Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Mempercepat Loading WordPress

Mempercepat Loading WordPress bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Tapi sebelumnya, mengapa kita perlu meningkatkan akses kecepatan loading blog WordPress kita? Apa yang terjadi jika loading blog kita lelet? Apa ada pengaruhnya di mata SEO?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, Saya akan bertanya dulu dengan Anda. Apakah Anda senang menunggu blog yang loadingnya lamaaaa? Apa yang Anda lakukan jika blog yang ingin Anda kunjungi sangat berat dibuka? Bukan tidak mungkin Anda akan menutupnya karena terlalu lama menunggu.

Bayangkan jika Anda pemilik blog yang isinya menawarkan jasa atau produk. Belum sempat dibaca pengunjung, blog Anda sudah ditutup. Apakah informasi yang ingin Anda berikan bisa sampai ke pengunjung? Ujung-ujungnya berimbas pada “tidak lakunya” jasa atau produk yang Anda tawarkan. Merugikan bukan?

Banyak faktor yang membuat blog bermesin WordPress menjadi lambat loadingnya. Di antaranya adalah kecepatan server tempat Anda menyewa hosting, banyaknya gambar atau animasi “penghias”, serta banyaknya script yang Anda gunakan dalam satu halaman (script chat, chatbox, dll). Solusinya, Anda bisa mengurangi gambar-gambar atau merubah desain menjadi minimalis. Minimalis tidak selalu buruk koq. Lihat website google. Sederhana sekali bukan?

Nah, ada beberapa cara untuk mempercepat loading WordPress Anda. Caranya terbilang mudah. Berikut di antaranya:

1. Optimize WordPress via CPANEL. Silakan Anda login ke CPANEL Anda dan cari program Optimize Website.

Optimize WordPress via CPANEL

Compress WordPress

Compress WordPress Selesai

2. Optimize dengan zlib Compression. Jika menggunakan cara ini, Anda harus yakin bahwa hosting / konfigurasi php mendukung. Caranya:

– buat sebuah halaman kosong berkestensi *.php misalnya ujicoba.php yang Anda simpan di public_html. Pastekan kode berikut:

<?php phpinfo(); ?>

– buka halaman tersebut. Misalnya alamatbloganda.com/ujicoba.php. Setelah terbuka, pastikan zlib header Anda enable. Jika belum enable, Anda bisa menghubungi pihak penyedia hosting.

– Jika sudah enable, pastekan kode berikut di header.php di baris paling atas:

<?php
ini_set(’zlib.output_compression’, ‘On’);
ini_set(’zlib.output_compression_level’, ‘1');
?>

– Simpan / Save.

– Untuk mengujinya, Anda bisa ke www.port80software.com/support/p80tools.asp

3. Optimize dengan Gzip Compression. Caranya, Anda tinggal paste kode berikut ke header.php theme yang Anda gunakan di baris paling awal:

<?php
if (substr_count($_SERVER['HTTP_ACCEPT_ENCODING'], 'gzip')) {
ob_start("ob_gzhandler");
}
else {
ob_start();
}
?>

Saya menggunakan teknik mempercepat loading WordPress yang ke-3 di BLoG kiTa. Lumayan meningkat. Bahkan sampai 4,3x lebih cepat dibanding tanpa kompresi.

Ternyata, sekarang google juga mempertimbangkan kecepatan loading suatu blog dalam menentukan peringkat di mesin pencari (SERP, Search Engine Result Position). Hal ini Google ungkapkan dalam tulisan mereka Using site speed in web search ranking. Ini berarti, secara tidak langsung, kecepatan loading suatu web / blog juga mempengaruhi SEO. Karena itu pula theme blog ini Saya ganti dengan yang lebih sederhana (ulasan ini Saya tulis di Design VS SEO). Hal yang sama juga Saya lakukan untuk ikut mengoptimasi bem-its.org bersama berkontribusi bagi bangsa on the net, Sport Supplement, Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace dan Salehdbrent Sgdashhousedotcom 😉

Nah, silakan pilih teknik Mempercepat Loading WordPress yang mana yang ingin Anda gunakan. Semoga bermanfaat 😉