Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Jumlah Backlink Masih Berperan

Dalam beberapa tulisan terdahulu, banyak sekali komentar yang menanyakan:

Bagaimana cara meningkatkan PageRank (PR) di blog kita?

Apakah Backlink masih berpengaruh dalam menentukan posisi SERP?

Berapa banyak sih jumlah backlink yang diperlukan untuk meningkatkan PR?

dan masih banyak yang lainnya… :study:

Dalam postingan kali ini, dan ini hanya asumsi berdasarkan data dan pengalaman di lapangan, bahwa Jumlah Backlink Masih Berperan dalam menentukan PR dan SERP. Buktinya? πŸ˜•

Untuk itu, sengaja saya menampilkan screenshot dari halaman pribadi data “Links to Your Site” saya di Google Webmaster Tools. Buka rahasia? Bukan, hanya ingin sharing, siapa tahu Anda-Anda yang kebetulan membaca memiliki data berbeda dan hasil berbeda, tentu akan memperkaya khasanah per-backlink-an kita πŸ˜†

Cara Meningkatkan PageRank dan Jumlah Backlink?

Untuk pertanyaan Cara Meningkatkan PageRank dan Berapa Banyak Jumlah Backlink yang diperlukan untuk mendapatkan PR, silakan mengamati dari data blog butut dan blog dummy saya:

Perbandingan Jumlah Backlink

Nah, bagaimana pendapat Anda setelah melihat perbandingan jumlah backlink dengan PR yang diperoleh? Berbeda jauh? Hal ini membuktikan kalau Jumlah Backlink Masih Berperan dalam menentukan PageRank (meski Google sendiri -katanya- tidak mementingkan PageRank).

Meski begitu, di beberapa domain milik saya yang lain, ada yang hanya memiliki ratusan backlink, (tidak sampai puluhan ribu apa lagi ratusan ribu), namun bisa mencapai PR 3. Nah, kalau yang begini, bagaimana penjelasannya? Untuk diketahui, domain tersebut berumur 10 tahun lebih. Saya pun membelinya bukan fresh, melainkan membeli dari orang lain (yang mungkin dulunya pernah dibangun dan menerapkan link building yang bagus). Dari sini saya -kalau boleh- menyimpulkan bahwa, selain jumlah backlink, umur dan kualitas domain yang memberikan backlink turut mengambil peran dalam PageRank.

Sehingga, meski backlink sedikit namun domain yang memberikan backlink memiliki “reputasi” yang bagus serta relevan di mata Google, bukan tidak mungkin PageRank yang dimiliki oleh si penerima backlink juga akan semakin baik. Namun, tetap saja jumlah ikut berperan.

Apakah Backlink masih berpengaruh dalam menentukan posisi SERP?

Meski Google mengatakan bahwa Content is King, tetap saja Backlink juga turut serta mengangkat posisi web/blog kita di mesin pencari (terutama Google). Sebagai bukti, kemarin saya mencoba mempelajari *halah* pengaruh backlink terhadap hasil SERP di kontes SEO Seribu Pernak Pernik Ponsel Android.

Secara kebetulan -sewaktu penjurian- blog butut ini berhasil meraih posisi ke-2 dalam kontes SEO tersebut (meski 2 hari sebelumnya sempat bertengger di posisi puncak klasemen). Setelah pengumuman resmi dari pihak penyelenggara, kemudian dengan perlahan dan hati-hati, saya mulai “mencopot” satu per satu backlink hingga tidak ada satu pun tersisa di dummy blog saya. Apa yang terjadi setelahnya? Setelah saya melucuti backlink tersebut, secara perlahan posisi blog butut ini menurun hingga ke no.7 (sekarang, sewaktu menulis ini, saya mencek di posisi 5).

Dari hasil pengamatan singkat dan sederhana tersebut, saya yakin betul bahwa backlink masih berpengaruh terhadap SEO. Hanya saja, jangan terlalu L3B4Y. L3B4Y di sini berarti terlalu berlebihan dalam berburu backlink. Saya sendiri hanya menggunakan beberapa dummy blog dan forum profile serta beberapa bookmark. Dan TIDAK semuanya dofollow; beberapa diantaranya adalah Nofollow.

Hal ini penting. JANGAN pernah menanam backlink yang kesemua backlinknya menganut paham dofollow. Bukan posisi tertinggi yang Anda raih, melainkan padang pasir mbah Google alias Google Sanbox. Ini yang menyebabkan artikel atau tulisan yang Anda buat -dan “disiram” secara berlebihan dengan backlink- menghilang dari SERP.

Jadi, kesimpulan dari 2 analisa sederhana dan dangkal di atas, saya berpendapat bahwa:

  1. Selain jumlah backlink, kualitas backlink juga harus diperhatikan.
  2. Backlink masih memegang peran penting dalam menentukan posisi SERP.
  3. Backlink JANGAN semuanya dofollow. Campur juga dengan yang Nofollow biar “terkesan” natural.

