Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Master SEO atau Spammer?

Well.. Indonesia memang selalu menjadi yang terkenal di dunia. Baik di dunia korupsi, maupun di dunia SPAM SEO. Sampai-sampai di beberapa forum luar negeri ada yang bertanya “kenapa kalian (orang Indonesia) begitu hebat dalam teknik SEO”. Padahal, si Penanya tidak tahu; bahwa kebanyakan (termasuk Saya tidak semua) orang di Indonesia pandai mencari celah-celah blog dofollow untuk menyisipkan link mereka.

Sah-sah saja sebenarnya selama komentar yang diberikan relevan. Para penyelenggara kontes SEO lokal pun tidak pernah mencantumkan aturan ketat mengenai hal ini. Kebanyakan hanya COPY-PASTE peraturan Kontes SEO yang pernah ada.

Anda mungkin pernah melihat aturan yang berbunyi:

Dilarang menggunakan Black Hat SEO

Lah? Yang Black Hat SEO itu batasannya seperti apa? Tidak pernah dijelaskan. Tiap orang memiliki pendapat berbeda mengenai hal ini. Pertama kali terjun dalam dunia SEO ini (waktu itu Kontes SEO Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009), Saya yang lugu pemula waktu itu mengira bahwa SEO adalah ilmu untuk mengoptimasi kata kunci tertentu dari suatu halaman WEB dengan memperhatikan struktur web maupun elemen-elemen halaman yang akan dioptimasi. Ternyata? Pemikiran Saya hanya benar separuhnya. SEO yang separuhnya lagi adalah menanam backlink di website atau blog orang lain dengan memanfaatkan kolom komentar (yang dofollow tentunya). SPAM kah?

Kalau pendapat Saya pribadi, dikatakan SPAM jika komentar yang kita berikan TIDAK RELEVAN sama sekali dengan artikel yang kita beri komentar. Selama komentarnya relevan, itu bukan SPAM. Sekali lagi, ini hanya pendapat pribadi; yang notabene sebagai pemula yang ingin belajar SEO. Oke, Saya juga tidak munafik. Saya tidak mengelak jika Saya disebut SPAMMER. Tapi ingat, TIDAK PERNAH satu kalipun Saya nyepam; nyampah komentar tidak bermutu di blog milik orang Indonesia. Paling banter, Saya menggunakan Ahyari Network sebagai nama pada komentar (lebih sering menggunakan Jimmy Ahyari; nama lengkap sekaligus nama asli pemberian Orang Tua tercinta).

Saya tidak membenci SPAMMER. Toh keputusan tetap ada di tangan Administrator; ingin meng-approve atau men-delete komentar yang masuk. Yang ingin Saya tekankan di sini, jangan sampai karena ingin menjadi yang no.1 di Google, lalu kita memberi komentar tanpa membaca isinya, kemudian isi komentarnya sama, di blog manapun dengan anchor text sepanjang-panjangnya.

Bukti kalau Saya tidak membenci SPAMMER adalah blog ini. Blog ini menganut paham dofollow + CommentLuv yang juga dofollow. Silakan saja Anda meletakkan Anchor Text dengan Link-nya. Namun, agar komentar terlihat “sopan”, tolong jangan menggunakan link di dalam komentar Anda kalau tidak ingin ketangkap Akismet. Blog ini sudah menggunakan CommentLuv sebagai penghargaan kepada Anda karena sudah meninggalkan komentar (baik saran, tanya, salam atau kritik).

Menggunakan commentluv begitu mudah, tulis nama Anda, email, URL blog Anda (bukan URL artikel), isi komentar, beri tanda centang pada logo commentluv, tunggu loading dan akan muncul tulisan terakhir Anda seperti:

dan ini contoh komentar yang sudah di publish dengan mengaktifkan fitur CommentLuv:

Nah, mudahkan? Artikel terkahir Anda juga akan muncul. Cara ini lebih “terhormat”.

Ok, kembali ke permasalahan Master SEO atau Spammer. Mengapa Saya menulis hal yang kontroversial begini? Hal ini berawal dari pemberitahuan google:

We pay attention to dozens of different languages in our spam fighting, but sometimes we really want to drill down and concentrate on a small number of languages. We’d like to ask for your help to identify webspam in Thai, Indonesian, Romanian, Czech and Farsi. If you know of sites that violate our webmaster guidelines in these languages, please send us a spam report. We use this information not only to look at the sites listed in reports, but also to improve our effectiveness in the rest of your language on the web.

