Mengenal Google Adsense

Ahyari.NetAdsense merupakan salah satu program bisnis terfavorit di internet, yang membayar setiap anggotanya untuk memasang iklan pada web/blog mereka (mirip PPC ya? Memang PPC koq, hanya saja -silakan baca keterangan di sini-). Setiap ada pengunjung yang melakukan klik pada iklan tersebut maka pemajang iklan (publisher) akan mendapat dollar dari google.

Cara kerjanya simpel banget; setiap ada pengunjung yang mengklik iklan yang dipasang di blog Anda, maka google akan mendapat bayaran dari pemasang iklan. Dari situlah google mendapat uang untuk membayar Anda.

Pembayaran dilakukan via cek atau Western Union (WU) saat dollar Anda terkumpul minimal $100 setiap awal bulan. Jika pada awal bulan Anda belum sampai $100, maka uang tersebut akan diakumulasikan ke bulan berikutnya.

Update: Saat ini untuk akun baru di Indonesia, hanya bisa menerima pembayaran via wire transfer (transfer ke rekening bank yang ada di Indonesia)

Baca juga: Belajar Google Adsense

Setiap iklan memiliki rate yang berbeda-beda dalam pembayaran. Unfortunetly sampai saat ini google belum memberikan kejelasan tentang hal ini. Yang jelas Anda dibayar berdasarkan dengan jumlah klik yang terjadi pada iklan yang Anda pasang. Semakin banyak pengunjung yang meng-klik iklan Adsense di Blog Anda, maka makin besar pula uang yang Anda dapat (Jangan sekali-kali mengklik sendiri, karena pihak Google Adsense akan mem-banned/memblokir Account Anda).

Mungkin Anda bertanya, “bagaimana mendapatkan banyak uang dari program ini?” Jawabannya mudah (atau sulit?), usahakan supaya banyak pengunjung ke situs/blog Anda. Makin banyak pengunjung maka makin besar kesempatan iklan dari Adsense yang Anda pasang di-klik oleh si-pengunjung. Selain itu, taruh adsense di tempat yang mudah terlihat oleh pengunjung. Sehingga dengan begitu kesempatan terjadinya klik-i-sasi akan semakin besar πŸ˜€

Bagaimana Cara Kerja Google AdSense?

  1. Pendaftaran dan Persetujuan Langkah pertama untuk memulai dengan Google AdSense adalah mendaftar ke program tersebut. Anda perlu memiliki sebuah website atau blog yang mematuhi kebijakan dan pedoman Google AdSense. Setelah mendaftar, situs Anda akan melewati proses persetujuan oleh Google.
  2. Penempatan Kode Iklan Setelah Anda diterima dalam program, Google AdSense akan memberikan kode iklan yang perlu Anda pasang di situs Anda. Kode iklan ini akan menghasilkan iklan yang relevan dengan konten situs Anda.
  3. Tampilan Iklan yang Relevan Setelah kode iklan terpasang, Google akan menggunakan teknologi yang kompleks untuk menganalisis konten situs Anda dan menampilkan iklan yang relevan. Iklan ini dapat berupa teks, gambar, atau bahkan video.
  4. Penghasilan dari Klik dan Tampilan Ketika pengunjung situs Anda mengklik iklan, Anda akan mendapatkan penghasilan. Selain itu, dalam beberapa kasus, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari tampilan iklan, yaitu ketika pengunjung hanya melihat iklan tanpa mengkliknya.

