Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Tips Memilih Kontes SEO

Halo para pemburu SEO =)) Apa kabar Anda? Masih suka ikut kontes SEO? Begitu banyak kontes SEO di tahun 2010 ini. Untuk bulan Agustus sampai Oktober saja, sudah ada beberapa. Namun, pernahkah Anda menyeleksi; kontes SEO mana yang harus/bisa Anda ikuti; mana yang harus Anda pikirkan; dan mana yang harus Anda tinggalkan?

Nah, berikut Tips Memilih Kontes SEO berdasarkan pengalaman Saya yang secuil:

1. Perhatikan waktu atau masa kontes SEO.

Umumnya, kontes SEO dilangsungkan selama 3 bulan; meski ada yang melaksanakan selama 2 bulan; bahkan, ada yang hanya 1 bulan! Anda mau bikin kontes SEO selama 1 minggu? 😀. Mengapa waktu atau masa kontes SEO ini harus diperhatikan?

Begini, yang namanya kontes SEO, peserta “disuruh” untuk menempatkan kata kunci tertentu di halaman pertama google (beberapa kontes SEO hanya menginginkan pemenang dari posisi 1 sampai 3; seperti eiknujomorp ). Percayalah, meraih posisi terdepan untuk suatu kata kunci di google itu sulit. Akan tetapi, ternyata, yang paling sulit adalah mempertahankan posisi yang sudah susah payah diperoleh.

Sebagai contoh, dalam kontes Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace, waktu yang semula dijadwalkan adalah 3 bulan. Yakni dari bulan Juni 2010 hingga Agustus 2010. Ups, tiba-tiba molor menjadi tanggal 26 September 2010. Ini artinya, peserta harus mengoptimasi lebih lama. Masalahnya adalah, ikut kontes SEO bukan seperti ikut kontes menulis. Kalau menurut Saya, lamanya waktu kontes berbanding lurus dengan waktu, biaya dan tenaga yang dikeluarkan. Artinya, semakin lama suatu kontes berlangsung, semakin besar pula waktu, biaya dan tenang yang dikeluarkan. Sebandingkah dengan hadiahnya? Perhatikan tips memilih kontes SEO no.2 berikut.

2. Hadiah Kontes SEO

Bukan bermaksud mata duitan, hanya saja, usaha dan juga tentu biaya (koneksi atau cemilan =)) ) untuk ikut kontes SEO itu tidak sedikit. Anda capek-capek ikut kontes SEO yang memiliki jangka waktu 3 bulan, dan pemenang pertama “hanya” mendapatkan domain dan hosting? Hey.. Wake up dude!

Mari berhitung. Berapa biaya koneksi internet yang Anda keluarkan perbulan? Bagi para pemburu SEO, tentu menginginkan koneksi yang cepat dan stabil. Taruhlah biaya perbulan untuk koneksi paling sedikit Rp. 200.000,- kemudian kalikan dengan 3 bulan, maka akan menjadi Rp. 600.000,-. Tanpa ikut kontes SEO pun, dengan uang 600ribu tersebut, Anda sudah bisa membeli domain dan hosting sendiri. Bahkan lebih! Kecuali Anda berniat sewa hosting yang lumayan mahal. Namun, rata-rata, hadiah hosting yang ditawarkan tidak lebih “wah” dari hosting yang bisa Anda beli dengan uang 600ribu rupiah.

