Tips Memilih Nama Domain yang Baik dan Bagus untuk Blog Anda

www.Ahyari.net – Memilih nama domain untuk blog merupakan salah satu langkah untuk “sukses” di dunia blog atau internet marketing. Cobalah untuk berfikir bahwa nama domain sebagai sebuah brand atau merek blog/website Anda. Sebab, berbeda dengan “produk” lainnya, sebuah web atau blog sangat sulit untuk melakukan rebrand jika suatu saat kita ingin menganti atau memilih nama yang berbeda dengan nama ketika Anda pertama kali membuatnya. Beberapa orang menganggap remeh tentang proses pemilihan nama domain yang baik ini. Namun, saya sangat mengharapkan Anda bisa serius sehingga bisa mengambil keputusan yang tepat dalam memilih domain.

Tanamkan dalam pikiran Anda paragraf pertama di atas, kemudian pilih nama domain terbaik dengan tips dan beberapa tools yang akan kami sajikan di artikel ini.

Pertimbangan dalam Memilih Domain

Meski di awalnya terdengar sulit, namun memilih domain sebenarnya sangatlah sederhana. Ada beberapa ukuran atau poin-poin “sederhana” yang bisa membantu Anda dalam mengevaluasi sebuah domain kemudian memutuskan untuk mengambil domain tersebut atau tidak. Berikut ini adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih domain.

Kata Kunci

Kata kunci atau Keywords memainkan peran yang cukup penting dalam nama domain. Kata kunci yang baik pada domain juga sedikit-banyak membantu dalam meningkatkan peringkat di mesin pencari. Akan tetapi, mendapatkan kata kunci yang oke ini umumnya sudah sangat sulit. Misalkan Anda ingin membuat blog bertopik mobil kemudian memutuskan untuk memilih mobil.com. Kata kunci dengan 1 kata pada domain sangat langka. Jikapun ada, tentu sudah dimiliki oleh orang lain dan jika dijual, harganya sangat mahal. Dan ingat, semakin hari, kemungkinan kata kunci yang ada akan terus meningkat. Di sinilah kreatifitas diperlukan untuk mendapatkan domain berkata kunci. Misalkan saya ingin membuat blog mobil bekas murah, saya membeli HargaMobilBekas.xyz (saat ini ekstensi domain sudah sangat banyak, jika tidak ada .com, .net, .org, .info, bisa mempertimbangkan ekstensi lain -seperti saya yang memilih .xyz).

Merek

Merek atau Branding terkadang “dilupakan”. Padahal, pengguna atau pengunjung kita bisa mengenali sebuah brand dari nama. Pada poin ini, nama domain haruslah mudah diingat, tidak terlalu panjang dan eye catching untuk memastikan pengunjung tidak lupa dan dengan mudah mengetikkannya di browser. Terkadang, domain dengan kata atau kalimat yang tidak relevan justru memiliki kekuatan tersendiri. Contoh sederhana adalah Google.com. Jika mengikuti kata kunci dan fungsi dominannya, seharusnya mereka menggunakan SearchEngine.com. Kata Google tidak ada kaitannya sama sekali dengan mesin pencari tapi lihat sekarang, siapa yang tidak kenal Google? Bahkan dalam kamus Oxford, Google dimasukkan ke dalam perbendaharaan kata sehingga ada istilah Googling (mencari di Google). Jadi, selalu ingat tentang branding ketika mendaftarkan sebuah nama domain.

Contoh lain, jika kita memiliki usaha baju distro dengan merek Pasti Pas, jika mengingat merek, sebaiknya nama domain adalah PastiPas.com terlebih jika nanti usaha Anda besar dan produk Anda dikenal, nama PastiPas.com pasti lebih “menjual” dibanding bajudistro.com.

Jumlah Huruf, Tanda “-” dan lainnya

Semakin sedikit jumlah huruf (semakin pendek nama domain) akan semakin baik karena mudah untuk diingat. Akan tetapi, jangan juga membeli domain karena panjang-pendek-nya. Akan percuma membeli nama domain tzkjh.com karena nama domain ini sangat-sangat tidak berkaitan dengan niche atau topik apapun. Belum lagi pengucapannya yang membingungkan. Anda juga bisa menggunakan hyphens (-) tanda pisah. Namun, saran saya HINDARI nama seperti ini jika masih ada pilihan tanpa tanda pisah. Hindari juga penggunaan nama dengan huruf yang sama berdampingan karena ada potensi kesalahan ketik (typo) sehingga berakibat kehilangan traffic/kunjungan. Contohnya saja seperti easywordpresssetting.com. Ini akan membinggungkan user.

Ekstensi Domain

tips memilih nama domain

Yang terpopuler saat ini adalah .com. Jika ingin membangun brand, pilih .com terlebih dahulu. Meski demikian, Anda tidak harus merasa dibatasi untuk memilih domain di luar itu. Seperti saya yang membeli Teknologi.info untuk membuat blog yang membahas tentang berita teknologi dan hal terkait lainnya. Bisa juga mempertimbangkan ekstensi sesuai dengan situs yang nanti dibangun. .org jika sebuah organisasi, .asia jika usaha atau target Anda adalah kawasan Asia dan lain sebagainya. Namun, tetap saja .com memiliki nilai lebih dan paling banyak dipilih karena kebanyakan masyarakat awam selalu ingat .com dibanding ekstensi lain. Bagaimana dengan Ahyari.net ini? Mengapa tidak menggunakan Ahyari.com? Sederhana saja, karena saya blogger matre, ketika domain Ahyari.com sudah meraih “gelar” disabled domain dari Google Adsense, saat itu juga saya pindah 😆

