Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

6 Mitos dalam Dunia Internet Marketing

Ahyari.Net – Semenjak meledaknya Make Money Online (mendapatkan uang dari internet) sekitar akhir tahun 2007 (pengamatan objektif), semenjak itu pula berbondong-bondong orang mulai membahas hal-hal yang berbau Internet Marketing, Bisnis Online atau apapun namanya. CELAKANYA, saat itu kebanyakan website/blog yang menawarkan program-program -yang katanya- penghasil uang, terlalu “berlebihan”. Perhatikan kalimat promosi berikut:

Ingin penghasilan 20juta Rupiah per bulan? Beli ebook ini! (ujung-ujungnya malah disuruh menjual kembali ebooknya alias reseller nyerempet-nyerempet affiliate).

Yah, dalam dunia marketing sih, sah-sah saja membuat kalimat promosi seperti itu. Hanya saja, harus diimbangi dengan kualitas dan pemberian materi edukasi berkesinambungan/berkelanjutan. Maksudnya, tidak semua orang mengerti apa yang harus dilakukan. Bahkan ada orang yang diberi alamat website www.contohalamat.com; malah mengetikkannya di kolom pencarian google.

Hasilnya? Banyak orang yang “salah kaprah”. Mereka berfikir, kalau mencari uang di internet itu lebih mudah; dan tentu saja lebih menghasilkan. Akhirnya menjadi MITOS (kalau boleh saya menyebutnya mitos) duduk-duduk saja dapat duit semakin merajalela.

Ok. Mungkin saya berlebihan dalam memaparkannya. Namun, kurang lebihnya begitu hingga akhirnya saya mulai mencari dan menganalisa data yang ada (halah 😳 ) dan akhirnya saya mendapatkan kesimpulan 6 Mitos dalam Dunia Internet Marketing yang WAJIB direnungkan untuk para pemula atau yang ingin terjun di dunia Internet Marketing.

Sekali lagi, tulisan ini hanya diperuntukan untuk yang ingin terjun ke hutan rimba internet dan para pemula (termasuk saya sendiri) tanpa maksud menggurui. Berikut 6 Mitos dalam Dunia Internet Marketing yang HARUS Anda perhatikan agar tidak salah persepsi tentang internet marketing:

