Apa Sih Pay Per Click (PPC) itu?

"paid per click" dan "pay per click" merujuk pada hal yang sama, yaitu model pemasaran dimana pengiklan membayar untuk setiap klik yang terjadi pada iklan mereka.

Ahyari.Net – Sebenarnya tulisan ini pernah saya buat. Namun, karena dianggap “aneh”, terpaksa saya edit. Pay-per-click (PPC) adalah model pemasaran yang memungkinkan pengiklan untuk membayar hanya jika ada orang yang mengklik iklan mereka. Ini adalah salah satu cara yang populer bagi perusahaan untuk meningkatkan visibilitas mereka di internet dan mengarahkan traffic ke situs web mereka. Dalam PPC, pengiklan akan membayar sejumlah uang tertentu kepada pemilik platform iklan setiap kali ada orang yang mengklik iklan mereka. Harga yang dibayarkan untuk setiap klik ditentukan oleh persaingan di antara pengiklan untuk posisi tertentu di halaman hasil pencarian.

Google Adsense pada dasarnya juga berbasis PPC. Namun, karena begitu terkenal, maka seolah-olah “terpisah” dari PPC. Baik ya situs-situs penyedia layanan PPC itu? Lantas? Koq kita bisa dibayar?

Apa itu Pay Per Click

Begini, setiap ada pengunjung yang mengklik iklan yang dipasang di blog Anda, maka penyedia layanan PPC itu akan dibayar oleh pengiklan. Dari sanalah pihak PPC mendapatkan uang untuk membayar Anda.

Cara pembayaran antar penyedia layanan PPC biasanya berbeda-beda. Tergantung kebijakan Situs PPC itu sendiri. Akan tetapi, secara umum, penghasilan Anda akan di transfer melalui:

  1. Paypal dan eMoney (mata uang online lainnya). Paypal adalah yang paling banyak dan umum digunakan. Selanjutnya dari Paypal dapat langsung ditransfer (withdraw) ke bank Anda di Indonesia.
  2. Western Union (WU).
  3. Cek.
  4. Wire Transfer (transfer ke rekening bank lokal)

Berapa sih saya dibayar?

Ini juga tergantung pihak penyedia PPC. Umumnya setiap iklan memiliki rate yang berbeda-beda dalam pembayaran. Yang pasti, pendapatan Anda nanti sebanding dengan jumlah klik yang terjadi pada iklan yang Anda pasang. Makin banyak klik terjadi maka makin besar pendapatan yang Anda dapat.

Lantas, bagaimana caranya biar banyak yang mengklik iklan di blog kita?

Usahakan agar banyak pengunjung ke situs Anda (traffic). Makin tinggi traffic, maka makin besar pula kesempatan iklan yang Anda pasang di klik.

Apa hanya itu?
Selain itu, posisi iklan juga menentukan. Letakkanlah iklan di tempat yang mudah terlihat oleh pengunjung. Sehingga dengan begitu kesempatan iklan Anda di-klik akan semakin besar.

Penting!! Baca FAQ setiap situs yang ingin Anda Daftar/Sign In agar tidak terjerumus ke “lembah” nestapa 😀

Ada yang ingin menambahkan?

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

  1. makasi buat infonya… tapi itu yang menawarkan iklan untuk dipasang kita apa si penyedia iklan?
    .-= Robi´s last blog ..ST12 – Saat Terakhir =-.

    Sama-sama.. Tergantung bro.. kalau bidvertiser, bisa dua-duanya

Beri Tanggaaapan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. Silahkan hubungi kami!

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Google PaLM vs OpenAI ChatGPT?

Ahyari.Net - Beberapa waktu ini, timeline dipenuhi dengan kekaguman rekan-rekan akan kemampuan ChatGPT dari OpenAI. Tidak dipungkiri, ChatGPT adalah suatu fenomena. Saya bahkan pernah mencoba untuk meminta saran kode php untuk filter fungsi tertentu di wordpress; hasilnya? Berhasil. Luar...

“klik di sini” adalah Contoh Teks Tautan Buruk, kata Google

Ahyari.Net - Ada yang menarik dari siaran "SEO Office Hours" kemarin di Youtube Google Search Central. Videonya bisa anda lihat di postingan ini. Yang menarik adalah, pada menit 20an, Lizzi Sassman dari Google mengatakan penggunaan teks tautan atau anchor...

Google Merevisi Pedoman Penilai Kualitas Penelusuran dengan Menambahkan E yang baru pada E-A-T

Ahyari.Net - Jika anda merasa aneh membaca judul di atas, anda tidak sendiri. Belum selesai hiruk-pikuk update spam link 12 Desember kemarin, tanggal 15 Desember 2022, Google kembali mengemparkan dunia per-SEO-an. Oke, kembali ke judul, saya tidak salah menterjemahkan,...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!