Google Penguin Bukan Google Panda

Google Panda yang pernah saya tulis di Google Panda: Algoritma Google 2011, Google Panda mulai diterapkan Global dan Google Panda Berlaku untuk Semua Bahasa, tampaknya akan menurun “pamor”nya setelah Google kembali meluncurkan pembaharuan algoritma mesin pencari mereka per 24 April 2012 kemarin. Nah, kabarnya nama algoritma Google yang baru ini adalah Google Penguin.

Google memang seringkali memperbaharui bagaimana mereka menyeleksi hasil pencarian di mesin pencari. Tujuannya cuma satu, yakni memberikan hasil yang relevan dan sesuai dengan keinginan pengguna (user).

Mungkin yang menjadi pertanyaan menarik adalah, siapa yang menamai hasil pembaharuan algoritma Google? Contoh yang paling dekat adalah Google Panda. Mengapa diberi nama Google Panda? Padahal, sejak pemberitahuan Google tentang perubahan di bulan Februari satu tahun silam, Google hanya menyebutkan “Algoritma yang memerangi web atau halaman dengan konten yang buruk”. Belakangan, nama Panda mencuat ke permukaan karena diambil dari salah satu nama teknisi Google yang turut serta mengembangkan Algoritma Google tersebut.

Ada Apa di Google Penguin?

Google Panda Google Penguin
Google Panda dan Google Penguin | Sumber: ebbinteractive.com

Dalam update kali ini, Matt Cutt memberitahukan:

We want people doing white hat search engine optimization (or even no search engine optimization at all) to be free to focus on creating amazing, compelling web sites. (Another step to reward high-quality sites, Inside Search)

Yang kurang lebih artinya:

Kami ingin para webmaster mengoptimasi situsnya dengan cara yang benar (White Hat SEO) atau bahkan tidak mengoptimasi sama sekali agar lebih fokus dalam membuat situs yang LUAR BIASA dan sesuai aturan (Google Guidelines).

Eh? Tidak mengoptimasi sama sekali? Dalam pemikiran saya, kemungkinan yang dimaksud dengan “tidak mengoptimasi sama sekali” adalah tidak berlomba-lomba mencari backlink untuk mendapatkan SERP (Search Engine Results Position) yang bagus (OFF PAGE). Di balik itu, Anda tetap wajib untuk mengoptimasi halaman yang Anda miliki secara ON PAGE; seperti memperhatikan struktur html suatu halaman, kecepatan loading halaman, meminimalisir death link di suatu halaman, menghindari duplikat konten dll.

Kesimpulannya, agar tetap bertahan di Google Penguin adalah dengan membangun konten yang bagus, menghindari metode-metode Black Hat SEO, mentaati guideline Google dan tidak mengoptimasi secara berlebihan.

Eh, kelupaan, sebelum Google memberikan nama “Penguin” terhadap algoritma Google yang baru, para webmaster dunia telah sepakat sebelumnya untuk menamainya Google Titanic; karena kita (para webmasters) akan mencari “siapa yang selamat” dari update kali ini πŸ˜†

Yang lebih “berbahaya”, selain bisa mengetahui tautan yang tidak relevan, tampaknya Google kali ini bisa mengenali artikel hasil spin. Perhatikan:

Of course, most sites affected by this change aren’t so blatant. Here’s an example of a site with unusual linking patterns that is also affected by this change. Notice that if you try to read the text aloud you’ll discover that the outgoing links are completely unrelated to the actual content, and in fact the page text has been β€œspun” beyond recognition:

Google Penguin found Link Spam

Jadi, saat ini adalah saat di mana webmaster harus melakukan penyelidikan sendiri dan menyeluruh terhadap semua situs yang dikelolanya. Lihat, yang mana yang turun traffic-nya, mana yang stabil, mana yang meningkat. Bandingkan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Saya sendiri mulai mengamati ribuan ratusan blog saya. Mana yang terkena dampak Google Penguin, mana yang tidak, dan mana yang diuntungkan oleh Algoritma Google Penguin ini.

Nah, bagaimana dengan Anda? Anda memiliki pendapat tambahan atau sanggahan? Silakan.. Kolom komentar selalu tersedia bagi rekan-rekan yang ingin berdiskusi demi kemajuan webmaster Indonesia πŸ™‚

-Berbagi Tidak Pernah Rugi-

47 komentar pada “Google Penguin Bukan Google Panda

  1. Aturan google kok membingungkan ya. Cara efektif membuat website bagus memang kontennya yang terus update untuk menarik pengunjung.

  2. Satu blog saya ada yang kena imbasnya tanggal 24 kemarin dan beberapa postingan saya edit dan tata ulang begitu pula dengan link keluar yang ada dalam postingannya.. saya berharap posisinya lekas membaik.

