Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Self Hosted WordPress

www.ahyari.net – Tentunya bagi kawan-kawan yang nge-blog dengan WordPress tahu bahwa WordPress (WP) memiliki 2 Versi dalam hal installasi, yaitu:

  1. Blog WordPress pada WordPress.com – silakan lihat blog Saya yang ada di WordPress.com, http://71mm0.wordpress.com (selanjutnya akan Saya sebut sebagai WP.com)
  2. Blog WordPress yang diinstall Sendiri (Self Hosted) – silakan lihat perbedaan dengan blog Saya yang diinstall dan di hosting berbayar (self hosted), https://www.ahyari.net (selanjutnya akan Saya sebut sebagai WP.org)

perbandingan wordpress com dengan wordpress org

Meski sama-sama “ber-mesin” WordPress, namun terdapat perbedaan besar dalam hal “kebebasan” berkreasi dengan tampilan, fungsi, themes dan plugins serta “biaya”. Apa perbedaan antara keduanya?

Baik, untuk lebih jelas, silakan lihat keterangan berikut:

  1. Blog pada WP.com TIDAK bisa ditambahkan themes baru, WP.org BISA (padahal terdapat RIBUAN themes untuk WP yang bisa didownload GRATIS)
  2. Blog pada WP.com TIDAK bisa ditambahkan Plugins, WP.org BISA (Plugins seperti layaknya sebuah aplikasi tambahan yang bisa kita aktifkan atau non-aktifkan, sehingga membuat WP.org lebih KAYA fitur dan fungsi disbanding WP.com)
  3. Blog pada WP.com TIDAK bisa dipasang JavaScript, WP.org BISA (JavaScript biasanya digunakan oleh para penyedia layanan iklan, sehingga blogger bisa mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut seperti google adsense, chitika, adbrite dll dan hanya WP.org yang bisa karena mendukung JavaScript, sedangkan WP.com tidak bisa)
  4. Blog pada WP.com, para penggunanya TIDAK diizinkan untuk me-monetize (memperoleh penghasilan dari segala macam bentuk “Make Money Online”), WP.org BISA. Jika Ketahuan, blog Anda pada WP.com akan dibanned / diblokir!
    update 28 september 2017: WP.com bisa dimonetize dengan layanan dari WordAds.
  5. dll…… (ada yang ingin menambahkan? 😉 )

Nah, meskipun WP.org lebih unggul dalam hal costumize (apapun yang “terlihat” dapat kita ubah sekehendak hati) dan SEJUTA kebebasan lainnya yang tidak dapat ditemukan jika kita nge-blog melalui WP.com, mengapa “orang-orang” enggan memilih WP.org?

Berikut hal-hal yang diperlukan (dan terkadang membuat “sebagian” orang enggan 😛 ) dalam membuat blog dengan WP.org:

  1. Wajib memiliki (beli) domain sendiri (*.com *.info *.net *.org *.us *.uk dll). Harga satu buah domain berkisar antara $5-$10 yang berlaku untuk 1 tahun.
  2. Wajib memiliki (menyewa) webhosting (webhosting layaknya sebuah harddisk tempat kita menyimpan data di dunia maya). Webhosting ini ada yang disewa perbulan dengan harga $4-$100lebih dan ada yang pertahun langsung (lebih irit jika bayar langsung 1 tahun).
  3. Karena di hosting sendiri, sehingga dari proses upload file ke hosting/server, installasi, perawatan (backup data secara berkala) sampai ke perbaikan dilakukan sendiri oleh sang empunya blog.
  4. dll… (ada lagi yang ingin menambahkan?)

Setelah Anda membaca 3 Point diatas, apa yang Anda pikirkan? Mungkin Anda akan berpikir “Pantas saja orang-orang pada enggan, habisnya biaya yang dikeluarkan serta ke-ribet-an-nya. Mending WP.com aja deh, tinggal registrasi, beres deh, paling-paling duit yang keluar cumin buat biaya internet”

Jika demikian, Saya acung jempol untuk Anda atas sifat kritis dan mengemukakan pendapat Anda.

BTW, Anda sudah melihat perbedaan WP.com dan WP.org yang Saya sebut di awal tulisan ini? Apa yang dapat Anda simpulkan?

Mungkin Anda akan menyimpulkan:

  1. www.ahyari.net lebih leluasa dikostumisasi baik theme, penempatan iklan dsb; dibanding 71mm0.wordpress.com yang tampil standard dan apa adanya.
  2. www.ahyari.net punya alamat (URL) yang pendek sehingga mudah diingat dan diucapkan sedang 71mm0.wordpress.com, duh capek ngomongnya 😛
  3. dll…

Tertarik membangun WordPress dengan membeli dan menyewa domain serta hostingnya sendiri?