Hal ini tidak masalah jika Anda memang seorang blogger yang cinta SEO; yang ingin terus mengembangkan prinsip SEO Anda 😉 Dengan kata lain, ikut kontes SEO sembari belajar SEO 🙂

3. Penyelenggara Kontes SEO

Tidak dapat dipungkiri, kredibilitas penyelenggara juga ikut ambil peran dalam menentukan ikut atau tidaknya dalam sebuah kontes SEO. Saya pernah mengikuti kontes SEO tentang bisnis pulsa, dan “secara kebetulan”, Saya menang. Saat itu, hadiah yang ditawarkan memang tidak bisa dibilang besar, yakni domain+hosting dan gratis keanggotaan bisnis pulsa mereka dengan saldo 200ribu rupiah (atau 300ribu rupiah ya?). Bukan tidak memperhatikan no.2, hanya saja, keanggotaan mereka -para pebisnis pulsa- “terlihat” ekslusif. Apa salahnya Saya pikir, toh Saya juga bisa berpenghasilan dari sistem yang mereka tawarkan. Hasilnya?

Domain dan hosting memang Saya terima, tetapi hadiah keanggotaan yang mereka tawarkan, sampai hari ini tidak kunjung diterima. Beberapa waktu yang lalu Saya sms ke sms center milik mereka. Apa jawaban mereka? “Maaf, diluar dugaan kami, bisnis pulsa kami tidak berkembang“. Well, dengan kata lain bangkrut.

Berbeda dengan penyelenggara kontes SEO dunia. Sebut saja Promojunkie. Meski hadiah kontes mereka selalu besar (sekitar $1500; paling kecil $350), mereka selalu menepati janji dan selalu membayar. Selain itu, peraturan mereka jelas dan support-nya sangat mudah.

Ada juga penyelenggara kontes yang berasal dari Singapura, seperti kontes My Blogpost yang juga telah teruji kredibelitasnya dalam kontes SEO Salehdbrent Sgdashhousedotcom.

Untuk menghindari penyelenggara yang “nakal”, Anda bisa memperhatikan dari peraturan yang mereka buat. Kemudian dari kemudahan menghubungi pihak penyelenggara. Ketegasan (karena ada penyelenggara yang seenaknya merubah peraturan) dll.

4. Kata Kunci dalam Kontes SEO

Ini penting untuk mempertimbangkan kerapatan atau tingkat persaingan. Pernah suatu ketika ada kata kunci yang diperlombakan telah banyak ditulis orang, seperti Sports Supplement. Ini sedikit banyak akan menyulitkan. Selain itu, perhatikan juga jumlah kata dalam kata kunci karena jumlah kata berpengaruh terhadap strategi on page yang Anda terapkan. Jika dalam eiknujomorp hanya satu kata, Anda tentu akan mudah menghitung density keyword yang ada pada suatu halaman (untuk amannya, katanya berkisar 4-8%). Tapi bagaimana jika lebih dari 4 seperti Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace? Tentu tidak bisa kita perlakukan sebagaimana eiknujomorp yang satu kata.

5. ada yang ingin menambahkan tips memilih kontes SEO?

Yaah.. hanya sebuah unek-unek pengalaman pribadi. Tidak ada berniat menyinggung siapapun. Hanya ingin membuka pikiran para blogger pemburu SEO. Blogger “bisa” menentukan harga dari sebuah kontes SEO. Penyelenggara kontes SEO yang hanya latah ikut-ikutan menyelenggarakan kontes harus diberi pelajaran. Jangan biarkan mereka seenaknya mengadakan even dengan hadiah kualitas yang tidak sebanding dengan usaha para blogger.

Saya? Saya sih asik-asik aja.. Kalau ada waktu, meski hadiah kecil, Saya akan ikut. Tapi, Saya tetap pilih-pilih koq.. Maksudnya pilih-pilih kontes SEO yang memiliki kemungkinan menangnya paling besar. Ngapain Saya ikut kontes SEO yang hampir seluruh pesertanya master SEO semua? Saya mah sadar diri aja :mrgreen:

Bagaimana dengan Anda? Apa pertimbangan Anda dalam mengikuti kontes SEO? Atau Anda tergolong blogger yang senang ikut kontes SEO apa saja; yang tujuan Anda ikut bukan hadiah, melainkan pengalaman dan proses belajar SEO?

Yang manapun, be wise bro 😉