Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Blogging with WordPress.Com (WP)

www.ahyari.net – WordPress.Com (WP) merupakan suatu situs tunggal penyedia layanan blog secara gratis dengan jutaan User dan berbagai macam jenis blog di dalamnya yang telah terdaftar. Mengapa saya menulis tentang WordPress? Karena WP lebih mudah peng-operasi-annya (user friendly) dan banyak direkomendasikan oleh para pakar Blogging.

Kamu dapat memiliki Personal Blog pribadi dengan sekejap dan mudah dengan WP. Syarat yang paling utama sih menurut pengalaman pribadi “hanya” diperlukan 1 buah alamat email yang masih aktif (jangan alamat email yang udah berpuluh-puluh tahun nggak dibuka.. he..), punya kamu (masa iya punya tetangga?), kemudian keinginan tak tertahankan untuk mencoba hal baru serta kemampuan berbahasa inggris (yang penting tahu sedikit-sedikit-lah Bahasa inggris ma artinya). So, nggak ada istilah kamu membeli domain, sewa hosting dan berpusing-ria dengan cpanel, ftp dll (istilah apaan tuh?), hanya dengan daftar di WP disertai data diri dan nama subdomain yang kamu inginkan menjadi alamat blog WordPress-mu. Bingung? Coba lihat alamat blog saya http://71mm0.wordpress.com , nah “71mm0” itulah yang disebut subdomain.

wordpress dashboard lama
tampilan dashboard WordPress

Setelah login ke dashboard, pilih menu Setting >> General untuk setting Blog Title dan Description-nya, serta kamu bisa memilih bahasa utama apa yang kamu digunakan dalam blogmu nanti, sehingga setiap menu dan widgets bisa menyesuaikan dengan bahasa yang kamu pilih. Sebenarnya ada Bahasa Indonesia, namun menurut tata bahasa (wueh, kaya ahli bahasa aja) arti yang di-translate-kan serasa di”paksa”kan ke Bahasa Indonesia (Ooo.. jadi ini maksudnya “yang penting tahu sedikit-sedikit-lah Bahasa inggris ma artinya“).

Untuk memilih dan menganti Layout atau Themes awal yang diberikan WP, pilih menu Design nanti akan terlihat ada beberapa pilihan theme, dengan klik gambar theme yang diinginkan dan secara otomatis akan tampil preview dari theme yang kita pilih untuk blog kamu, untuk melihat hasilnya bisa klik link View Site di bagian atas opsi Comments.

Segini dulu ya.. nanti kita sambung 😉