Mencari dan Membuat Blog Dummy

Apa sih Blog Dummy? Sebenarnya jika dalam tata bahasa Inggris, lebih tepat jika kita menyebutnya Dummy Blog. Dalam bahasa Inggris, Dummy berarti boneka atau palsu atau tiruan atau kosong bahkan tol*l. Dalam bahasa sehari-hari saya, Dummy blog berarti senjata perang. Perang dalam dunia Search Engine. Untuk itu, tujuan dari tulisan sederhana berikut ini adalah agar Anda Mencari dan Membuat Blog Dummy Anda sendiri menjadi pasukan-pasukan pendukung dalam berperang dalam memperebutkan tahta tertinggi di mesin pencari.

Mencari Dummy Blog

Dalam tahap Mencari Dummy Blog, yang harus Anda siapkan adalah string atau kata kunci untuk kita pergunakan di mesin pencari, terutama Google. Untuk itu, saya memberikan contoh mudah, yakni:

site:*.*/wp-signup.php "Gimme a blog!"

Berikut hasil penampakan di google.com:

Cara Mencari Dummy Blog

Anda bebas berkreasi. String di atas tidak baku. Intinya, bagaimana kita bisa menemukan BLOG GRATISAN bermesin WordPress.

Membuat Blog Dummy

Setelah menemukan list yang diperoleh dari cara di atas, mulai pikirkan nama sub domain dan title dari blog gratisan tersebut. Hal ini penting agar blog dummy kita tidak benar-benar “dummy”. Blog dummy tidak sembarang isi, melainkan terarah dengan tujuan turut mengangkat web/blog utama kita.

Buat nama sub domain atau title tersebut secara terorganisir. Kemudian daftarlah di halaman yang telah kita temukan pada tahap MENCARI. Cara daftarnya sederhana, sama seperti Anda mendaftar di WordPress.com (saya yakin Anda sudah mengerti πŸ˜‰ ).

Nah, mengapa tidak membuat dummy blog di blogspot atau wordpress.com saja? Mengapa perlu banyak layanan blog gratis?

Jawaban saya sederhana; akan lebih “natural” jika backlink yang kita dapat dari IP Address berbeda dari setiap hosting. Hal ini pula yang membuat domain dalam satu hosting sama (atau domain dalam IP Address yang sama) tidak begitu diperhatikan Google dalam hal memberi backlink, karena -mungkin- Google beranggapan bahwa:

Eh, ini web B, C, D, E – Z koq memberi link ke web A? Oooh.. IP Address-nya sama ternyata. Mungkin pemilik Web A juga pemilik Web B – Z. Gue (Google) kira web A begitu bermanfaat sampai web B – Z ikut memberi link. Acuhkan saja lah… :mrgreen:

Untuk itu, kita perlu BERAGAM dummy blog (layanan blog gratis) sebagai pemberi backlink ke web/blog kita. Saya sendiri “mengkoleksi” beberapa dummy blog (ratusan) yang memiliki ekstensi *.jp (japan), *.tw (taiwan), *.ph (filipina), *.my (malaysia), *.com net org (ini apalagi) dll. Tujuannya cuman satu, agar Google “menganggap” web yang memberi link ke kita adalah web orang lain yang terkesan dengan web/blog kita 8)

Jika blog dummy Anda telah terbentuk, buatlah formasi seperti gambar berikut: *maaf, saya bukan penganut link wheel yang memutar atau link pyramid yang mengerucut ke atas; terlalu gampang ditebak om Google sih (bulan kemarin Google membasmi jenis blog network yang seperti ini), jadi saya menyebut gambar di bawah ini sebagai Link Kacau πŸ˜†

Link Kacau

Mengapa isi blog dummy tidak boleh ngasal? Untuk menghindari anggapan Google dan pemilik layanan kalau kita membangun/membuat spam blog. Saya benci sekali yang namanya spam. Merusak bangsa gan! Ntar Indonesia sendiri yang ribet kalau di blacklist oleh layanan populer di dunia karena aktivitas spam-nya yang mengerikan.

Untuk itu, Dummy Blog yang nanti dibuat adalah pasukan yang kita persiapkan untuk mendukung kaisar (blog/web utama) agar dapat berperang di mesin pencari. Pasukan ini harus dilatih (diisi dengan benar) agar kaisar bisa berjaya.

Nah, bagaimana? Anda ingin berbagi pengalaman bagaimana Anda mencari dan membuat blog dummy?

