Langkah Awal di WordPress

Ahyari.Net – Pada postingan sebelumnya dijelaskan apa itu blog, nge-blog dengan wordpress dan hal relevan lain. Anda sudah membuat blog for the 1st time dengan WordPress.com? Apa yang paling jelas terlihat setelah Anda membuat?

Tadaaa! Tentu saja Anda sudah memiliki blog di wordpress.com dengan alamat https://blogpada.wordpress.com (contoh saja) πŸ™‚ Jika anda menggunkan WordPress self hosted juga sama saja, bisa diterapkan juga koq

Terus, langkah apa yang semestinya dan seharusnya Anda lakukan untuk memulai nge-blog dengan wordpress.com? Menjadikan pajangan?

Berikut langkah-langkah dalam “mengenali” blog Anda: (PERHATIAN:Β Langkah yang ada di bawah ini akan berbeda, tergantung si blogger πŸ˜‰ )

Look at Your WP-Password. Password yang diberikan oleh wordpress sangat susah di ingat? Seperti @3%^&1nK’ ? Untuk itu, hal pertama sebelum Anda mulai nge-blog dengan wordpress, rubah terlebih dahulu Password β€œasli” dari wordpress.

Caranya? Setelah Anda login untuk yang pertama kali, klik Username Anda pada bagian kanan atas (Howdy, Ahyari l Log Out). Setelah itu, masukkan password Anda yang baru pada kolom yang tersedia. Masukkan sekali lagi pada kolom “Confirm“. Selesai? Klik “Update“.

Know Your WP-Layout. Buat dan kreasikan blog Anda agar tampil sesuai dengan tema/topik yang Anda ambil secara umum. Hal ini penting, mengingat tampilan akan menguatkan “roh” dari tulisan Anda.

Untuk melakukan itu, buat dan tampilkan (publish) 2-4 buah tulisan (posting-an). Isi tulisan terserah Anda, toh ini hanya sebagai peran pembantu dalam Anda mengkreasikan blog Anda πŸ˜‰ yang terpenting dari kegiatan ini, Anda belajar bagaimana mengisi blog anda dengan tulisan (mem-posting).

Untuk memulai menulis (post), klik ”Add New” pada Panel Admin wordpress di bawah Tab “Post” (sidebar Sebelah kiri Dashboard), masukkan judul tulisan dan mulailah menulis, kemudian letakkan dalam suatu kategori (jika kategori belum ada, tambahkan saja sesuka Anda dengan mengklik “Add Category” pada sidebar sebelah kanan). Untuk memilih kategori yang Anda buat, klik kotak checklist yg ada di kiri setiap kategori. Kalau sudah, tulisan Anda siap untuk di-publish, Klik saja “Publish”.

Setelah anda mem-publish 2-4 tulisan, klik “Appearance” pada dashboard dan klik “Themes” untuk melihat-lihat Tema untuk tampilan WordPress Anda. Pilih salah satu tema yang sesuai hati nurani πŸ˜€ dengan me-klik tema yang Anda maksud, kemudian Lihat Situs anda dengan meng-klik “Visit Site” pada bagian kiri atas Dashboard. Silakan lihat-lihat bagian frontpage/home (halaman depan), tulisan per tulisan, halaman per halaman. Tidak suka dengan tema pilihan Anda? Mintalah tetangga Anda untuk memilihkan. Cek juga rekomendasi Tema WordPress Gratis Terbaik.

Selain tema, pada “Appearance” juga terdapat “widgets“. Widgets merupakan sejenis “aplikasi” yang dapat Anda tampilkan pada sidebar halaman blog Anda (bukan pada halaman Dashboard). Silakan klak-klik sendiri, kemudian lihat tampilannya. Ulangi hingga Anda menemukan komposisi yang sesuai.

Inti dari pengenalan blog pada wordpress.com ini adalah berani mencoba, berani mengklik dan berani berkreasi. Jangan takut salah πŸ™‚

Note: Langkah-langkah teknis atau menu bisa saja berubah seiring wordpress yang selalu mengupdate sistem mereka. Tapi secara garis besar harusnya tidak berubah banyak.

Setelah Anda berhasil membuat blog pertama Anda menggunakan WordPress kemudian sudah klik-klik hal-hal di atas, selanjutnya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan dan mengelola blog Anda:

  1. Tambahkan konten yang bermanfaat: Pastikan untuk menambahkan konten yang bermanfaat bagi pembaca Anda secara teratur. Ini dapat berupa artikel, gambar, atau video yang berkaitan dengan topik blog Anda.
  2. Promosikan blog Anda: Ada banyak cara untuk mempromosikan blog Anda, seperti mengirim tautan ke blog Anda ke teman-teman dan keluarga, membagikannya di jejaring sosial, atau bahkan membayar untuk iklan online. Baca juga: Cara Promosi Blog dan Social Networking.
  3. Bagi WordPress yang diinstall sendiri, pasang plugin yang mungkin berguna untuk anda. WordPress menawarkan berbagai plugin gratis yang dapat membantu Anda mengelola blog Anda dengan lebih mudah. Misalnya, Anda dapat menambahkan plugin SEO untuk membantu meningkatkan ranking blog Anda di mesin pencari, atau plugin keamanan untuk membantu melindungi blog Anda dari serangan hacker.
  4. Tambahkan halaman dan fitur tambahan: Anda dapat menambahkan halaman tambahan seperti tentang saya, kontak, atau layanan ke blog Anda untuk memberikan lebih banyak informasi kepada pembaca Anda. Anda juga dapat menambahkan fitur seperti formulir komentar atau sistem subscribe untuk memudahkan pembaca Anda untuk berinteraksi dengan Anda.
  5. Manajemen blog Anda secara teratur: Pastikan untuk selalu memperbarui plugin, tema, dan konten blog Anda secara teratur untuk memastikan blog Anda tetap aman dan berjalan dengan lancar (pengguna di wp.com tidak perlu mengkhawatirkan ini)

Nah, dengan begini, Anda telah memasuki dunia per-blogger-an Indonesia. Welcome. Ingin menambahkan atau berbagi pengalaman? Gas ke kolom komentar πŸ˜€

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

Beri Tanggaaapan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. Silahkan hubungi kami!

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Kontes SEO Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Ahyari.Net - Bagi Anda yang memiliki blog dan website serta hobi menulis, kini ada kesempatan untuk menunjukkan kemampuan Anda dalam dunia SEO dan penulisan artikel melalui lomba SEO Blog Kontes VIO Optical Clinic. Lomba ini berlangsung selama 3 bulan,...

Google PaLM vs OpenAI ChatGPT?

Ahyari.Net - Beberapa waktu ini, timeline dipenuhi dengan kekaguman rekan-rekan akan kemampuan ChatGPT dari OpenAI. Tidak dipungkiri, ChatGPT adalah suatu fenomena. Saya bahkan pernah mencoba untuk meminta saran kode php untuk filter fungsi tertentu di wordpress; hasilnya? Berhasil. Luar...

“klik di sini” adalah Contoh Teks Tautan Buruk, kata Google

Ahyari.Net - Ada yang menarik dari siaran "SEO Office Hours" kemarin di Youtube Google Search Central. Videonya bisa anda lihat di postingan ini. Yang menarik adalah, pada menit 20an, Lizzi Sassman dari Google mengatakan penggunaan teks tautan atau anchor...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!