  1. Internet Marketing itu MUDAH.
    Hal ini merupakan mitos yang paling banyak disalahartikan. Mungkin di luar sana ada orang yang memang bilang mudah, tapi lihat pengalaman mereka; berapa kali mereka jatuh bangun hingga usahanya stabil. Untuk itu, saya berani bilang kalau Internet Marketing itu SULIT. Sulit bukan berarti tidak bisa. Jangan pernah meremehkan atau menganggap mudah. Semuanya perlu waktu, tenaga, biaya dan pengorbanan lainnya.
  2. SETIAP orang BISA menghasilkan uang dari Internet.
    Guys, secara gamblang dan sederhana, hal ini hampir tidak mungkin. KECUALI anda terus mempelajari ilmu-ilmu terkait dan take action. Percuma beli ebook bagaimana mendapatkan $100/hari kalau Anda hanya berfikir “asyik, bisa dapat uang dalam waktu singkat; kalau dikali 30 hari? wooow.. Kaya banget jadinya gue”. Untuk bisa, Anda perlu ACTION! Ingat rumus ini: do NOTHING, make NOTHING.
  3. CEPAT Kaya!
    Ini jebakan paling ampuh bagi saya saat pertama kali mengenal dunia Internet Marketing. Mengapa? karena diluar sana banyak sekali SCAMMER (Penipu) yang memanfaatkan “keluguan”. Sekali survey dapat $25, ternyata cuman sekali itu saja. Sisanya, $1, $0,2 dst. Akhirnya, yang cepat kaya adalah para scammer yang “memperkerjakan” kita. Sadar kawan! Kaya tidak terjadi dalam 1 malam.
  4. Bisnis secara Online itu GRATIS
    Ini mitos yang paling saya suka. Anda juga? 😆 . Saya bertahan dengan prinsip ini selama 1 tahun lebih. Owh.. Ternyata.. Mungkin yang dimaksud gratis adalah biaya memulai yang kecil (tapi tetap tidak gratis; ke warnet saja harus bayar). Memang memulai bisnis online tidak perlu sebuah toko seperti di dunia nyata, tapi, biaya perawatan toko online anda, biaya sewa hosting, biaya promosi (kecuali anda master SEO; master SEO pun, dalam prosesnya pasti mengeluarkan uang; so TIDAK GRATIS). Ingat rumus ini: it takes money to make money.
  5. Sudah terlambat untuk memulai Bisnis Internet.
    Kalau mitos yang ke-5 ini sering kali berasal dari orang yang ingin terjun itu sendiri. Misalnya ada teman saya yang bertanya “Jim, kapan sih loe mulai mencari duit di Internet? Wah.. udah lama juga ya? Kalau aku sekarang sepertinya sudah terlambat ya? Belum lagi pesaingnya banyak”.
    Well, tidak salah sepenuhnya memang. Akan tetapi, setiap manusia itu terlahir dengan unik, termasuk kemampuannya. Temukan kemampuan Anda, dan Anda akan menjadi orang yang memiliki kemampuan khusus (bukan terbang loh ya?). Sama di dunia nyata; tidak ada kata terlambat untuk belajar atau lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. Mau contoh nyata? Lihat supermarket. Banyak sekali bukan? Kenapa masih saja ada orang yang membuka supermarket meski tahu supermarket sudah banyak? Karena mereka memiliki kemampuan melihat peluang; entah peluang dalam mendatangkan barang lebih murah dan berkualitas atau hanya sekedar memiliki lahan parkir yang lebih baik dari pada competitornya.
  6. $1000+/bulan? Mustahil!
    Ini kebalikan dari mitos no.3. Percayalah, jika Anda tahu ilmu dan menerapkannya, $1000 adalah hal yang kecil (bagi saya sih, $10 aja besar :mrgreen: ). Tapi, seperti yang saya bilang di atas “it takes money to make money“. Awalnya saya hanya menggunakan gratisan. Mengapa bayar kalau ada yang gratis? Begitu pikir saya waktu itu. Ternyata, untuk promosi yang lebih baik, diperlukan tools-tools yang -menurut saya- tidak murah. Misalnya Scrapebox ($97), SENuke ($179/BULAN) dll. Semuanya menjadi berguna jika Anda tahu cara memakainya. Untuk tahu caranya, anda harus belajar, belajar dan belajar. Googling, keluar-masuk forum, tanya-tanya dll.

6 Mitos ini bukan ingin menyindir siapa-siapa. Tulisan ini saya buat agar yang ingin terjun ke dunia internet lebih “matang” (emangnya telor?). Rencanakan langkah strategis apa yang ingin Anda raih 1 hari ke depan, 1 bulan ke depan, 1 tahun ke depan atau mungkin sampai Anda tua nanti.

Gagal dalam Merencanakan sama dengan Merencanakan Kegagalan

ke-6 Mitos di atas bukan untuk menakuti, melainkan untuk mengambarkan dunia bisnis online dari persepsi pribadi. Anda tahu berapa lama saya mendapatkan cek Google Adsense saya yang pertama? 8 bulan lebih semenjak kenal Google Adsense atau 1 tahun 2 bulan semenjak saya mengenal blog. Dolar yang PERTAMA kali saya peroleh sebesar $9 pada bulan Oktober 2008. Padahal saya memulai blog bulan Maret-April 2008. Kurang lebih 7 bulan baru menghasilkan $9. Padahal bayar domain $10 dan hosting $5/bulan? Minus bukan? :study: Begitulah sobat. Saya juga pemula seperti Anda 🙂 Yang penting, PANTANG MENYERAH ❗

Mudah-mudahan tulisan butut ini dapat menginspirasi siapa saja yang kebetulan membaca 🙂

Salam Sukses untuk Anda dan Keluarga.