Google tidak bodoh. Nanti algoritma Google akan bergumam:

Ini artikel koq, baru ditulis, link udah ribuan, semuanya dofollow pula… Mencurigakan, nggak natural banget… Banned aja aaaah 8)

Nah lo! Jangan sampai itu terjadi kawan. Bijaksanalah dalam menanam backlink; Bijaksana dalam mencampur antara dofollow dan nofollow; dan Bijaksanalah dalam berkomentar. PageRank dan SERP hanya “hadiah” bagi mereka yang tekun, rajin dan sabar. SEO bukan sesuatu yang jadi dalam 1 malam. Bangunlah mental Anda; dan kesuksesan akan mengejar Anda. Amin.

Jika memiliki pendapat berbeda atau ada pengalaman yang terkait dengan fenomena backlink, kolom komentar selalu tersedia (dofollow loh πŸ˜› ). Salam sukses untuk Anda dan keluarga πŸ™‚

-Berbagi Tidak Pernah Rugi-

176 Comments
  1. hengki says

    salam kenal mas…tanya mas , kalau link dofolow semua bisa bisa di anggap spam sama google gak mas , mohon pencerahan nya mas maklum masih newbe mas…..

  2. Miftah Farid says

    Lun kada suah cek nofollow / dofollow web πŸ™‚ hehe

  3. Leonheart says

    wah, kalau backlink dofollow smua bisa kena banned nih?
    google emang membingungkan..

  4. Jimmy Ahyari says

    @hengki & @Leonheart
    Sekali lagi, yang saya tulis di atas hanyalah asumsi saya. Saya tidak mengetahui dengan pasti apa Google nganggap spam atau nge-banned. Yang saya tahu, google menginginkan cara yang se"natural" mungkin. Mungkin kalau jumlah backlinknya puluhan dan semuanya dofollow tidak akan terlalu mencurigakan. Tapi, bagaimana kalau jumlahnya sudah ribuan? puluhan ribu? ratusan ribu? jutaan? dan semuanya dofollow? apa tidak aneh? IMHO CMIIW

    @Miftah mboooh.. iya gerang? πŸ˜›

  5. Tutorial Blog says

    Yang penting tulis artikel2 yang bermanfaat dulu, kalau cari backlink itu untuk sampingan saja

  6. Gratis Iklan says

    Asumsi mas Jimmy Ahyari, menurut Saya benar. Untuk mendapatkan backlink harus link yg berkualitas dan visitor yg banyak. backlink yg akan kita tuju pr lebih tinggi dari pr kita. Mudah2 pr kita juga akan meningkat.

  7. Download Game PC Gra says

    Mantap Backlink aq sedikit

  8. alhuda says

    makasih mas tip2snya…jadi saya semakin tercerahkan tentang fungsi backlink ini….pingin terus belajar sama agan niih ilmu blogingnya udah mantep betul niih..sukses selalu mas…

  9. dytogame31 says

    thanks bwt infonya, lupanya backlink tu bermafaat ya

  10. Ocolar Migraine says

    Ternyata seperti itu, berarti selama ini berarti ane udah salah… Thanks.

  11. hosting terbaik says

    buseeeeettt… itu linking in nya kok bsa mpe 40 ribuan gtu ya? perlu brapa lama thu sob ngumpulinnya?

  12. julak says

    salam dari Samarinda, Sip infonya dingsanak ae.

  13. Jualan Tanpa Modal says

    Setelah baca artikel ini, saya jadi sadar pentingnya backlink.. sebelumnya biasa2 aja. Trims mas.

  14. Abed Saragih says

    Terima kasih telah berbagi mas,

    Mas mau tanya nih,,,gimana cara linat site link macam gambar diatas,,,,dari webmaster saya lihat tidak ada,,,tolong panduanya mas.

  15. kata bijak says

    sepakat.. BL tetap yg utama dlm seo..
    tp, banyak banget backlinknya yg PR 4 yg di atas bro… πŸ˜€

  16. yayang says

    mas terimah kasih info dan ilmunya

  17. blogrenaldi says

    duh jadi bingung sama google πŸ™

  18. SPAREPART LAPTOP says

    terima kasih gan atas info nya…nice share

  19. music news says

    wah, penjelasannya lengkap banget. pas banget infonya buat saya yg baru membangun backlink. dan karena blog ini dofollow, jadi numpang nge-link satu ya mas..?! salam kenal sebelumnya…

  20. pemutih wajah says

    Dari dulu sampai sekarang sepertinya belun dan tak akan dihilangkan oleh google sebagai apresiasi memberikan point ranking google kepada para penyedia web/blog yang aktif di dunia internet

  21. Gader.Org says

    terima kasih atas infonya.sob…

  22. liga champion says

    setuju gan..nitip ya gan…mksh

  23. Bidik Misi says

    terima kasih atas informasinya…
    bermanfaat bgt buat yg masih cupu sprti sy…
    salam kenal pak…
    semoga blogger indonesia semakin maju…

  24. halid says

    met pagi sob,,maksih infnya,,buat nyarinya sussah banget,,

  25. asalasah says

    Ih begitu toh.. baiknya imbangi koment di do follow ama no follow ya. wah walaupun masih2 bingung setidaknya ane dapat ilmu tambahnn.. thanks sob πŸ˜€

  26. Kaget says

    menarik, dan saya punya pengalaman sendiri soal backlink.