Keuntungan Menggunakan Google AdSense

  1. Mudah Digunakan Google AdSense dirancang untuk menjadi pengalaman yang mudah digunakan bagi para pemilik situs web. Proses pendaftaran dan pemasangan kode iklan cukup sederhana, bahkan untuk pemula sekalipun.
  2. Penghasilan Pasif Dengan Google AdSense, Anda dapat menghasilkan uang secara pasif dari situs web atau blog yang Anda miliki. Setelah kode iklan terpasang, Anda dapat menerima penghasilan tanpa perlu terlalu banyak intervensi.
  3. Iklan yang Relevan Google menggunakan teknologi canggih untuk memastikan bahwa iklan yang ditampilkan di situs Anda relevan dengan konten yang ada. Hal ini meningkatkan kemungkinan pengunjung mengklik iklan dan meningkatkan potensi penghasilan Anda.
  4. Pelaporan dan Analisis Google AdSense menyediakan laporan dan analisis yang mendalam mengenai kinerja iklan di situs Anda. Anda dapat melihat berapa banyak pengunjung yang mengklik iklan, berapa banyak pendapatan yang dihasilkan, dan banyak data lainnya yang berguna untuk mengoptimalkan strategi Anda.

Ups! Hampir lupa, Google Adsense hanya tampil pada situs/blog berbahasa Inggeris (meskipun ada beberapa β€œtrik” agar adsense dapat muncul pada situs/blog berbahasa Indonesia, tapi keamanannya masih dipertanyakan, lagian Pihak Google udah mewanti-wanti jangan mengubah script yang kita dapat). Jika tetap memasang Google Adsense pada blog berbahasa Indonesia, Google Adsense tetap akan tampil namun berisikan Iklan Layanan Masyarakat bukan iklan yang relevan dengan isi dari situs Anda.

Update: Adsense sudah bisa dipasang pada blog berbahasa Indonesia.

Satu lagi hal penting, untuk blog di wordpress.com nggak bisa pasang nih program karena segala bentuk java script akan diblokir. Kecuali pada blog wordpress yang dihosting sendiri atau diinstall sendiri (tidak gratis bikinnya tapi ada caranya lho bikin agar gratis, silakan ke sini). Paling mudah ya blog lewat blogger.com

Nah, kalau Anda tertarik mencari dollar di internet via Google Adsense, silakan daftar menjadi publisher adsense di www.google.com/adsense

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

  1. iya..
    google adsense masih unggul untuk ppc..

    q jga kmren bru disetujuin,,

    kadang2 daftranya susah ya..

    sering2 comment ya..

    heheh
    .-= kris´s last blog ..Acne Causes And Treatment =-.

  2. thanks infonya mas…
    masa' blog bahasa indonesia gak bisa di pasangi adsense
    .-= wardi´s last blog .. =-.

    Benar mas.. tidak bisa adsense untuk web/blog berbahasa Indonesia.. Mungkin jika citra para publisher adsense di Indonesia baik, bisa saja kebijakan tersebut berubah πŸ˜‰

Beri Tanggaaapan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. Silahkan hubungi kami!

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Membongkar Mitos SEO dengan Jawaban Langsung dari Danny Sullivan

Ahyari.Net - Sumber informasi "utama" bagi para praktisi SEO mungkin akan bermuara di @dannysullivan dan @searchliaison. Baru-baru ini menggelar sesi tanya jawab yang membahas sejumlah isu krusial terkait Google Search. Berikut adalah poin-poin menarik dari diskusi tersebut. 1. Mitos seputar...

Tahun Depan Google Adsense Tidak PPC Lagi, tapi CPM! Apa Artinya?

Ahyari.Net - Dini hari tadi, sekitar 14 jam yang lalu atau tepatnya pukul 03:28, saya mendapatkan email dengan subjek "Evolving how publishers monetize with AdSense" yang isinya kurang lebih:Google AdSense akan merubah cara mereka membayar publisher (penerbit). Mereka akan...

Apa yang Terjadi di Dunia SEO? Rangkuman Pembaruan Terbaru Google Search (Oktober 2023)

Ahyari.Net - Pada episode Oktober Google Search News, John Mueller kembali dengan berita terbaru tentang dunia SEO. Dalam video ini, dia membagikan informasi tentang sejumlah pembaruan penting yang terjadi dalam ekosistem Google Search pada bulan Oktober 2023.Mari kita lihat...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!

error: