Bermain dengan Affiliasi iTunes

Ahyari.Net – Ketika rekan dan sahabat bertanya “bagaimana cara mendapatkan dolar dari ngeblog?”, saya akan mengatakannya dengan perlahan. Sangat pelan dan hati-hati.

Jika Anda tidak pernah mempelajarinya, inilah poin terpentingnya: TIDAK ada rumus untuk cepat kaya dari ngeblog. Ngeblog memerlukan kerja keras dan kerja cerdas serta KONSISTENSI. Pendapatan akan meningkat seiring berjalannya waktu; slowly and steadily. Rahasia memonetasi yang paling banyak disalah artikan adalah passive income (pendapatan pasif; duduk-duduk dapat duit); Anda akan mendapatkan uang dari blog dengan sedikit kerja?

Sedikit bekerja? Mungkin ada, tapi saya pribadi sabtu-minggu pun kadang masih utak-atik di depan blog. Tapi, bagaimana caranya? Dengan teknik pemasaran yang bernama affiliasi (Affiliate Marketing). Kita sudah pernah membahas Affiliasi Amazon, sekarang saatnya bermain dengan affiliasi iTunes ๐Ÿ˜€

Dalam artikel ini, kami mencoba menunjukan bagaimana -secara sederhana- mendapatkan uang dari blog WordPress melalui iTunes Affiliate Pro (meski ada embel-embel PRO, plugin ini gratis loh ๐Ÿ˜‰ )

Apa sih iTunes?

iTunes merupakan toko online bagi pengguna perangkat Apple. Dalam iTunes, ada yang berbayar ada yang gratis. Nah, jika berbayar, tentu pengguna (user) harus mengeluarkan uang untuk bisa mendownload lagu, film, aplikasi dll. Jadi, sejatinya iTunes adalah supermarket besar bagi develover maupun user.

Bagaimana Cara Kerja Affiliasi iTunes?

iTunes memiliki program affiliasi yang akan membayar Anda sebesar 5% atas pembelian yang dilakukan melalui link affiliasi Anda. Semenjak kemunculan iPod, iPad dan iPhone, tentu peluang mendapatkan dolar semakin meningkat.

Apakah Affiliasi iTunes bisa membuat sangat Kaya?

Eh? Secara singkat jawabannya adalah TIDAK. Silakan perhatikan, umumnya lagu dijual $0,99 hingga $9,99. Aplikasi atau game paling mahal $100 (ini pun sangat jarang rata-rata apps dan game populer berkisar $3 sampai $50). Hitung saja 5% dari nilai di atas. Akan tetapi, seiring “berkembangnya” situs/blog Anda, tentu saja pendapatannya akan meningkat.

Affiliasi iTunes di WordPress?

Hal yang paling utama tentu saja adalah mendaftar di publisher network link share. Setelah Anda terdaftar di jejaring publisher ini, Anda harus mendaftar lagi di Program Affiliasi iTunes (karena memang seperti ini polanya, tidak bisa secara default langsung terdaftar di affilite iTunes). Setelah di approve iTunes (mudah-mudahan di approve), pihak iTunes akan memberikan URL yang “aneh” dan panjang. Nah, untuk “memperbaiki” itu, makanya kita perlu plugin iTunes Affiliate Pro ๐Ÿ˜‰

Plugin No Longer Availabel
Setelah plugin terpasang dan diaktifkan, Anda harus masuk ke Settings ยป iTunes affiliate pro. Masukan Affiliate ID Anda di sana. Kemudian save/simpan.

Untuk mencari Affiliate ID Anda, masuk ke tab Links di akun, klik “Get Links”.

...fs-bin/click?id=z7rsVKlmi0M&offerid=77777777&subid=0&type=4

Nah, link ID Anda adalah setelah ?id= atau bagian yang kami tebalkan di atas (yang di atas hanya contoh). Jangan lupa untuk memberi tanda centang di kotak yang bertuliskan “activate filter”.

Update 20 Desember 2022: plugin ini sudah tidak ada update lagi. Di halamannya tertulis “This plugin has been closed and is no longer available for download”.

Sebagai gantinya, anda bisa mencoba plugin dengan nama iTunes Link Engine.

Prinsip dasar kerja dari plugin ini adalah saat Anda memasukan link yang mengarah ke item yang ada di iTunes, link tersebut akan terkonversi ke link affiliate kita secara otomatis.

Dari yang kami lihat, banyak blogger (saya sih masih dalam “tahap”) yang sering memberikan review terhadap aplikasi, ebook, musik favoritnya ke dalam tulisan di blog. Nah, mengapa tidak “disisipi” link affiliasi? Siapa tahu ada yang kecantol ๐Ÿ˜€ Apalagi jika niche blog Anda memang produk-produk yang direlease di iTunes, pasti lebih maknyusss ๐Ÿ˜‰

Jadi, kesimpulan dari 500 kata di atas adalah signup dan mulailah menulis artikel (bisa review, bisa perbandingan produk dll) serta berdoa, mudah-mudahan “bermain” affiliasi dengan iTunes ini bisa menjadi cara “lain” dalam meraih dolar di internet. Wanna try?

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

  1. Yang paling banyak saya dengar biasanya program affiliasi dari amazon tapi ini dari iTunes, sepertinya belum lama ya affiliasi ini. Insya Allah nanti bakalan coba juga

Beri Tanggaaapan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. Silahkan hubungi kami!

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Google Hadirkan Fitur Pencarian Pembelajaran Generatif dengan Bantuan AI

Ahyari.Net - Google meluncurkan pengalaman Pencarian berbasis kecerdasan buatan generatif (Search Generative Experience a.k.a SGE) kurang dari tiga bulan yang lalu, dan Google senang mendapatkan umpan balik positif dari awal peluncuran. Sejak awal peluncuran, Google terus melakukan perbaikan untuk...

Cara Membuat Konten Berkualitas Tinggi yang Disukai Google

Ahyari.Net - Dalam upaya terus meningkatkan pengalaman pencarian penggunanya, Google telah merancang sistem peringkat otomatis yang memiliki fokus utama pada menyajikan informasi yang bermanfaat dan dapat dipercaya. Tujuan utamanya adalah memberikan manfaat kepada pengguna, dan bukan semata-mata untuk memanipulasi...

Google Meminimalkan Tampilan Hasil Pencarian untuk Rich Results HowTo dan FAQ

Ahyari.Net - Beberapa waktu yang lalu, bertemu cuitan dari @googlesearchc yang isinya kurang lebih menyampaikan bahwa Google akan menampilkan lebih sedikit hasil kaya (rich results) dalam hasil pencarian, dengan khusus membatasi tampilan untuk FAQ (Pertanyaan yang sering diajukan) serta...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!