Thanks in advance for any data you send our way about spam in these languages. Of course, you’re always welcome to submit spam reports in other languages too!

Hoho.. Indonesia juga termasuk dalam “ancaman” ini. Untuk itu, jika tidak ingin dilaporkan oleh kawan-kawan sebangsa dan setanah air, tolong, jangan nyepam; nyampah di blog orang Indonesia. Urusan Anda dilaporkan pihak luar negeri, itu urusan pribadi Anda. Saya hanya tidak ingin jika sesama saudara saling lapor hanya karena “tidak beretika” saat memberi komentar. Ini juga hanya saran πŸ˜‰ No Worry, No Offense…

Insyallah, sampai detik ini, tidak ada niat melaporkan blog Indonesia. Saya mengerti betul. Saat ini merupakan tahapan belajar. Belajar SEO yang baik. Tapi jangan “membuang sampah di pekarangan tetangga”. Malu euy =))

Kalau ingin kreatif, mencari dukungan backlink dengan cara sosialisasi juga bisa. Misalnya:

Halo, jika Anda ingin mendukung Saya dengan meletakkan link Sport Supplement, Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace dan Salehdbrent Sgdashhousedotcom di sidebar Anda, Saya akan memberikan hadiah berupa domain .com gratis yang akan di undi setiap bulan untuk lima pemenang.

Masih banyak lagi contoh lainnya. Dulu Saya pernah membagikan program-program SEO gratis (padahal program tersebut Saya beli) untuk mendukung salah satu kontes SEO; hanya saja saat itu server down dan data-data hilang, sehingga kegiatan tersebut batal.

Sekarang, Saya semakin tahu bahwa SEO merupakan paduan On page dan Off page (meski tidak tahu artinya =)) ). Namun, Off page yang bagaimana? Inilah yang menentukan Anda Master SEO atau Spammer πŸ™‚ *kalau Saya jelas Spammer 8)

Silakan jika Anda ingin menanggapi atau bercerita pengalaman Anda. Mohon dikoreksi bila ada salah-salah kata πŸ™‚

25 Comments
  1. alief says

    wah…., jadi itu mbah gugel jug abelum terlalu yakin tentang web/blog yang berbahasa indonesia ya?
    .-= alief´s last blog ..Free Download: Time Freez, another Deep Freez Solution =-.

    1. Jimmy Ahyari says

      Mungkin bukan begitu Kang Alief.. Gugel tahu, namun dari sekian banyak laporan yang masuk, web/blog yang berbahasa Indonesia termasuk yang paling banyak dilaporkan. Oleh sebab itu, mereka (gugel) memperkecil "sasaran" untuk perbaikan hasil pencarian ke depannya.
      Terimakasih Kang sudah memberi komentar πŸ™‚
      .-= Jimmy Ahyari´s last blog ..Master SEO atau Spammer? =-.

  2. pelintas batas says

    jadi antara seo handal dan spammer hanya beda beda tipis ya
    .-= pelintas batas´s last blog ..Kecelakaan Kerja =-.

    1. Jimmy Ahyari says

      Tergantung Anda melihatnya. Tulisan di atas sih cuma unek-unek saya 😳

  3. Areep says

    Sebenarnya masalah spammer yang buat risih tuh terkadang isi dari komentar terlihat ndak menghargai si penulis.
    contoh pada artikel ini, kalau ada yang sampai komentar cuma
    NICE INFO PLEASE BACKLINK atau SALAM KENAL BACKLING atau hanya KUNJUNGAN SOB TUKER LINK DONG

    kan ndak nyambung, ibaratnya tulisan kita sama sekali ndak di baca.
    .-= Areep´s last blog ..Jangan lupa backup your data =-.

    1. Jimmy Ahyari says

      Benar sekali bro! Tidak enak sekali kalau dibaca.. orang lagi membahas BAJU, eh datang tiba-tiba, ngasih komentar "halo salam kenal, boleh tukeran link?" ; parahnya lagi, komen itu di copy-paste, kemudian diberikan ke blog lain. Mungkin ingin mempersingkat waktu blogwalking =))

  4. Foto Unik says

    Saya pernah 1 kali ikut SEO kontest, tapi saya sadari akhirnya para netter yang mencari informasi "Real" jadi kesulitan, karna informasi yang dicari dibelokan oleh para Peserta yang sering membabibuta menembak keyword dan SPAM koment disana sini. Ditambah lagi dengan kacaunya Keyword utama di Blog saya.
    Ini pendapat saya pribadi yang sudah kapok ikut kontes SEO, apalagi hadiahnya tidak seberapa.

