Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Bermain dengan Affiliasi iTunes

Ketika rekan dan sahabat bertanya “bagaimana cara mendapatkan dolar dari ngeblog?”, saya akan mengatakannya dengan perlahan. Sangat pelan dan hati-hati.

Jika Anda tidak pernah mempelajarinya, inilah poin terpentingnya: TIDAK ada rumus untuk cepat kaya dari ngeblog. Ngeblog memerlukan kerja keras dan kerja cerdas serta KONSISTENSI. Pendapatan akan meningkat seiring berjalannya waktu; slowly and steadily. Rahasia memonetasi yang paling banyak disalah artikan adalah passive income (pendapatan pasiv; duduk-duduk dapat duit); Anda akan mendapatkan uang dari blog dengan sedikit kerja?

Sedikit bekerja? Mungkin benar. Tapi, bagaimana caranya? Dengan teknik pemasaran yang bernama affiliasi (Affiliate Marketing). Kalau dulu Affiliasi Amazon sedang naik daun, berbondong-bondong netter dan blogger mengikuti. Nah, sekarang saatnya bermain dengan affiliasi iTunes πŸ˜€

Program Affiliasi iTunes
Program Affiliasi iTunes

Dalam artikel ini, kami mencoba menunjukan bagaimana -secara sederhana- mendapatkan uang dari blog WordPress melalui iTunes Affiliate Pro (meski ada embel-embel PRO, plugin ini gratis loh πŸ˜‰ )

Apa sih iTunes?

iTunes merupakan toko online bagi pengguna perangkat Apple. Dalam iTunes, ada yang berbayar ada yang gratis. Nah, jika berbayar, tentu pengguna (user) harus mengeluarkan uang untuk bisa mendownload lagu, film, aplikasi dll. Jadi, sejatinya iTunes adalah supermarket besar bagi develover maupun user.

Bagaimana Cara Kerja Affiliasi iTunes?

iTunes memiliki program affiliasi yang akan membayar Anda sebesar 5% atas pembelian yang dilakukan melalui link affiliasi Anda. Semenjak kemunculan iPod, iPad dan iPhone, tentu peluang mendapatkan dolar semakin meningkat.

Apakah Affiliasi iTunes bisa membuat sangat Kaya?

Eh? Secara singkat jawabannya adalah TIDAK. Silakan perhatikan, umumnya lagu dijual $0,99 hingga $9,99. Aplikasi atau game paling mahal $100 (ini pun sangat jarang rata-rata apps dan game populer berkisar $3 sampai $50). Hitung saja 5% dari nilai di atas. Akan tetapi, seiring “berkembangnya” situs/blog Anda, tentu saja pendapatannya akan meningkat.

Affiliasi iTunes di WordPress?

Hal yang paling utama tentu saja adalah mendaftar di publisher network link share. Setelah Anda terdaftar di jejaring publisher ini, Anda harus mendaftar lagi di Program Affiliasi iTunes (karena memang seperti ini polanya, tidak bisa secara default langsung terdaftar di affilite iTunes). Setelah di approve iTunes (mudah-mudahan di approve), pihak iTunes akan memberikan URL yang “aneh” dan panjang. Nah, untuk “memperbaiki” itu, makanya kita perlu plugin iTunes Affiliate Pro πŸ˜‰

Setelah plugin terpasang dan diaktifkan, Anda harus masuk ke Settings Β» iTunes affiliate pro. Masukan Affiliate ID Anda di sana. Kemudian save/simpan.

Untuk mencari Affiliate ID Anda, masuk ke tab Links di akun, klik “Get Links”.

…fs-bin/click?id=z7rsVKlmi0M&offerid=77777777&subid=0&type=4

Nah, link ID Anda adalah setelah ?id= atau bagian yang kami tebalkan di atas (yang di atas hanya contoh). Jangan lupa untuk memberi tanda centang di kotak yang bertuliskan “activate filter”.

Prinsip dasar kerja dari plugin ini adalah saat Anda memasukan link yang mengarah ke item yang ada di iTunes, link tersebut akan terkonversi ke link affiliate kita secara otomatis.

Dari yang kami lihat, banyak blogger (saya sih masih dalam “tahap”) yang sering memberikan review terhadap aplikasi, ebook, musik favoritnya ke dalam tulisan di blog. Nah, mengapa tidak “disisipi” link affiliasi? Siapa tahu ada yang kecantol πŸ˜€ Apalagi jika niche blog Anda memang produk-produk yang direlease di iTunes, pasti lebih maknyusss πŸ˜‰

Jadi, kesimpulan dari 500 kata di atas adalah signup dan mulailah menulis artikel (bisa review, bisa perbandingan produk dll) serta berdoa, mudah-mudahan “bermain” affiliasi dengan iTunes ini bisa menjadi cara “lain” dalam meraih dolar di internet. Wanna try? :mrgreen:

-Berbagi Tidak Pernah Rugi-