Google Adsense

Adsense merupakan salah satu program bisnis terfavorit di internet, yang membayar setiap anggotanya untuk memasang iklan pada web/blog mereka (mirip PPC ya? Memang PPC koq, hanya saja -silakan baca keterangan di sini-). Setiap ada pengunjung yang melakukan klik pada iklan tersebut maka pemajang iklan (publisher) akan mendapat dollar dari google.

Cara kerjanya simpel banget; setiap ada pengunjung yang mengklik iklan yang dipasang di blog Anda, maka google akan mendapat bayaran dari pemasang iklan. Dari situlah google mendapat uang untuk membayar Anda.

Pembayaran dilakukan via cek saat dollar Anda terkumpul minimal $100 setiap awal bulan. Jika pada awal bulan Anda belum sampai $100, maka uang tersebut akan diakumulasikan ke bulan berikutnya.

Setiap iklan memiliki rate yang berbeda-beda dalam pembayaran. Unfortunetly sampai saat ini google belum memberikan kejelasan tentang hal ini. Yang jelas Anda dibayar berdasarkan dengan jumlah klik yang terjadi pada iklan yang Anda pasang. Semakin banyak pengunjung yang meng-klik iklan Adsense di Blog Anda, maka makin besar pula uang yang Anda dapat (Jangan sekali-kali mengklik sendiri, karena pihak Google Adsense akan mem-banned/memblokir Account Anda).

Mungkin Anda bertanya, “bagaimana mendapatkan banyak uang dari program ini?” Jawabannya mudah (atau sulit?), usahakan supaya banyak pengunjung ke situs/blog Anda. Makin banyak pengunjung maka makin besar kesempatan iklan dari Adsense yang Anda pasang di-klik oleh si-pengunjung. Selain itu, taruh adsense di tempat yang mudah terlihat oleh pengunjung. Sehingga dengan begitu kesempatan terjadinya klik-i-sasi akan semakin besar :D.

Ups! Hampir lupa, Google Adsense hanya tampil pada situs/blog berbahasa Inggeris (meskipun ada beberapa “trik” agar adsense dapat muncul pada situs/blog berbahasa Indonesia, tapi keamanannya masih dipertanyakan, lagian Pihak Google udah mewanti-wanti jangan mengubah script yang kita dapat). Jika tetap memasang Google Adsense pada blog berbahasa Indonesia, Google Adsense tetap akan tampil namun berisikan Iklan Layanan Masyarakat bukan iklan yang relevan dengan isi dari situs Anda.

Satu lagi hal penting, untuk blog di wordpress.com nggak bisa pasang nih program karena segala bentuk java script akan diblokir. Kecuali pada blog wordpress yang dihosting sendiri/ diinstall sendiri (tidak gratis bikinnya tapi ada caranya lho bikin agar gratis, silakan ke sini). Paling mudah ya blog lewat blogger.com

Nah, kalau Anda tertarik mencari dollar di internet via Google Adsense, silakan daftar menjadi publisher adsense di www.google.com/adsense.

4 komentar pada “Google Adsense

  1. iya..
    google adsense masih unggul untuk ppc..

    q jga kmren bru disetujuin,,

    kadang2 daftranya susah ya..

    sering2 comment ya..

    heheh
    .-= kris´s last blog ..Acne Causes And Treatment =-.

  2. thanks infonya mas…
    masa' blog bahasa indonesia gak bisa di pasangi adsense
    .-= wardi´s last blog .. =-.

    Benar mas.. tidak bisa adsense untuk web/blog berbahasa Indonesia.. Mungkin jika citra para publisher adsense di Indonesia baik, bisa saja kebijakan tersebut berubah 😉

Comments are closed.