    Salam Sahabat
    .-= Foto Unik´s last blog ..MILLATFACEBOOK Facebook Muslim Pakistan diluncurkan Siap Hajar Facebook =-.

    1. Jimmy Ahyari says

      Terimakasih pengalamannya bos.. Saya akui, keyword utama blog pasti ikut kacau.. untuk itu, Saya punya blog "khusus" (bukan di sini) yang sering ikut kontes SEO. SPAM komen pun kerap Saya lakukan. Tapi tidak pernah di blog milik orang Indonesia.
      Kalau Blog ini terkadang muncul dihasil pencarian beberapa kontes SEO bukan karena ikut serta, tapi hanya mendukung πŸ˜€

      Salam balik sahabat..
      .-= Jimmy Ahyari´s last blog ..Mempercepat Loading WordPress =-.

  5. Penyamun Code says

    Jihahahahah.. Google aja tuh mas yg ga ngerti bhsa ind… hehehe… lagian yg sya pahami tentang yg google smpaikan bukan nyepam comenting kok, tapi blog/web yg tdk relevan dgn KW yg org cari.. gitu yg sya tangkap.. hehe.. Cayyo Blogger Indonesia.. πŸ™‚
    ——-
    Salam Kenal dri Sarang Penyamun
    .-= Penyamun Code´s last blog ..5 Steps to Enable Video-Call Skype on N900 =-.

  6. gusbud says

    selama tidak mengganggu dan keluar dari konteks tempat yang di susupi link boleh2 saja tapi klo sudah merugikan nah itu yang gak bener ngerusak nama indonesia juga, di beberapa forum saya di band gara2 nyantumin country indonesia atau minimal jadi target untuk dilaporkan spam melulu padahal gak spam

  7. rais talenta says

    hal yg sob lakukan tentang optimasi keyword sama yang telah terjadi pada saya sampai kena sandbox google nyari tutorial tentang seo susah sekali rata2 cuman cuplikan saja mohon saran untuk blog saya agar kedepannya bisa lebih baik.
    salam kenal gan dari Rais Talenta

  8. Autism Treatment says

    beda banget kok antara spammer ato ahli seo

  9. ibe says

    sebenarnya google sudah punya aturan sendiri mengenai hal ini. saya telah banyak melakukan pengamatan dan percobaan bahwa seo yang dibangun tidak secara alami akan mengalami kesulitan untuk menempatkan halaman postnya (index boleh ber pr tinggi, tapi artikel atau post?)nanti dulu…(maaf saya juga kurang tahu mengenai seo)

    kalau saya sendiri paling ga' suka sama spammer mas…tapi meskipun begitu, juga tidak enak kalo harus menghapus komentar spam yang ada. seiring bertambahnya waktu, blogger pasti menyadari bahwa spammer lebih banyak menggangu daripada kegunaannya sendiri…
    .-= ibe´s last blog ..M-21 Proyek Manageman E-Bisnis =-.

  10. hersu says

    he..he..kegalauan yang sama pernah saya rasakan dulu saat ikut kontes SEO. Mungkin sama dengan bedanya cerdik sama licik…
    Sekarang juga ikut kontes SEO tapi mengurangi nyampah dipekarangan orang lain tp nambah sampah dipekarangan sendiri.

  11. iplock says

    wah ane baru tau nih sob,ane juga sering lakuin ntuh,tapi mulai dari beberapa hari yang lalu komentar di blog temen-temen ya ane tinggakitin dalam bentuk komentar yang memang relevan,bukan spamm..

    tapi jujur,ane sendiri masih agak bingng dengan istilah spamm, kl memang temn2 suka BW trus komentar dengan relasi postingan kenapa ga??
    .-= iplock´s last blog ..Hari ini Sebelum Dirimu Mengeluh =-.

  12. IG says

    wah mantap nih sharing dari mas ahyari. sy sebagai pemula SEO jd tau bagaimana pentingnya backlink sehingga banyak orang nyepam gr2 ingin backlink (yang nantinya bisa mengangkat SERP).
    terima kasih mas sharenya, sy mau ke halaman2 yang lain untuk belajar. salam sukses
    .-= IG´s last blog ..Transformers 2 “Ravage” Jaguar 8GB USB Flash Drive Flash Disk berbentuk jaguar =-.

