Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Perkenalkan, Nama Saya “Blog”

Apa itu Blog?

Blog merupakan semacam buku/katalog/enslikopedia elektronik namun BUKAN ebook! Biasanya berupa halaman-halaman berbentuk web berisikan tulisan-tulisan pendek (meskipun ada yang panjang bahkan dibuat bersambung dan berkesinambungan) dan diupdate secara berkala/teratur berdasarkan urutan waktu/tanggal penulisan.

Apa itu Blog dan Blogger

Pembuatan blog memiliki visi dan misi yang sangat beragam seperti Personal Blog yang umumnya berbentuk diary/catatan/jurnal harian; Ada juga Blog yang dibuat dengan peruntukkan mempromosikan jasa ataupun barang, perusahaan ataupun suatu organisasi; Blog yang berisikan foto-foto, tulisan, karya ilmiah, informasi bahkan hal-hal yang bersifat fiksi (bahkan ada blog yang dikhususkan sebagai media periklan/iklan baris).

Kesemuanya itu dapat berkembang menjadi sangat luas tergantung kreasi dari sang penulis atau si pemilik blog. Contohnya dapat dilihat pada beberapa Personal Blog, terlihat bahwa di sana mereka menulis hal-hal yang mereka anggap luar biasa (meskipun tidak semua luar biasa, namun mereka bisa menambahkan sedikit “bumbu” agar tulisan mereka menarik untuk dibaca -di sinilah kepiawaian Blogger (orang yang melakukan aktivitas blog)– dituntut) dalam kehidupan mereka serta tidak jarang mereka menulis “apa yang ada di dalam pikiran”.

Tentu membawakannya dengan semenarik mungkin dan sesuai gaya masing-masing penulis. Lainnya terkadang berdasarkan topik khusus (seperti blog Ini yang membahas tentang Farmasi). Terkadang beberapa blog hanya “sekedar” untuk bermain. Beberapa lainnya digunakan untuk bekerja. Masih banyak contoh spesifikasi para blogger.

Blog merupakan perangkat komunikasi yang sangat baik untuk perusahaan atau organisasi atau komunitas atau tim atau perorangan ataupun Partai. Blog membantu kelompok atau golongan atau perorangan untuk berkomunikasi dengan cara yang lebih sederhana dan lebih mudah serta murah daripada sekedar memanfaatkan email atau forum diskusi apalagi door to door.

Oh iya, ada juga lho yang namanya Private Blog. Dari namanya aja jelas terlihat kalau ini blog ditujukan untuk kalangan terbatas yang biasanya digunakan untuk berdiskusi antar anggota (JANGAN-JANGAN teroris menggunakan ini? Hehe..).

Suatu blog juga membantu seseorang dalam melakukan sosialisasi secara berulang, promosi dan budaya, bahkan bisa memberikan “suara” tidak resmi pada suatu proyek/pekerjaan/kegiatan yang terjadi pada instansi tertentu (instansi yang membuat blog). Contohnya, andaikan saja, setelah mengembara sekian lama, akhirnya bertemu dengan blog si pemilik produk brand besar, nah kita bisa memberikan komentar langsung tentang produk ataupun artikel yang ada di blog itu. Mudah bukan? Seru? Pasti! Kan sudah zaman era digital sekarang ini.

Jadi, mari kita ngeblog untuk menajamkan feeling kita tentang kejadian, keadaan sekeliling serta potensi-potensi yang belum tergali pada diri dan sekitar. Oh iya, jika ingin menambahkan kekurangan atau mengurangi kelebihan pada tulisan di atas, bisa dituliskan pada kolom komentar dibawah (kalau form komentarnya masih terbuka; karena di setting 1 tahun akan otomatis tertutup).