48 komentar pada “Mencari dan Membuat Blog Dummy

  1. mau komentar ah..tapi tetep ajah sih gan, google lebih senang dengan blog yang ramai. walaupun tuh blog acakadut bahkan enggak memakai tekhnik SEO yang mantap-pun tetep nangkring di posisi 1 di google

  2. boleh tanya gak? saya ada baca artikel… disana di jelaskan bahwa blog utama yang sedang di optimasi harus berkunjung ke blog dummy maksimal 1 kali saja agar bisa langsung dapat backlink….tapi gak boleh sering2 berkunjung kesana..bener gak gan penjelasan ini…

  3. wew.. nglihat pola linknya saya sudah pusing, tetapi menarik juga sih… mau coba ah… wah bakalan sering-sering dimari nih… buat ngliat pola link nya yang kacau itu …

  4. Download Mp3 Gratis · Edit

    gan share juga dong trik bikinnya

    contoh nih , blog saya : satrukganteng.com
    kalo mau ningkatin blognya apa harus bikin domain "satrukganteng.subdomain.com" ?

    makasih kalo dijawab πŸ˜€

  5. Kalau blog dummy yang kita buat isi artikelnya bukan tentang keyword yang kita bidik itu bagaimana mas? salah tidak?

  6. Ternyata ribet juga ya membangun backlink ni,
    Oiya Pak Ahyari, skema blog dummy tersebut apa mesti seperti pada gambar di atas ?? kalau jumlah blog dummynya cuma 2 atau 4 kira2 sudah cukup bagus belum ya ?
    terima kasih sekali atas pencerahannya..

  7. wah informasi beguna gan.. saya juga baru ada niat mu coba dumy,, perlu kerja keras ya gan.. bner ini memang menjadi tantangan, tapi dengan niat yang kuat insya allah pasti tercapai bner kan gan..

  8. ane juga msh bingung google pnya cra pnlsuran sndiri dgn msg2 jutaan blog..yg ptg ngeblog akh pkirin amat,he..salam

  9. Masih bingung dengan pembuatan blog dummy yg baik dan benar. .
    Ane kira cuma asal"an buat blog dummy. .

  10. mau nanya nih mas, apakah isi konten blog dummy harus sesuai dengan blog utama? karena pernah denger kalo backlink yang bagus itu dari blog yang sama topik dan sama tema? minta pencerahannya mas πŸ™‚

  11. Saya setuju skali mas, Google makin pinter aja kayaknya, semakin terang terangan kita bikin link kayak piramidlah, segitiga bulat , segitiga bermuda atau apalah… saya pikir itu malah gak alami,, yang alami itu yaa.. kayak mas inilah.. kita sependapat sama kalo membangun link gak usah nurut ama orang bule, bisa jadi google tambah pinter bikin algoritme .. ehhh….. ketauhuan deh..kalo pke piramit heheheh….. salam sukses mas artikelnya top bgt .. hehe

  12. Menurut info yang saya dapat, blog dummy dengan menggunakan platform wordpress sangat berbahaya, temen saya di forum sebelah dapat peringatan seperti ini :
    "This blog has been deactivated because we believe it does not comply with the WordPress.com Terms of Service or advertising policy."

    Untuk sementara ini blogspot masih paling aman …

    1. Kalau di wordpress.com mmg bgitu, makanya ane nulis cara mencari, bukan di wordpress.com tp di situs2 yg berplatform wordpress.. Kalau banyak dg ip berbeda akan lebih bagus.. Dulu ada sagrado.edu yg berplatform wordpress, dll..

      Jadi nantinya blog dummynya punya domain berbeda2. Dan ini dipandang lebih baik karena IP-nya berbeda. Kalau cuman dari blogspot atau wordpress.com semua, akan sulit mengangkat..

      Itu sih pndapat ane.. CMIIW

  13. hmmmmmmmmm, sampai saat ini saya juga selalu mengoptimasi blog dengan teknik ini, , , memang sangat membosankan, tapi setidaknya ada perkembangan setiap harinya…

  14. sudah saya coba gan, hasilnya ngaco deh, mungkin lebih tepat query "create free blog" atau "get free blog" gt. Btw nice tips mas πŸ™‚

  15. Mungkin jika melihat dari artikel agan masuk di akal, namun mungkinkah dari link bulding agan bisa berpengaru di blog atau web.?
    Saya masih bingung untuk beberapa blog saya mencoba trik dari agan, infonya sangat menarik banget gan.! moga artikel selanjutnya saya tunggu bener.
    Yuk, lihat tulisan dais di Keren nya Pulau PramukaMy Profile

Comments are closed.