  3. google kali ini semakin ganas, saya sendiri jadi bingung bagaimana cara mengoptimasi blog saya sendiri. Semoga optimasi yang saya lakukan itu benar di mata google penguin.

  4. wah pantesan gan,blog ane mulai turun pengunjungnya saat tanggal 19 an april,dan tanggal selanjutnya makin hancur pengunjungnya,sampai saat ini sudah 50 % pengunjung turun dari search engine πŸ™

  5. baru juga sedikit menguasai teknik google panda , eh udah di ganti lagi jadi google penguin .
    waduh gimana nih ??
    tapi untung nya web saya ga kena imbas dari google penguin ..

  6. ternyata google mengoptimalkan lagi kinerjanya dengan merilis mesin baru, pantesan aja anjlok posisib blog saya πŸ™‚ thanks infonya mas

  7. Punya saya aneh lg mas, post bru bisa di indx dlm wktu bberapa dtik dan berada di 10 bsar SERP, tp stlh 1 ilang g tw dmn posisi y, apakh ini salah satu dari algoritma google pinguin?

  8. alhamdulillaah blog saya termasuk yg selamat dari google titanic πŸ˜€ tapi sampe skarang ada sedikit error waktu submit artikel blog ke Diagnostic fech googlebot index…pas mau di submit to index palah error (mungkin coz google titanic kale)

  9. hati-hati ma google nih,,mungkin besok2 google bisa jadi naga nggak pinguin lagi,,,wkwkwkwk,,
    owh ya mas ahyari,,knapa itu dikasih taruh linknya di atas???

  10. Wah, ternya google penguin gak se imut namanya. Barusan saya liat Kang Rohman update status langsung ngeluh sama update Alogaritm Google yang ini.

    Kalo menurut saya "Content Is King" memang jalan satu2nya yang selamat. πŸ™‚

  11. Menarik sekali informasinya.
    Saya sebagai pemula, yang hanya bisa bikin2 artikel dan ngecek PR sm Alexa, belum mengerti cara mengecek pengaruh perubahan itu thdp Blog sy.
    Yang saya tahu, ranking alexa di blog saya naik, tapi google nya 0..
    Siapa tahu Mas Ahyari atau teman2 bisa bantu melihatnya.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    Salam kenal dari Merakyat

  12. Bisnis Rumah Tangga · Edit

    wahhh mantab mas blognya udah ratusaann,,salut…infonya bagus, baru denger nich ttg google pinguin,,,makasih mas,,,

  13. Google mamang akan selalu berusaha untuk memperbaiki hasil pencarian pada database mereka. Apalagi mengingat sdh banyaknya blog/web yg statusnya dibilang blog/web spammer. Mudah2 dengan adanya algoritma yg baru ini, blog2 yg kerjaannya cuman copy paste bisa kena imbasnya nanti

  14. ada beberapa blog saya yang terkena dampak buruk dari penerapan algoritma google yang baru ini yang ternyata bernama pinguin hahaha lucu namanya tapi ngeselin hehe, tapi ada juga blog saya yang diuntungkan oleh pinguin ini hal ini terjadi karena saya menerapkan strategi yg berbeda di setiap blog saya, dan gawatnya saya lupa tehnik yg mana yang saya pakai yang bisa meredam kelucuan pinguin ini hahaha, di tunggu artikel tentang google pinguin yang lebih mendalam ya masbro jimmy

  15. ilmu seo memang berubah-ubah kita musti bisa dengan cakap menyikapai, mana teknik seo yang bagus mana dan mana yang nggak. kita lihat saja perkembangan si pinguin ini sampai mana. yang jelas pada algoritma pingin yang sekarang “content is the king” off page ala kadarnya aja hehehehehe.
    by the way, good informatuion ya mas. . .

  16. ini info yang saya cari… karena baru belajar internet marketing baru punya 2 blog kemarin eeh.. yang satu turun page ranknya kena si penguin lewat.. yang satu stabil alhamdulillah…
    nah setelah baca artkel baru deh ngerti apa sih maunya si penguin ini… Jadi harus lebih mempersiapkan diri menghadapi titanic… hii.. takut tenggelam…

  17. Alhamdlah setelah baca artikel baru deh ngerti apa sih maunya si penguin ini… Jadi harus lebih mempersiapkan diri menghadapi titanic… hii.. takut tenggelam…

  18. == Dalam pemikiran saya, kemungkinan yang dimaksud dengan “tidak mengoptimasi sama sekali” adalah tidak berlomba-lomba mencari backlink ==
    Menurut saya justru terbalik mas. Google mengharapkan kita untuk tidak terlalu mengoptimasi OnPage. Tapi lebih Fokus pada konten. Maksudnya menulislah untuk manusia. Bukan untuk Google.
    Nah, justru kemudian Backlink harus menjadi andalan agar tetap ada di posisi bagus.

Comments are closed.