Apa itu RSS Feed? Bagaimana Cara Mengaksesnya?

  • RSS adalah singkatan dari β€œReally Simple Syndication” atau dikenal juga dengan β€œRich Site Summary”.
  • RSS adalah format untuk mengirimkan konten web yang diperbarui secara berkala termasuk entri blog, berita utama, audio, dan video kepada pengguna dalam format standar.

Ahyari.Net – Kemarin ada teman yang bertanya. Apa sih fungsi Feed pada Halaman awal web browser Opera? Terkadang juga ditemukan di menu ponsel pintar. Apa fungsi RSS ini seperti Bookmark?

RSS (Really Simple Syndication) feed adalah format untuk mempublikasikan konten yang terus diperbarui, seperti blog post, berita, atau podcast. RSS feed memungkinkan pembaca untuk mengikuti situs web atau channel yang mereka sukai dengan cara yang lebih mudah dan terorganisir.

RSS feed biasanya terdiri dari daftar judul dan ringkasan dari konten terbaru yang dipublikasikan di situs web atau channel tersebut. Pembaca dapat menggunakan aplikasi atau layanan yang disebut “feed reader” untuk mengikuti RSS feed dari berbagai sumber yang berbeda. Setiap kali ada konten baru yang dipublikasikan, feed reader akan memperbarui daftar konten yang tersedia, sehingga pembaca dapat dengan mudah memeriksa apa saja yang baru di situs web atau channel yang mereka ikuti.

RSS feed merupakan cara yang efektif untuk mengikuti konten yang terus diperbarui tanpa perlu mengunjungi situs web atau channel tersebut secara terus-menerus. Ini juga memudahkan bagi para pemilik situs web atau channel untuk mempromosikan konten mereka kepada pembaca yang tertarik.

RSS juga memiliki kepanjangan dari Rich Site Summary. RSS ini terkadang disebut feed saja, web feed atau channel.

Nah, Blog bermesin WordPress atau yang ada di subdomain wordpress.com sudah memiliki fitur RSS ini. Untuk melihat pengaturan pada wordpress, masuk ke:

Dashboard > Settings > Reading

Pengaturan RSS Feed WordPress
Pengaturan RSS Feed di WordPress

Di sana akan terlihat opsi Syndication Feeds. Anda dapat mengatur jumlah artikel/content yang ingin Anda tampilkan pada halaman RSS Feed (secara default, wordpress menampilkan 10 artikel) serta mengatur apakah ingin ditampilkan seluruhnya (Full) atau hanya sebagian (Summary).

Apa Fungsi RSS Feed?

Fungsi utama dari RSS feed adalah untuk mempermudah pembaca mengikuti konten yang terus diperbarui dari situs web atau channel yang mereka sukai. Ini memungkinkan pembaca untuk mengakses konten terbaru dari sumber yang berbeda secara terpusat di satu tempat, seperti feed reader atau aplikasi agregator konten.

RSS feed juga membantu pemilik situs web atau channel untuk mempromosikan konten mereka kepada pembaca yang tertarik. Dengan menyediakan RSS feed, pemilik situs web atau channel dapat membuat konten mereka lebih mudah diakses oleh pembaca yang ingin terus diperbarui tentang konten terbaru yang dipublikasikan.

Selain itu, RSS feed juga bermanfaat bagi mesin pencari, karena memungkinkan mesin pencari untuk dengan mudah mengindeks konten terbaru yang dipublikasikan di situs web atau channel. Ini dapat membantu situs web atau channel tersebut untuk muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian mesin pencari, sehingga lebih mudah ditemukan oleh pembaca yang mencari informasi tentang topik yang sesuai.

Perlukah software tambahan untuk RSS ini?

Browser Opera dan Safari

Jika Anda browsing menggunakan Opera atau Apple Safari. Anda bisa menambahkan sendiri RSS Feed melalui menu yang disediakan.

Untuk Opera, silakan ketikan about:news di alamat, lalu klik add source dan isi kolom yang tersedia dan tekan tombol +

Untuk Safari, masuk ke website yang ingin anda subscribe atau tambahkan RSS Feed nya, setelah terbuka, klik sidebar dan pilih @ lalu pilih Subscriptions pada bagian bawah.

