebelah kanan). Untuk memilih kategori yang Anda buat, klik kotak checklist yg ada di kiri setiap kategori. Kalau sudah, tulisan Anda siap untuk di-publish, Klik saja “Publish”.

Setelah anda mem-publish 2-4 tulisan, klik “Appearance” pada dashboard dan klik “Themes” untuk melihat-lihat Tema untuk tampilan WordPress Anda. Pilih salah satu tema yang sesuai hati nurani 😀 dengan me-klik tema yang Anda maksud, kemudian Lihat Situs anda dengan meng-klik “Visit Site” pada bagian kiri atas Dashboard. Silakan lihat-lihat bagian frontpage/home (halaman depan), tulisan per tulisan, halaman per halaman. Tidak suka dengan tema pilihan Anda? Mintalah tetangga Anda untuk memilihkan. Huehehe.. Bcanda 😛 Jika ingin merubahnya, Kembali ke langkah saat Anda memilih di awal tadi.

Selain tema, pada “Appearance” juga terdapat “widgets”. Widgets merupakan sejenis “aplikasi” yang dapat Anda tampilkan pada sidebar halaman blog Anda (bukan pada halaman Dashboard). Silakan klak-klik sendiri, kemudian lihat tampilannya. Ulangi hingga Anda menemukan komposisi yang sesuai.

Inti dari pengenalan blog pada wordpress.com ini adalah berani mencoba, berani mengklik dan berani berkreasi. Jangan takut salah 🙂

Nah, dengan begini, Anda telah memasuki dunia per-blogger-an Indonesia. Welcome.