Catatan Perjalanan Jimmy Ahyari

Apa sih RSS?

Kemarin ada teman yang bertanya. Apa sih fungsi Feed pada Halaman awal Operamini? Apa fungsi Feed ini seperti Bookmark?

Oke, sebenarnya (sepengetahuan Saya aja sih) Feed merupakan bagian dari RSS (Rich Site Summary). RSS ini sering juga disebut feed, web feed atau channel. RSS merupakan sebuah format yang digunakan untuk mempublikasikan informasi/content terkini (frequently Updates Works) seperti pada Blog, Headline News, audio bahkan video. Biasanya RSS dapat diatur untuk Full (artikel/content penuh) atau hanya summarized text (hanya bagian headline atau paragraf awal saja) dengan fungsi metadata seperti tanggal penulisan serta si penulis (Author).

Nah, Blog yang bertempat tinggal di wordpress.com sudah memiliki fitur RSS ini. Untuk melihat pengaturan pada wordpress.com, pilih menu Settings pada Dashboard kemudian pilih tab reading. Di sana akan terlihat opsi Syndication Feeds. Anda dapat mengatur jumlah artikel/content yang ingin Anda tampilkan pada 1halaman RSS Feed (Kalau default-nya wordpress sih 10 artikel/contents) serta mengatur apakah ingin ditampilkan seluruhnya (Full) atau hanya sebagian (Summary).

Fungsinya?

RSS memungkinkan para pembaca untuk menerima update terbaru dari blog yang terdaftar dalam data feed-nya(subcribe). Sehingga, pembaca hanya cukup membuka aplikasi feed-nya untuk mengetahui informasi terkini. Dengan kata lain, RSS akan memudahkan pembaca untuk tetap mengetahui setiap ada perubahan dalam blog mereka (artikel terbaru misalnya). Keuntungan lain dari RSS adalah hemat bandwith (Saya mencoba membuka https://www.ahyari.net dengan operamini menghabiskan 46kb sedangkan jika dengan RSS https://www.ahyari.net/feed/– hanya memerlukan 4-5kb).

Perlukah software tambahan untuk RSS ini?

Tidak perlu lagi jika Anda browsing menggunakan Mozilla, Opera, Safari dan IE. Lihat saja disebelah alamat (Address Bar) ada terdapat gambar segi empat berwarna orange kan? Coba Anda klik. Nanti akan ada pertanyaan “Subcribe”? Jika Anda memilih Subcribe, secara otomatis Anda sudah terhubung dengan situs/blog dimana Anda terdafatar sebagai Subcriber. Pada Opera, Anda cukup meng-klik tulisan “Feeds” pada toolbar. Jika computer Anda online dan kebetulan ada artikel baru dari situs/blog yang telah Anda Subcribe, maka akan ada pemberitahuan berupa halaman pop-up yang berisikan bahwa ada update terbaru dari situs/blog yang bersangkutan.

Oh iya, jika Anda memiliki blog di wordpress.com, alamat url RSS Feed Anda adalah, http://bloganda.wordpress.com/feed/

Silakan ditambahkan jika ada yang kurang 😉