    Sub domain saya diberi PR3 padahal baru seumur jagung. Ngga pernah dibawa BW dan cuma beberapa link yang ditanam kedalam nofollow blog tanpa dummy.
    Ada yang tau kenapa si Mbah begitu baik hati?

  27. hayardin says

    kunjungan pertama sobat,,,makasih nih atas infonya sobat

  28. blog tutorial says

    kunjungan pertama sobat,,,makasih nih atas infonya sobat

  29. adiarta says

    kalau melihat daftar blog langganan saya, 2 banding 1. 2 blog nofollow dan 1 dofollow. semoga ini masih dianggap wajar oleh mbah google… πŸ™‚

  30. artikel permana says

    baru tau saya he,maklum saya masih newbie,web saya pun masih seumur jagung πŸ™‚

  31. blog tutorial says

    kunjungan malam sobat sambil mencicipi artikel sobat,

  32. hayardin says

    makasih sobat atas infonya

  33. madjongke says

    Makasih infonya. Kalau saya pribadi juga jarang cari backlink

  34. Rudy Arra says

    Ya Ampuun, saya masih bingung…maklum saya lagi belajar Mas. Tpi terimakasih atas penjelasannya, sedikit punya gambaran deh.

  35. Get Mobile says

    Nice info sahabt…

    blog sahabat sagat banyak artikel yang bermanfaat,,,

    sukses… πŸ˜‰

  36. pupuk organik cair says

    makasi infonya, blog saya masih pr 1 cara naikin gimana ya?

  37. Blognya Venny says

    ada salah satu artikel yang menyatakan bahwa pagerank sekarang tidak terlalu penting, yang terpenting adalah banyaknya traffic, apakah itu benar ????

    1. Jimmy Ahyari says

      Hal tsb tergantung dari sisi mana Anda melihat. Bagi penjual link, tentu PR lebih penting karena semakin tinggi PR, semakin banyak dollar yang diperoleh. Bagi pemain PPC, tentu traffic yang lebih penting. Dan bagi saya, kedua-duanya penting πŸ˜›

  38. purti says

    infonya sangat bermanfaat sekali nih..
    makasih banyak buat infonya

  39. Blog Teknik IT says

    Yang pernah membuat saya bingung adlah ada blog yang baru berumur 1 bulan lebih dikit, tapi udah dapet PR4. Saya pastikan blog itu berumur 1 bulan lewat whois. Dan saya cek PR nya emang 4 (langsung dari situs cek PR), apakh ini PR palsu ya?

    1. Jimmy Ahyari says

      Dalam kasus Anda, sepertinya domain itu sudah lama (tentu sudah memiliki backlink). Ada beberapa faktor yang membuat umur di whois berubah diantaranya jika domain tersebut pernah DROP. Drop dalam artian tidak diperpanjang. Jika pernah drop, kemudian diperpanjang oleh pembeli baru, umurnya akan terhitung sejak domain tersebut diperpanjang (meskipun domain tersebut sebelum drop berumur 5 tahun). Tapi, pada akhirnya, PR tetap google yang menentukan. Tidak ada yang menjamin blog lama dapat PR tinggi; begitu pula sebaliknya bisa saja blog baru dapat PR.

  40. blogger proo says

    Thank's infonya bermanfaat

  41. abdina says

    terima kasih infonya, bermafaat
    #kunjungi blogku

  42. kimbut says

    wahhh jadi tambah info nih,
    saya masih kuatir kalo nanti bangun backlink malah dianggap spam sama mbah gugel

  43. Saturnus says

    makasih buat infonya…..blog baru

  44. souvenir pengajian says

    mbah google kadang membingungkan, gak tau maunya gmana…
    punya pr tinggi, serp #1, trafik bejibun, tanpa cari backlink bisa gak ya? …ngayal πŸ™‚

  45. Fattah says

    Wah2, semakin lama persaingan di google SERP semakin ketat. kalau dulu sih cuma tinggal perbanyak backlink, tapi sekarang harus menjaga kualitas konten. tapi, meskupun begitu ternyata backlink masih fungsi πŸ˜€

  46. adib says

    saya juga sangat butuh backlink…artikelnya bagus….makasih

  47. onesetia82 says

    wah saya meski belajar lebih jauh nih tentang SEO terhadap agan …
    salam kenal gan …

  48. rizka zulfikar says

    mas, aq mau nanya..apa mungkin blog yang belum berumur 1 tahun langsung bisa dapet PR 3 atau PR 4? atau emang harus ngelewatin tahapan dari PR 1 trus 2 dulu baru dapet PR 3..tks atas jawabannya.

  49. janz says

    tapi katanya bcaklink itu sekarang seperti "babu" ya?
    konten is king.gt katanya sih….

  50. Kata Mutiara says

    Kalau untuk blog baru bagaimana, gan. apakah blog baru misalnya umur seminggu sudah boleh disiram banyak backlink? Soalnya banyak yg bilang harus didiamkan beberapa bulan. minimal sebulan agar diindeks secara natural. Tp ada jg yg berpendapat sebaliknya, blog baru harus sedini mungkin diajarkan mencari bl dan bertarung di serp?

    please reply.