  13. Justin Bieber says

    He6, maaf pake nama itu. tapi saya masalah SEO serba tidak sengaja sih, ga tau teorinya gimana, tiba2 saja jadi "korban" seo ini. Tertarik juga "sdikit" mengetahui masalah SEO, tapi pusing juga mau prakteknya, hi6. ^_^ nice info bro
    .-= Justin Bieber´s last blog ..Justin Bieber SEO test =-.

  14. Belajar SEO Pemual says

    Menarik mas..iyak klo menurut aku 75 persen SEO itu cuman optimasi dalam pencarian backlink. Karena dari hasil pengamatan ane, blog yang sering ikut konts seo juga semakin seo friendly. Karena backlinknya juga semakin buanyak…
    .-= Belajar SEO Pemual´s last blog ..Ciri-Ciri Blog Super SEO Friendly =-.

  15. psychobone says

    kalau saja ada "kesepakatan" spam commenting itu termasuk black hat seo, kontes seo akan semakin seru. setahu saya, baru evoire yg menjelaskan secara detil aturan kontes bhwa spam commenting dan keyword stuffing adalah black hat seo. Maju terus seo'er Indonesia…

  16. hafid junaidi says

    Biasaya demi kontes seo para webmaster menggunakan cara itu juga kan?
    .-= hafid junaidi´s last blog ..Azkacom =-.

  17. TsaniOke says

    Wah, kalo pengalaman saya kurang mengenai SEO, sekarang ini lagi keliling-keliling mencari sebuah arti SEO, walaupun secara bahasa Search Engine Optimization tapi kagak ngerti dalamnya bagaimana. Bertanya, ga pernah di jawab. wah… pusing deh, akhirnya cari tahun sendiri. Di lihat tuh kebanyakan mencari backlink, walau ga tau apa itu backlink dan apa itu PageRank, saya juga baru tahu dari kakak spammer. Memang sih terkadang saya juga lihat orang yang ikut kontes pasti banyak ngelink, tapi kalo menurut saya sih asal dia tidak mengganggu kinerja saya ya ga apa. Memang lebih baik ada aturannya tapi karena ga ada aturan tegasnya ya terpaksa deh. Hmmmm… Mungkin itu ka.

  18. uang gratis dari int says

    numpang lewat ya, artikel nya bagus…hehe

    bercanda kok bro, terkadang orang ingin nya yang instan,kadang bingung juga mau komentar apa, ya jadinya spam spy dapt backlink, apalagi sekarang banyak tool black hat yang udah bikin enak spam coment nya

  19. Wicker says

    Sudah jelas kalo SPAMMER itu adalah tukang komentar asal2an.. Dah gitu pake nyusupin link segala… Ini yang bikin rusak kita… Ini juga yang orang luar itu gak tahu… Banyak sekali dofollow blog di Indonesia… Ok donk? kenapa tidak? Itu namanya saling membantu sesama. Komentar jelas harus relevan dengan artikel. Biar blog ga dianggap sampah link oleh mereka.., ya pake moderasi donk. Emang SEO itu off page dan on page…, jadi kalo ngisi kolom komentar gak pake keyword juga gpp kalo on page kita sudah optimal… Dan ini adalah salah satu aturan dalam berkomentar… Kalo gak diturutin…, katanya bisa dibanned ma om google.., tapi nyatanya banyak banget pelakunya.. Gak orang kita, gak orang luar, sama saja. Jadi…, kalo aturan ini dilanggar karena Om google gak ngebanned…, ya kenapa kita musti risih sih? Toh apalagi setiap dofollow blogger menyatakan ini bukan spam…, jadi ok2 saja menurut saya… Aturannya cuma satu…, komentar harus relevan dan patuhi aturan yang punya blog… Orang bertamu kok gak patuhi aturan yang punya rumah? Kan lucu ntar diaggap maling… He he..

  20. Belitung says

    mudah2han aku bukan golongan spammer..,aku hanya ingin bersilaturahmi dan kebetulan menemukan blog ahyari yg sangat bermanfaat

  21. Ramzi says

    Untunglah baca postingan ini.. moga2 kegiatan cari backlink yang aku lakukan masih dalam taraf wajar dan tidak meresahkan pemilik blog
    Thanks Pak dah memberi rambu2 yang jelas bagi newbie seperti aku ini

Comments are closed.