Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Nge-Blog Dapat Duit?

www.ahyari.net – Ngeblog dapat duit? Bener nggak sih? Banyak teman-teman yang bertanya seperti itu sama Saya. Teryata masih banyak juga yang beranggapan seperti itu (tidak percaya). Yo Weiss, biarlah, yang nggak percaya monggo ditutup halaman ini (padahal mereka nggak tahu klo dari pendapatan bulanan “maen” blog, Saya mampu beli sepasang sepatu Reebok or Nike tiap bulan.. hehe.. Lumayan untuk ukuran seorang anak kuliah-an) dan yang penasaran, silaken dilanjutkan membacanya. Saya udah nyiapin “serangkaian” jurus biar anak-anak muda (kaya yang nulis ini tua banget) nggak nge-buang waktu main internet cuman buat Friendster dan Facebook doang. Haha..

Ups! Screenshot saya hapus

Screen Shot diatas diambil sewaktu saya nge-cek dollar saya di PAYPAL dengan menggunakan Browser OperaMini 4.1 pada Nokia Communicator 9300. Gambar diatas bukan untuk pamer apa lagi Riya, Cuma mau menyampaikan bahwa ngeblog dapat duit itu memungkinkan. Bahkan ada yang perbulan dapat diatas $5.000,00!!

Baca juga:

cara mendapatkan dolar dari blog

Angka yang cukup fantastis bukan? Hasil yang saya dapatpun kalau menurut saya sudah “lumayan” untuk anak seperti saya yang belajar otodidak alias nggak ada guru, klo guru secara nggak lansung mah banyak di internet, dengan rajin searching dan seeking-lah.. hehe.. Gimana buat kamu-kamu yang emang jago komputer dan bahasa pemprograman? Beda jauh deh kayanya aku dengan kamu-kamu yang udah jago.

Hasil yang saya dapat itu seingat saya dikumpulkan semenjak 7-8 bulan yang lalu. Lumayan lama memang, tapi jika kita kalkulasikan pendapatan rata-rata perbulan? Lumayan lho. Hampir mendekati gaji PNS tahun 2008.. hehe.. Seiring berjalannya waktu, “tampaknya” akan mengalami peningkatan.. Mudah-mudahan.. Aamiin..

Ok, sebagai penyemangat, awal mendaftar PAYPAL ditahun 2007, selama 12bulan-an account saya kosong!!

Selain jadwal kuliah yang padat, juga karena saya tidak terlalu serius. Baru memasuki semester 7 kuliah (jadwal agak longgar) saya mulai “agak” serius. Nah, buat bro n sis semua yang sudah mengetahui lebih “dini” dapat berusaha lebih maksimal dari saya. Insyaallah..

Yup, kembali ke pokok bahasan kita (ngelantur aja nih yang tukang nulis). Siapa bilang buat blog/website sulit? Yang sulit itu klo kita MALAS belajar dan mencari (tinggal ketikkan keyword di Google tentang panduan belajar wordpress/blogspot/website).

Berikut langkah-langkah Mendapatkan Uang dari Blog

  1. Niat (INGAT! Ngeblog itu bukan kegiatan yang semata-mata ingin dapat duit, jika niat awal ngeblog “cuman” mau dapat duit, kayanya bakalan sulit bro. Ini pandangan saya pribadi. Kalau duit ga dapet, biasanya cepat nyerah. Jadi, niat kita yang pertama adalah berbagi melalui tulisan. Terserah mau berbagi apa; berbagi pengalaman, berbagi tips dll.
  2. Buat Blog berbayar atau gratis (dianjurkan menggunakan wordpress. Nggak tahu kenapa kok wordpress begitu ampuh sehingga mudah ter-index di Google, blogspot juga bisa sih kalau ngerti)
  3. Make Over interface blog kita dengan themes yang bagus
  4. Isi blog dengan hal yang bermanfaat di sekitar kita dan langka (klo bisa bikin content untuk blog yang belum pernah ada, namun sering dicari orang.. he.. susah deh kayanya.. jadinya saingan sedikit)
  5. Selalu mengikuti perkembangan Dunia Ngeblog
  6. Sediakan waktu untuk meng-Update blog kita tiap hari

Setelah langkah di atas udah kamu anggap “berhasil” (indikator keberhasilan itu dapat dilihat dari jumlah pengunjung per hari dan komentar-komentar yang diberikan pengunjung*), tinggal….apa lagi ya? he.. Kapan dapat duitnya? Easy bro, Lakuin dulu langkah di atas dengan benar (blog ini aja sudah saya anggap berhasil setelah “memakan” waktu 6 bulan-an). *Tapi ada juga blogger yang ngeblog dengan hati. Indikator keberhasilan bagi blogger bermacam-macam. Kalau Saya, bisa menulis artikel saja Saya bilang suatu keberhasilan.. Hoho..

Untuk program-program yang bisa Anda ikuti dalam mencari dollar dari internet, bisa membaca-baca pengalaman Saya di kategori Money Online.