Tempat Registrasi Domain

Di dunia ini, ada ratusan tempat untuk mendaftarkan nama domain (Domain Registrars). Namun, Anda harus waspada adanya kemungkinan SCAM di sebagian website penjual domain. Saya pernah membaca bahwa ada domain registrars yang “menghilang” setiap 3 bulan sekali kemudian muncul kembali dengan nama berbeda. Yang dirugikan? Tentu saja kita-kita sebagai konsumen yang membeli di sana. Saya pribadi menyarankan untuk membeli domain dari situs-situs yang memiliki reputasi bagus. Ada beberapa yang bisa Anda pilih:

Godaddy – Salah satu raksasa Domain Registrars. Anda bisa mendaftarkan nama domain di situs ini dengan penuh percaya diri karena mereka tidak akan pergi ke mana-mana 😀

Namecheap – Sesuai namanya, pada periode tertentu, diskon yang disajikan gila-gilaan! Anda juga tidak perlu ragu dengan perusahaan satu ini

Name – Perusahan registrasi nama domain satu ini juga cukup terkenal dan kredibel.

Di 3 tempat itulah saya biasa membeli nama domain. Tidak harus di 3 tempat tersebut, Anda bisa menambahkan pilihan Anda (berdasarkan pengalaman terbaik) di kolom komentar nantinya 😉

Tools Memilih & Mendaftarkan Domain

Dengan banyaknya tools di dunia maya ini, terkadang cukup “sulit” memilih di antaranya. Dari beberapa yang pernah saya coba, beberapa sangat membantu dan yang lainnya hanya membuang-buang waktu :mrgreen: . Berikut beberapa tools terkait nama domain yang biasa saya gunakan dan bisa Anda jadikan referensi 😉

Domai.nr

Situs Domainr

Domai.nr merukan tools berbasis situs yang bisa membantu Anda mengekplorasi berbagai macam Top Level Domain (TLD). Situs-situs besar seperti del.icio.us atau last.fm merupakan hasil eksplorasi berbagai macam ekstensi. Apakah ada yang terbayang domain icio.us malah menjadi del.icio.us (delicious)? Sama seperti blog personal saya yang lain jim.my.id (Jimmy) 😛 . Tentu saja, selain ekstensi “aneh”, domai.nr juga menyajikan data ekstensi yang popular. Tools ini sangat membantu Anda dalam “bermain” kreatifitas. Contoh lain? Blog milik Matt Mullenweg sang pendiri WordPress yang beralamatkan di ma.tt.

NameBoy

Buy Domain Name URL Finder Buy Domain Names

NameBoy merupakan generator nama domain yang cukup populer. Penggunaannya sangat mudah karena tools ini langsung menanyakan “Primary Word” dan “Secondary Word” yang mengambarkan tentang topik blog yang nanti dibangun. Berdasarkan data yang Anda masukkan, NameBoy akan memberikan saran untuk nama domain yang mungkin bisa digunakan.

Domains Bot

Available domain suggestions expired and expiring domain name whois lookup DomainsBot

DomainsBot bisa dibilang sebagai mesin pencari domain dengan fitur “Advanced” sehingga Anda bisa melakukan kostumisasi dan menentukan domain seperti apa yang Anda cari. Misalnya, Anda bisa melakukan pengaturan untuk panjang/jumlah karakter untuk memfilter domain atau mengatur untuk tidak menampilkan domain dengan tanda pisah (-).

Dot-o-Mator

Dot o mator Domain Company Name Ideas Generator

Dot-o-Mator merupakan sebuah tools berbasis website yang memberikan saran berdasarkan “prefixes” dan “suffixes” kata kunci (keywords) yang Anda ketikkan. Prefixes ini misalkan saja Games atau Tech dan Suffixes seperti Network atau kata Web 2.0 dan hasil akhirnya akan muncul nama domain dengan ketentuan yang Anda masukkan. Setidaknya, tools ini bisa memberikan inspirasi nama domain untuk blog.

Dyyo

dyyo The four 4 letter domain name specialist

Dyyo ini memiliki spesialisasi dalam menemukan domain dengan 4 karakter sehingga domain yang dihasilkan memiliki jumlah karakter sesingkat dan sependek mungkin.

Situs Lainnya

Situs www.stuckdomains.com khusus menyediakan database untuk domain-domain yang telah kadaluarsa (expired) atau yang tidak diperpanjang oleh pemilik terdahulu. Ada juga portal pencarian domain di domize.com dan www.bustaname.com.

Nah, bagaimana? Sudah siap berburu nama domain yang keren dan brandable? Anda memiliki situs khusus untuk mencari dan menentukan nama domain lain? Silakan berbagi di kolom komentar 🙂

11 komentar pada “Tips Memilih Nama Domain yang Baik dan Bagus untuk Blog Anda


    1. Domain ni harganya pertahun sekitar 150rb aja.. Hosting/server untuk awal kisarab 500rb/tahun.. Kalau membangun sendiri, seitu pang harganya.. Tapi kalau minta ulahkan, tergantung kahandak harganya tu.. Ada harga ada rupa

      Reply
  1. terima kasih referensi nya mas… Kalau pilih hosting bagus seperti apa mas ,,, dan saya pengen tau cara membuat daftar isi seperti diatas itu bagaimana caranya ? Bisa di kasih tutorialnya mas ,,,

    Makasih sukses selalu

    Reply

Post Comment

CommentLuv badge