  51. Jimmy Ahyari says

    Pertanyaan saya kembalikan, memangnya kenapa jadi ingin buru2? Semua perlu proses. Contoh link saya di atas saya peroleh setelah 3 tahun ngeblog.

    Boleh atau nggak, tergantung kualitas backlink yang diberikan. Saya pribadi pernah mencobanya untuk kontes. Domain 1 bulan sudah memiliki 10ribu backlink. Aman-aman saja. Intinya tergantung dari kualitas backlink. Tetapi, harus diimbangi juga dengan konten.

    Yang tidak boleh -menurut ane loh ya?-, blog baru, konten SEDIKIT, backlink BANYAK. Ini aneh. Jauhi yang begini. CMIIW πŸ™‚

  52. andre pandet says

    kalau bagi saya…
    saya bener2 binggung apa itu backlink dan seo..
    pengen sich punya blog dengan backlink banyak..
    tapi takut ntar di di anggap google spam..

  53. Rudyanto Lay says

    Memang tak dapat dipungkiri bahwa jumlah backlink masih menjadi salah satu penentu PR blog/website kita, itulah sebabnya kita harus selalu melakukan teknik-teknik SEO on page maupun off page secara berkala

  54. Ferdy says

    oh… gitu ya…
    baru tahu maklum newbie

  55. catatan harian says

    kliatannya pr mank nggak trlalu brperan, pr blog ane 2 tp trafficnya msh minim

  56. Juli suhendri says

    oh gitu ..
    jadi backlink masih menjadi salah satu penentu PR yaa .
    makasih bang infonya ..

  57. Aresta says

    ane bener bener mendapatkan ilmu di web ini terimakasih mastah infonya…
    Jalan jalan dulu ke artikel mastah yang lain

  58. bungas says

    meskipun ada isu backlink di anggap sebagai penarik seo,, tetapi backlink tetap berperan besar yha..mkasih infonya

  59. maselino.com says

    betul sekali bos, beklink masih berpengaruh, karena itu bagian dari marketing. Intinya agar orang mengenal blog kita. namun gencarnya beklink juga harus diimbangi dengan isi konten

  60. Randeezt says

    Yang jelas sering blogwalking ya gan…

  61. Siembah says

    Iyanih memang backlink masih berperan…situs saya juga statusnya sama..perlu backlink banyak

  62. Terminal Informasi says

    wah… bner2 bermanfaat nih artikel. tp mas, teman saya yg ikut kontes trus menang katanya gk pake BL malah otak-atik kode CSS HTML nya saja katanya [gk tau bnr gk tau gk] saya juga heran koq bisa…

    mohon pencerahannya..

    keep blogging
    salam blogger jogja

  63. the best tips says

    saya kira masih sangat penting karena paten google adalah berdasarkan backlink dalam SERP-nya

    1. prstyo says

      betul, saya seetuju

  64. kowandy says

    masuk akal juga ya..waduh2…

  65. blogwawan says

    wew,selama ini saya terus cari blog yang dofollow hehe
    termasuk blog mas ini hehe
    thanks mas buat pencerahannya,backklink dofollow sm nofollow kudu seimbang yah
    thanks mas ahyari πŸ˜€

  66. Ambalan Krsna Radha says

    Memang tak dapat dipungkiri bahwa jumlah backlink masih menjadi salah satu penentu PR blog/website kita, itulah sebabnya kita harus selalu melakukan teknik-teknik SEO on page maupun off page secara berkala

  67. jasa pembuatan websi says

    saya kira blog dofollow ja yang bisa serp kt bagus malah bisa mematikan… mulai sekarang saya musti berhati-hati juga…
    thanks infonya mas broo

  68. Teddy Amry says

    Seperti blognya mas ahyari ini. pasti banyak backlinknya kan?

  69. pideksa99 says

    wah bagus sekali. terima kasih tips dan ilmunya…

  70. septian says

    keren banget mas postingannya…

    ane baru sadar kita harus bijaksana dalam menanamkan backlink…

    πŸ™‚

  71. persip says

    info yang sangat bermanfaat sekali

  72. denni says

    thanks berat ya bro',artikelnya sangat bermanfaat bagi saya,tolong bagi2 kalau da info barunya, i'm wait

  73. christian tatelu says

    mantap mas…

    postingan ini meyakinkan saya bahwa backlink emang hidup matinya blog..

    salam kenal….

  74. wahyu says

    tanya mas bro…klo comment yang di anggap SPAM ma google itu yg gimana ya mas?

  75. ENTERTIC.com says

    BLOG INI PUNYA PR BERAPA?

  76. Bordir says

    Saya setuju sama kang ahyari bahwa backlink masih berpengaruh dan berperan dalam SEO, backlink bagaikan silaturahmi dlam kehidupan kita sehari hari.

  77. Nuno says

    Makasih tips tentang backlink, nyari juga yang nofollow

  78. Asri says

    wah keren nih tulisannya…sukses selalu mas..

  79. Puisi says

    Tapi gak seutama dulu kan mas pentingnya?

