Waspada terhadap Theme WordPress Gratis

Ahyari.Net – Mengapa kita -para pengguna WordPress- harus Waspada terhadap Theme WordPress Gratis ? Begini, kemarin saya melihat-lihat theme WordPress (WP) untuk blog baru. Namun, saya ingin membantu dengan membuatkan mencarikan theme yang “pas”.

Karena tidak ingin tampilan standar ala kadarnya, sehingga perburuan theme gratis saya lakukan di Google, bukan di tempat direktori theme WordPress. Putar sana, putar sini, akhirnya saya menemukan theme yang cukup bagus sebagai dasar (karenaΒ  nanti akan dirubah sesuai keperluan).

Saat mau menambahkan beberapa tag html di bagian footer, saya melihat file yang ter-encode base64 seperti ini:

eval(base64_decode('aWYgKCFlbXB0eSgkX1JFUVVFU1RbInRoZW1lX2xpY2Vuc2UiXSkpI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'));

Anda pernah bertemu theme WordPress gratis dengan kode-kode aneh tersebut? Karena saya “gaptek”, sehingga memanfaatkan tool Encoder – Decoder – Translator -Binary untuk “memecahkan” kode aneh di atas. Hasilnya:

if (!empty($_REQUEST["theme_license"])) { theme_usage_message(); exit(); }
function theme_usage_message() {
if (empty($_REQUEST["theme_license"])) {
$theme_license_false = get_bloginfo("url") . "/index.php?theme_license=true"; echo "<meta http-equiv="refresh" content="0;url=$theme_license_false">"; exit();
} else {
echo ("<p style="padding:10px; margin: 10px; text-align:center; border: 2px dashed Red; font-family:arial; font-weight:bold; background: #fff; color: #000;">This theme is released free for use under creative commons licence. All links in the footer should remain intact. These links are all family friendly and will not hurt your site in any way. This great theme is brought to you for free by these supporters.</p>");
} }

Yah, masih beruntung isinya “cuman” melarang kita menganti link footer. Bagaimana jadinya jika isinya adalah malware yang bisa merekam aktivitas Anda seperti password, username, dll?

Ini dia yang harus diwaspadai para pengguna theme gratisan. Ada baiknya anda meneliti sebelum mengimplementasikan ke blog kesayangan Anda πŸ˜‰

Beberapa Tips menggunakan Theme WordPress Gratis:

  1. Hindari untuk menginstal theme WP gratis yang tidak termasuk dalam WordPress.org. Yah, memang theme yang ada di WordPress.org terbatas dan “jarang” ada yang “wah”. Namun, setidaknya theme yang ada di sana telah diseleksi oleh para sesepuh wordpress. Ini sudah dipastikan aman.
  2. Jika theme yang Anda dapat tidak termasuk dalam WordPress.org, sebisa mungkin cari tahu tentang si pembuat/developer. Mungkin saja si pembuat theme memiliki plugin yang terdaftar di WordPress.org. Ini bukti kalau si pembuat theme adalah orang yang dapat dipercaya. Bisa juga anda meminta pendapat dari orang yang pernah menggunakan theme yang Anda maksud.
  3. Backup, BackupΒ  dan Backup. Jangan lupa, untuk berjaga-jaga, ada baiknya Anda mem-backup terlebih dahulu blog Anda sebelum menginstall theme wordpress gratis yang tidak diketahui “tingkat kepercayaannya”.
  4. Jalankan TAC (Theme Authenticity Checker), Exploit Scanner, atau Theme Check, sebelum mengaktifkan tema.

Pertimbangkan untuk menggunakan theme premium (berbayar) jika kebutuhan Anda memang lebih utama. Harga bervariasi. dari $50 hingga $100 lebih.

Gratis dari WordPress? Dari Individu? Atau Nulled? (Harusnya berbayar tapi malah dibajak)

Jika memang gratis dari WordPress.org, hampir bisa dikatakan aman lah ini ya. Jika dari individu perorangan, ini harus waspada, terkecuali anda kenal baik atau sudah banyak testimonial pemakai. Namun, sebisa mungkin jangan menggunakan tema bajakan (Nulled Theme).

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus waspada terhadap tema WordPress bajakan atau nulled:

  • Keamanan: Tema WordPress bajakan atau nulled mungkin tidak terlindungi dengan baik dari serangan hacker. Ini berarti bahwa situs WordPress Anda dapat menjadi sasaran serangan dan data pribadi Anda dapat dicuri.
  • Kompatibilitas: Tema WordPress bajakan atau nulled mungkin tidak dikembangkan dengan baik dan mungkin tidak kompatibel dengan versi terbaru WordPress atau plugin lain yang Anda gunakan. Ini dapat menyebabkan masalah seperti error atau gangguan pada situs Anda.
  • Dukungan: Tema WordPress bajakan atau nulled biasanya tidak didukung oleh pengembang asli, sehingga Anda tidak akan mendapatkan bantuan jika Anda mengalami masalah dengan tema tersebut.
  • Legalitas: Menggunakan tema WordPress bajakan atau nulled dapat merupakan pelanggaran hak cipta, dan dapat menyebabkan masalah hukum bagi Anda dan situs Anda.

Oleh karena itu, lebih baik untuk menggunakan tema WordPress yang resmi dan legal, agar situs Anda aman, kompatibel, dan didukung dengan baik.

Kesimpulan untuk Theme WordPress Gratis

Apakah sepadan dengan risikonya? Ingat! Anda bekerja keras untuk mengembangkan blog Anda. Anda mungkin tidak menginginkan hasil kerja keras Anda dirusak. Selalu terapkan langkah-langkah di atas untuk antisipasi.

Baca juga: 15 Theme WordPress Terbaik dan Gratis!

Demikian tulisan kali ini. Semoga bermanfaat. Mudah-mudahan kita terhindar dari pengrusakan blog oleh tangan yang tidak bertanggung jawab. Teliti sebelum menginstall theme WordPress gratis Anda dengan Waspada terhadap Theme WordPress Gratis πŸ™‚

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Membongkar Mitos SEO dengan Jawaban Langsung dari Danny Sullivan

Ahyari.Net - Sumber informasi "utama" bagi para praktisi SEO mungkin akan bermuara di @dannysullivan dan @searchliaison. Baru-baru ini menggelar sesi tanya jawab yang membahas sejumlah isu krusial terkait Google Search. Berikut adalah poin-poin menarik dari diskusi tersebut. 1. Mitos seputar...

Tahun Depan Google Adsense Tidak PPC Lagi, tapi CPM! Apa Artinya?

Ahyari.Net - Dini hari tadi, sekitar 14 jam yang lalu atau tepatnya pukul 03:28, saya mendapatkan email dengan subjek "Evolving how publishers monetize with AdSense" yang isinya kurang lebih:Google AdSense akan merubah cara mereka membayar publisher (penerbit). Mereka akan...

Apa yang Terjadi di Dunia SEO? Rangkuman Pembaruan Terbaru Google Search (Oktober 2023)

Ahyari.Net - Pada episode Oktober Google Search News, John Mueller kembali dengan berita terbaru tentang dunia SEO. Dalam video ini, dia membagikan informasi tentang sejumlah pembaruan penting yang terjadi dalam ekosistem Google Search pada bulan Oktober 2023.Mari kita lihat...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!