Merubah Cek Amazon ke Amazon Gift Card (AGC)

Sewaktu menempuh pendidikan profesi Apoteker di Jogja, saya memilih “cek” (check) sebagai metode pencairan komisi dalam bermain affiliasi Amazon. Meski memakan waktu yang terbilang lama (cek sampai di tempat tujuan sekitar 2-4 minggu, pencairan di Bank mencapai 1-2 bulan; tergantung keadaan), saya tetap enjoy dengan metode ini. “Toh, tidak perlu uang cepat; yang penting bisa cair”, begitu pikir saya waktu itu.

Nah, sewaktu balik ke Banjarmasin, saya menerima kembali cek Amazon. Dengan hati berbunga-bunga, saya membawanya ke Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia (nyundul bentar πŸ˜† ). Namun, apa hendak dikata. Ternyata, Bank Mandiri di Banjarmasin “tidak bisa” mencairkan cek dari Amazon tersebut. Saya malah ditanya yang aneh-aneh. Mungkin baru sekali ini ada nasabah yang mencairkan cek “aneh” Amazon.

Berbulan-bulan cek Amazon tersebut saya biarkan. Sempat terpikir untuk memberi bingkai biar bisa dipajang di dinding rumah sebagai penyemangat kalau-kalau lagi galau di dunia maya :mrgreen:

Tiba-tiba, ketika login di Amazon Associates Central, saya melihat tulisan di bagian bawah; bagian yang paling jarang dilihat (karena kalau login, saya selalu melihat bagian kanan atas layar monitor; tempat di mana nilai earning terpampang πŸ˜€ ). Kalimat yang saya lihat berbunyi:

What do you think?
Do you have a suggestion or comment about Associates Central website? Let us know.

Saya memberanikan diri untuk mengirim pesan melalui form yang tersedia. Dalam bahasa Inggris yang grammar-nya tertata rapi, saya mencoba “mengajukan” permohonan untuk Merubah Cek Amazon ke Amazon Gift Card (AGC). Besoknya, saya mendapati sebuah email dari CS Amazon yang berbunyi:

Hello Jimmy Ahyari,

I’m sorry to learn that you are not able to cash the check. I have contacted the payments department to have the check voided and the funds reissued as a gift certificate.

I’ll follow up with you via e-mail once I have confirmation from our accounts payable team that the payment has been resent. This generally takes 2-3 weeks.

Thank you for your patience in this matter.

Thank you for your inquiry. Did I solve your problem?

If yes, please click here: *link censored*
If no, please click here: *link censored*

Best regards,

Amber M.
Amazon.com Associates Program

Wow.. 2 hingga 3 minggu prosesnya. Ga papa lah, dari pada cek-nya hanya jadi kertas, lebih baik menunggu πŸ˜‰

Akhirnya, tepat hari ini; pagi, nada dering email di iPhone pun berbunyi. Saya lihat sepintas dari tampilan depan menu notifikasi:

Amazon.com Gift Card | Inbox Amazon sent you an Amazon.com Gift Card! – A GIFT FOR YOU! Hello, Jimmy Ahyari, you’ve received a $xxxxx Amazon.com…

Amazon Gift Card
Amazon Gift Card

Alhamdulillah. Ternyata permohonan untuk peralihan dari cek ke Amazon.com Gift Card (AGC) disetujui.

Dari sini saya mengambil kesimpulan, jika pintu satu tertutup, masih ada pintu lain yang terbuka (pepatah lama yang terjadi di tahun 2013 ini #lebay). So, gunakan setiap peluang dan kesempatan yang ada πŸ˜‰

Anda pernah mengalami hal serupa? Atau Anda memiliki pengalaman lain tentang mencairkan hasil pendapatan dari Amazon? Mari berbagi πŸ™‚

-Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Post Comment

CommentLuv badge