  80. Download Game and Mo says

    Waw banyak banget backlink yang harus di kumpulin untuk PR 4..
    Tetap semangat !!!

  81. merdekapost says

    Thank’s infonya. sangant bermanfaat

  82. Budy says

    iya betul, yang penting backlink berkualitas.

  83. Arimurti says

    Thanks banget Infonya,, ternyata Backlink juga masih bermanfaat….dan berpengaruh Y…..thanks sekali lagi atas sharingnya

  84. cepat punya anak says

    mau tanya,apa ada untungnya kalau blog kita di ubah menjadi dofollow???

  85. cepat punya anak says

    saya mau tanya apa untungnya blog kita jadi dofollow

  86. squidy says

    kayaknya harus bekerja di kantor google biar tahu algoritmanya. :))

  87. Gunawan says

    Saya baru dalam dunia blogging dan apalagi soal seo. So, postingannya sangat bermanfaat sekali dan untuk backlink saya akan berusaha mencari backlink yang sesuai dengan tips dari anda
    terima kasih banyak

  88. mbah ngawean says

    wah masih baru dalam dunia blogger jadi harus lebih banyak info ni.
    terima kasih bang atas artikelnya jadi nambah wawasan sedikit

  89. Warga Citeureup says

    Namun dari sekian blogger seantero menurut saya belum terlalu memahami peran backlink itu sendiri, termasuk saya in contohnya..Mungkin banyak juga mereka hanya ikut-ikutan trend trik seo.

  90. Ruang Inspirasi says

    Ini peryataan lugu barangkali, saya baru tahu kalau kita bisa lihat backlink di blog kita dari google webmaster tool setelah baca artikel ini. Maklum gan, saya tidak pernah utak-atik webmaster karena memang ga tau betul fungsinya.

    Terima kasih deh ulasannya, shg saya nyadar bisa liat backlink blog di webmaster tools hehehehe πŸ™‚

  91. Lisa says

    hahahaha…

    banned aja ah B)

    dasar mbah google, emang pintar, ane setuju sama author, emang harus terkesan natural…

  92. Wawan Setiawan says

    Makasih om infonya, backlink emang hidup matinya blog ya?
    Kunjungi blog ane juga ya om?

  93. Rifandst says

    Betul sekali….kita jgn terlalu memburu jumlh backlink apalagi dngn cara yang membabi buta…bisa puluhan atau ratusan setiap harinya…artikel ny bagus…

  94. rizky says

    waduh..brp lama ngumpulin backlink sebanyak itu…

  95. Info Indonesia says

    Mau tanya, kalo social bookmarking masih ngaruh gak sih sama algoritma yg sekarang? soalnya kemaren submit beberapa artikel gak ada yg naik πŸ™

  96. tono81 says

    terima kasih informasinya ya…………..

  97. tono81 says

    makasih informasinya ya……………

  98. ChorDering says

    Numpang belajar om.. Kalau blog butut aja bisa PR 4, yang ga butut gimana ya??? πŸ™‚

  99. zulfa.info says

    info bagus gan,,
    ane setuju kalo backlink emg penting …

  100. HHRMA says

    Thank you for the info,,

  101. Tabloid KPop says

    semoga tidak sia-sia cari backlink..:D

    tangkyu infonya.

  102. Toko Baju Korea says

    artikel yang sangat bermanfaat khususnya saya, mas Ahyari,,tanks buanget pokoknya, cz saya lagi naikkan ratting buat toko online saya,,hehe,mampir ya mas,,

  103. kwalitaspemuda.com says

    makasih gan atas artikel yang bermanfaat sprt saya masih pemula..

  104. Belajar SEO says

    wah mantap ni triknya. Tapi agak susah nyari link yang berkualitas

  105. ponco says

    backlink blog say kalo dicek pake http://www. dan http:// saja jumlah backlinknya kok beda ya gan.. kenapa tuh gan ? mohon pencerahannya (maklum newbie) :). Thanks gan sebelumnya….

  106. Jejak-jejak Hati says

    Info dari agan sgt bermanfaat buat ane yg bru bbrpa buln nie bljar ng'blog alias newbie.
    Thanks gan…ditunggu, info & tips2 selanjutnya.

    semangat 45…!

  107. beenero propolis says

    kerjaan nyari baclink ini yang kadang bikin males gan. btw, saya setuju "backlink" sangat penting bagi sebuah blog/website. thanks for sharing

  108. ainkbb says

    wah saya masih bisa donk dapet pr tinggi kalo sering nyari backlink…
    tapi apakah pr berpengaruh pada visitor?

  109. aga says

    ane setuju backlink sangat penting,tapi apakah semua tergantung backlink?

  110. Aji says

    Wah ternyata Link Building pengaruhnya gede banget ya Bro? Ane selama ini cuman fokus di On Page makanya kok naik turun,Thank's Gan tipsnya

  111. sutikno says

    kalo gitu, musti masukin backlink atu atu ya mas… hehe

  112. handaka says

    thank ,, ni sob sumpah benar benar bermanfaat sekali ni bagi saya ……. sampai ketemu ke post selanjutya ,,ok

  113. Fattah says

    Kalo mau ngitung perbandingan backlink yang nempel dengan dampak yang diperoleh secara signifikan, sepertinya akan sangat sulit dan membingungkan. IMO.