Browser Chrome, Firefox dan Edge

Untuk menggunakan RSS feed di browser Google Chrome, Mozilla Firefox dan Microsoft Edge, pertama-tama Anda perlu menambahkan ekstensi feed reader ke browser Anda. Beberapa ekstensi feed reader yang populer yang dapat Anda gunakan adalah (di sini saya memberikan link ke ekstensi Chrome saja, untuk Firefox dan Edge bisa anda cari di store mereka masing-masing)

  1. Feedly: Ekstensi ini menyediakan interface yang mudah digunakan untuk mengikuti berbagai RSS feed dari sumber yang berbeda. Anda dapat menambahkan situs web atau channel yang ingin Anda ikuti ke Feedly, dan feed reader akan memperbarui daftar konten terbaru yang tersedia secara otomatis.
  2. Inoreader: Ekstensi ini menyediakan fitur yang kuat untuk mengelola dan mengikuti RSS feed, termasuk pengaturan label dan filter yang memudahkan Anda untuk mengelola konten yang Anda terima.
  3. The Old Reader: Ekstensi ini menyediakan interface yang sederhana dan mudah digunakan untuk mengikuti RSS feed dari sumber yang berbeda.

Setelah menambahkan ekstensi feed reader ke browser Anda, Anda dapat mengikuti RSS feed dengan cara yang sama seperti mengikuti situs web biasa. Buka situs web yang ingin Anda ikuti, kemudian klik tombol “Subscribe” atau “Follow” yang biasanya terletak di bagian atas atau bawah halaman. Jika situs web tersebut menyediakan RSS feed, maka akan muncul opsi untuk berlangganan feed tersebut. Klik opsi tersebut, kemudian ikuti petunjuk yang muncul untuk menambahkan feed tersebut ke feed reader Anda.

Setelah Anda berlangganan feed, feed reader akan memperbarui daftar konten terbaru yang tersedia secara otomatis setiap kali ada konten baru yang dipublikasikan di situs web atau channel yang Anda ikuti. Anda dapat mengakses daftar konten terbaru tersebut melalui feed reader Anda di browser.

Smartphone Android dan iOS

Bisa anda cari di play store atau app store dengan kata kunci RSS Feed Reader atau Feed Reader atau RSS Reader

Note: Pastikan website/blog yang ingin anda tambahkan RSS Feed nya memiliki fitur ini.

Apa Alamat RSS Feed untuk WordPress?

Jika Anda memiliki blog di wordpress.com, alamat url RSS Feed Anda adalah, https://bloganda.wordpress.com/feed/

Jika dengan domain sendiri yang menggunakan WordPress, maka RSS Feed akan berada di https://namadomain.com/feed

Jika anda ingin berlangganan RSS Feed Ahyari.Net ini, bisa melalui Google News (login dengan akun gmail dan klik tanda bintang untuk mem-follow) dan ada aplikasinya di Play Store πŸ˜‰

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan SEO. Mulai ngeblog sejak 2008. -Berbagi Tidak Pernah Rugi-

Tulisan ini dipublish pertama kali pada: 

  1. @Bowo sama saja.. biasanya domain.com/feed
    @Upin Bloggetery juga menggunakan WordPress kan? Jadi sama saja. Untuk blog Anda, RSS Feed bisa ke radiostreaming.blogetery.com/feed

    *tapi kayaknya kalian berdua ini udah jago.. ga mungkin ga tahu πŸ˜›

Beri Tanggaaapan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. Silahkan hubungi kami!

spot_img
Mau Punya Blog Tanpa Ribet?

Gunakan jasa kami! Akan kami buatkan blog yang SEO Friendly, cepat dan diajarin sampai bisa posting sendiri!

Baca yang lain?

Kontes SEO Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Ahyari.Net - Bagi Anda yang memiliki blog dan website serta hobi menulis, kini ada kesempatan untuk menunjukkan kemampuan Anda dalam dunia SEO dan penulisan artikel melalui lomba SEO Blog Kontes VIO Optical Clinic. Lomba ini berlangsung selama 3 bulan,...

Google PaLM vs OpenAI ChatGPT?

Ahyari.Net - Beberapa waktu ini, timeline dipenuhi dengan kekaguman rekan-rekan akan kemampuan ChatGPT dari OpenAI. Tidak dipungkiri, ChatGPT adalah suatu fenomena. Saya bahkan pernah mencoba untuk meminta saran kode php untuk filter fungsi tertentu di wordpress; hasilnya? Berhasil. Luar...

“klik di sini” adalah Contoh Teks Tautan Buruk, kata Google

Ahyari.Net - Ada yang menarik dari siaran "SEO Office Hours" kemarin di Youtube Google Search Central. Videonya bisa anda lihat di postingan ini. Yang menarik adalah, pada menit 20an, Lizzi Sassman dari Google mengatakan penggunaan teks tautan atau anchor...
Join Member!

Akses ke artikel premium dan konsultasikan permasalahan website/blog Anda via Whatsapp langsung!