  114. Ilmu Kimia says

    kalo backlinknya beli kira-kira gimana pak?

    salam.
    My recent post Jenis Reaksi Kimia

  115. ady says

    saya lagi belajar back link niih…thanks ilmu ilmunya
    My recent post beda resin lewatit s80|c249| jual lewatit

  116. Sukses MLM Online says

    Hmm… Begitu ya… Google memang penuh misteri… πŸ™‚
    My recent post Pengertian SEO On Page Dan SEO Off Page

  117. ristizona says

    saya suka orang orang yg bereksperimen seperti anda, mempraktekkan langsung menjadi penglaman menarik daripada hanya sekedar membaca teori. nice post
    My recent post Manga / Komik Terpopuler di Jepang 2013 [W4]

  118. pulsa murah says

    Kunjungan perdana gan…Izin Liat2 skalian menimba ilmu…Ok…Thanks…!!!
    My recent post Cara Dan Ketentuan Cetak Struk PLN

  119. Solenoid says

    Backlinknya banyak bener yak, Analisanya bagus juga sob, ternyata harus imbang ya dalam menanam backlink yang dofollow dan nofollow.

  120. Chntya Larasati says

    Kalo munrut saya sih, yang penting artikel dulu aja yang berkualitas, nanti juga backlink nyusul. Infonya bermanfaat banget sob saya setuju dengan pendapat anda,

    Google tidak bodoh. Nanti algoritma Google akan bergumam :

    “Ini artikel koq, baru ditulis, link udah ribuan, semuanya dofollow pula… Mencurigakan, nggak natural banget… Banned aja aaaah 8)”

  121. Chintya Larasati says

    Kalo munrut saya sih, yang penting artikel dulu aja yang berkualitas, nanti juga backlink nyusul. Infonya bermanfaat banget sob saya setuju dengan pendapat anda,

    Google tidak bodoh. Nanti algoritma Google akan bergumam :
    "Ini artikel koq, baru ditulis, link udah ribuan, semuanya dofollow pula… Mencurigakan, nggak natural banget… Banned aja aaaah 8)"

    My recent post Puisi Untuk Sahabat Sejati

  122. Cara Sehat says

    Betul sekali mas, backlink masih berperan saya setuju banget itu, pernah saya bikin blog tnpa di isi backlink denan blog yang sengaja saya taroh ribuan backlink, hasilnya blog ribuan backlink yang menangwalau konten asal-asalan

  123. Setiawan Berbagi says

    Setuju banget mas, konten is king, backlink is queen.. πŸ˜€
    My recent post Cross Jumper C5, HP Dual SIM Murah Harga 300 ribuan

  124. Dunia Kuliner says

    Iya mas betul banget saya setuju πŸ˜€

  125. berita unik says

    setuju Gan, buktinya saya komen diblog ini

  126. Roni says

    Ternyata link nofollow juga pengaruh ya. kirain dofollow aja yang di pake mbah google. thanks pencerahannya bos

  127. supplier daging says

    Kok bisa sampe ratusan ribu gt gan backlink nya :ngiler:

  128. desain produk says

    Iya gan ane juga setuju, tapi kalo untuk saat ini konten juga sangat berpengaruh sekali gan…

  129. jasa animasi says

    Oh gt ya gan, slama ini ane pikir konten yang nomor satu

  130. sabut kelapa says

    awalnya aku belajar seo itu mudah, eh ternyata…. susah juga ya…
    Yuk, lihat tulisan sabut kelapa di USAHA BERBASIS SABUT KELAPAMy Profile

  131. putraindonesiamalang says

    artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu terima kasih atas masukan dan sarannya .salam sukses
    Yuk, lihat tulisan putraindonesiamalang di Puasa dapat menyembuhkan penyakit Maag. Benarkah demikian?My Profile

  132. Pamuji solusi says

    Mantap infonya apalagi saya yang pemula baca masalah backlink hanya bisa manggut manggut gan..
    Yuk, lihat tulisan Pamuji solusi di Gallery VeritraMy Profile

  133. whandi says

    begitu ya gan… selama ini ane malas sekali cari backlink, hanya memasang feed blogs ane di blogs lain.
    Yuk, lihat tulisan whandi di Kebijakan StabilisasiMy Profile

  134. Konsultan Pajak says

    Dari ulasan juragan, saya melihat benang merahnya yaitu algoritma Google boleh berubah dan diperbarui dari waktu ke waktu, tapi kwalitas dan kwantitas backlink (natural) tetap merupakan faktor yang sangat menentukan posisi suatu website atau blog pada SERP google ya gan..

  135. konveksi baju murah says

    oh berarti jangan pake dofollow semua ya mas ?
    kalo misalkan kita pake autobacklink gitu ngaruh gak mas > ?

  136. jual tempat sampah says

    kalo semisal saya ninggalin blog walking seperti ini , cuma rutin 1 hari 5 BL kira kira bisa ngangkat SREP ga mas ?
    Yuk, lihat tulisan jual tempat sampah di STANDING ASHTRAY ASBAK KOTAKMy Profile

  137. grosir alat kebersihan says

    asli nih ILMU BARU ! jadi tambah semangat buat nerusin heheh

  138. jasa web desain says

    Masa sih gan??
    Klo untuk 2014 ini gimana gan apa masih berlauk itu gan??

  139. minyak bulus asli says

    cara mengetahui backlink yg dofollow gmna yah om?? karena suka asal kalo nyari backlink
    Yuk, lihat tulisan minyak bulus asli di Tips | Cara | Senam | Membuat Payudara IndahMy Profile

  140. Megacara.com says

    Kalau menurut saya, selain jumlah backlink masih ada hal lain yang perlu diperhitungkan.. Sudah mas sebut bahwa umur domain berpengaruh untuk Page Rank.. Tapi perhatikan juga kualitas backlink yang anda dapat, semakin berkualitas maka semakin berpengaruh kepada page rank kita..

    Hanya opini loh πŸ™‚
    Yuk, lihat tulisan Megacara.com di Cara Membuat Website Sendiri GratisMy Profile

  141. M. Iman Santoso says

    Wah perlu banyak berburu backlink nihBtw blog dumy itu apa ya Pak? Maaf masih newbi

  142. furniture_jepara says

    Saya masih bingung bos cara bedain nofollow dan dofollow, mohon pencerahannya ya πŸ™‚

  143. Yudhistira Mawardi says

    sering cari backlink nih untuk mendapatkan PR seperti blog ini.
    Yuk, lihat tulisan Yudhistira Mawardi di 5 Tips Mencegah Rambut RontokMy Profile

  144. kata kata bijak says

    Dari ulasan juragan, saya melihat benang merahnya yaitu algoritma Google boleh berubah dan diperbarui dari waktu ke waktu, tapi kwalitas dan kwantitas backlink (natural) tetap merupakan faktor yang sangat menentukan posisi suatu website atau blog pada SERP google ya gan..

    R
    Yuk, lihat tulisan kata kata bijak di Kata Kata Mutiara Cinta Sejati Romantis TerbaruMy Profile

  145. jasa desain grafis says

    Gan cara tau backlink alexa gmn sih?? Kok backlink alexa ane dikit bgt yah?

  146. RiyantiYanti says

    Tutorial Yg Sangat2 Membantu Gan… Support U…!!! thanks.. Banget yach…!
    Yuk, lihat tulisan RiyantiYanti di Sony Xperia Z1 Saingi Kecanggihannya Kamera DigitalMy Profile

  147. Jendela Gosip says

    Backlink profile masih pengaruh ga ya?? beberapa sumber di web bilang masih pengaruh asal dengan DA diatas 50+ beneran ga tuh? hehehe
    Yuk, lihat tulisan Jendela Gosip di Pemilihan presiden 2014: Saling Klaim Menang, Pihak Etik Persepi Akan Turun TanganMy Profile

  148. Getrealty says

    Gimana ya caranya biar backlink yang kita lakukan bisa efektif dan menaikkan PR? n gmn caranya membedakan link Dofollow dan Nofollow? Share ilmunya ya mas… trims..

    1. Jimmy Ahyari says

      Kalau sobat menggunakan browser mozilla atau chorem, sudah ada addons bernama Seo Queke. Coba cari informasi ttg addon tsb. Selain mengetahui dofollow dan nofollow, addon tsb juga memiliki banyak fungsi πŸ˜‰
      Yuk, lihat tulisan Jimmy Ahyari di Memilih Lokasi Kantor yang TepatMy Profile

  149. Harga HP says

    Maih belum mudeng antara backlink dofollow dan nofollow. blm bener2 merasakan bagaimana kegunaa kedua jenis backlink tersebut. apa mas Jimmy punya pendapat?
    Yuk, lihat tulisan Harga HP di Harga Asus Zenfone 4 A450CG Spesifikasi TinggiMy Profile

  150. Berita Bola says

    nah untuk seo quake sendiri yang menunjukan link nofollow yang mana dan dofollow yang mana nie mas?
    Yuk, lihat tulisan Berita Bola di Gabung Bayern, Benetia Ingin Segera Dilatih Pep GuardiolaMy Profile

  151. pusat informasi harga says

    wah saya baru sadar pak, slama ini saya berpikir dofollow itu sangat penting, pantas masuk sandbox. hadeh….
    Yuk, lihat tulisan pusat informasi harga di Harga Samsung Galaxy Android Murah TerbaruMy Profile

  152. Nugik says

    Masih belum mudeng antara backlink dofollow dan nofollow. blm bener2 merasakan bagaimana kegunaa kedua jenis backlink tersebut.

    makasih deh uda share infonya
    Yuk, lihat tulisan Nugik di Software PSB OnlineMy Profile

  153. Arief says

    wah yang benar mas, tapi saya dapat info bahwa backlink sudah tidak brarti dalam penilaian google, yang mana yang benar, mohon pencerahannya kerna saya newbie
    Yuk, lihat tulisan Arief di Cara Ampuh Agar Status Facebook Banyak Yang LikeMy Profile

  154. Johan F Ananda says

    wah ini artikel sangat membantu sekali dan menambah pemahaman gua tentang backlink, thanks
    Yuk, lihat tulisan Johan F Ananda di Tukar Link With JF AnandaMy Profile

  155. Diet Hebat says

    kayaknya backlink memang penting banget deh, karena dari pengalaman tanpa backlink blog jarang buat naik ke atas πŸ˜€
    Yuk, lihat tulisan Diet Hebat di Cara Menurunkan Berat Badan dengan Sangat Cepat!My Profile

  156. Like Update says

    masih percaya sampai sekarang kalau backlink berperan om dalam sebuah blog, contohnya sekarang lagi cari backlink.. heheh
    Yuk, lihat tulisan Like Update di Inilah Feriyani Lim, Pelapor Ketua KPK Abraham SamadMy Profile

  157. FunWap says

    awalnya aku ga tau apa apa.tpi lama lama aku tau.bahwa backlink adalah aspek yang penting
    Yuk, lihat tulisan FunWap di Naruto Shippuden episode 400.3gp sub indonesia (Download Sekarang)My Profile

  158. Imam says

    Betul gan baclink masih sangat penting buat blog!!!!

  159. Daftar Hotel di Bukittinggi says

    Menyimak gan, diskusinya seru dan saya tetap belum faham … cakeup
    Yuk, lihat tulisan Daftar Hotel di Bukittinggi di Hotel Termurah Di Bukittinggi Ya Hotel D’enamMy Profile

  160. nur muis says

    Oh jadi gitu ya gan. makasih banyak infonya. sangat bermanfaat. πŸ˜€

  161. bursa hp baru says

    makasih om atas infonya, sangat bermanfaat bagi new bie seperti kita2, kita tunggu ilmu baru dari pian om
    Yuk, lihat tulisan bursa hp baru di Harga dan Spesifikasi Infinix Note 2 Januari 2016My Profile

    1. Jimmy Ahyari says

      Langsung komen setelah lihat link di facebook? Hihihi.. Berarti tadi belum klik G+ ya di form komentar? Ga dapet dofollownya deh πŸ˜†
      Yuk, lihat tulisan Jimmy Ahyari di 4 Data Metrik yang digunakan untuk Menganalisa SEO Situs AndaMy Profile

  162. Komentar Paling Penting says

    backlink di GWT jutaan, tapi dapat dari AGC,, alhasil, hilang langsung dari serp :v

    ikut komentar di blog pian yang fenomenal <3
    Yuk, lihat tulisan Komentar Paling Penting di Harga Tiket Air Asia dan Cara PemesananMy Profile

    1. Jimmy Ahyari says

      Jiahaha.. Mantaaab.. Nah, ini contoh yang recent postnya dofollow πŸ˜‰
      Yuk, lihat tulisan Jimmy Ahyari di Inspiring Seller Tokopedia Sambangi Tanah BorneoMy Profile

      1. Komentar Paling Penting says

        keren banar, ada kah menulis tutorialnya bang πŸ˜€ xixixixi :v
        Yuk, lihat tulisan Komentar Paling Penting di Harga Tiket Citilink dan Cara Pemesanan TiketMy Profile

        1. Jimmy Ahyari says

          Tutorial apa? Backlink jutaan? Menggawinya pun mulai 2008.. wkwkwk.. Jadi kada instan πŸ˜‰

  163. Honda Mobil Bandung says

    Intinya harus rajin menulis artikel yang bagus, bermanfaat dan tidak semata2 mengejar backlink saja ya…#haruskerjakeras hihithx artikelnya sangat bermanfaat
    Yuk, lihat tulisan Honda Mobil Bandung di Aksesoris Honda HR-VMy Profile

  164. meme coc says

    duh harus sabar yaa untuk proses backlink , udah juga buat “konten” yang menarik tapi ga begitu signifikan meningkat visitornya.. pake blog dummy lumayan juga ningkatkannya, terimakasih infonya
    Yuk, lihat tulisan meme coc di Formasi base TH 8 COC terkuat 2016My Profile

  165. Oyong Ilham says

    menurut saya kita menulis artikel yang berkualitas lbih dahulu … baru mncari backlink untuj mngkatkan Serp di google

  166. Mobilover says

    Backlink dasar penting, tapi content juga sangat penting,.. πŸ˜€
    yang pnting trus update aja, google tak pernah menganak tirikan haha.

  167. Rio Satrio says

    kerens mas jimmy ,, saya sedikitnya sekarang sudah mulai paham tentang backlink yang sesungguhnya dan ternyata setelah saya coba dengan cara yang disebutkan oleh mas jimmy ternyata memang benar posisi artikel saya di mesin pencari google lebih cepat naik dan juga lebih stabil tidak cepat turun. Terima kasih mas jimmy infonya πŸ™‚
    Yuk, lihat tulisan Rio Satrio di Daftar Tiket Masuk Tempat Wisata di GarutMy Profile

    1. Jimmy Ahyari says

      mantab bro.. sukses terus untuk blog yang sedang dibangun πŸ˜‰

Comments are closed.